Mendapatkan hunian idaman dengan harga terjangkau menjadi impian bagi banyak orang. Terutama bagi Anda yang tinggal atau bekerja di daerah berkembang pesat, seperti Karawang. Salah satu opsi menarik yang dapat dipertimbangkan adalah perumahan subsidi Karawang. 

Artikel ini akan mengulas beberapa keuntungan dari memilih perumahan subsidi sebagai pilihan hunian terjangkau dan kualitas hidup yang layak. 

8 Keuntungan Perumahan Subsidi Karawang

Berikut ini adalah 8 keuntungan perumahan subsidi di Karawang sebagai hunian, yang akan Anda peroleh, yaitu: 

1. Harga Terjangkau

Pertama, harga perumahan subsidi relatif lebih terjangkau. Pasalnya, program subsidi dari pemerintah memungkinkan Anda mendapatkan rumah dengan harga lebih rendah dibandingkan harga pasar.

Berdasarkan keputusan Basuki Hadimuljono selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), batasan harga jual rumah subsidi di tahun 2023 - 2024 paling mahal sebesar Rp240.000.000,00.

Dengan demikian, memberikan peluang bagi Anda yang berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah sendiri, tanpa harus terbebani oleh mahalnya harga properti.

2. Fasilitas yang Lengkap

Meskipun harga terjangkau, perumahan subsidi biasanya sudah memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai.

Developer perumahan cenderung menyediakan fasilitas seperti tempat ibadah, jalan penghubung, sistem drainase, area bermain, dan fasilitas umum lainnya untuk meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup penghuninya. Sehingga, Anda dapat menikmati lingkungan hunian yang nyaman dan ramah keluarga.

3. Lokasi Hunian Strategis

Sebagian besar perumahan subsidi di Karawang memiliki lokasi strategis yang dekat dengan pusat-pusat perkotaan, sekolah, fasilitas kesehatan, dan akses jalan tol.

Lokasi yang strategis ini memudahkan para penghuni dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan beraktivitas. Selain itu, keberadaan akses transportasi yang baik mempermudah Anda dalam berkomuter ke tempat kerja atau destinasi lainnya.

4. Bantuan Subsidi dari Pemerintah

Program subsidi perumahan di Karawang biasanya diselenggarakan oleh pemerintah dalam upaya untuk mendukung pemenuhan kebutuhan hunian masyarakat berpenghasilan rendah.

Anda dapat mengajukan program bantuan seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi, dengan syarat memiliki gaji pokok tidak lebih dari Rp8.000.000,00 dan belum pernah mengajukan KPR.

Selain itu, ada juga Program Sejuta Rumah yang pada akhir April 2023 telah mencapai 298.203 unit. Dengan adanya bantuan subsidi ini, Anda dapat memperoleh rumah dengan cicilan yang lebih ringan.

5. Keamanan dan Kualitas Bangunan

Hunian subsidi tetap mematuhi standar keamanan dan kualitas bangunan yang telah pemerintah tetapkan. Bahkan, sudah diatur secara tegas dalam Peraturan Menteri Perumahan Rakyat Nomor 11 tahun 2008 tentang Pedoman Keserasian Kawasan Perumahan dan Pemukiman.

Dengan begitu, dapat memberikan rasa aman bagi Anda sebagai pemilik rumah. Sebab, Anda sudah tahu bahwa hunian tersebut telah memenuhi persyaratan dan standar yang berlaku.

6. Meningkatkan Aset Keuangan

Keuntungan memiliki hunian perumahan subsidi di Karawang selanjutnya adalah dapat meningkatkan aset keuangan. Pasalnya, bisa menjadi salah satu investasi finansial jangka panjang.

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan perkembangan infrastruktur di Karawang, harga properti cenderung meningkat serta diproyeksikan tumbuh sekitar 5% dari waktu ke waktu.

Dengan memiliki rumah subsidi, Anda dapat meningkatkan aset keuangan, terutama properti, seiring kenaikan nilai properti di daerah tersebut.

7. Lingkungan Komunitas yang Solid

Hunian subsidi sering kali menciptakan lingkungan komunitas yang solid. Para penghuni cenderung memiliki kesamaan dalam tingkat penghasilan dan tujuan membeli rumah.

Kondisi ini dapat meningkatkan ikatan sosial dan kebersamaan di antara mereka. Sehingga, dapat menjadi lingkungan yang menyenangkan untuk Anda tinggal, dengan tetangga yang saling mendukung dan peduli satu sama lain.

8. Kemudahan Membeli Rumah

Keuntungan perumahan subsidi yang tidak akan Anda dapatkan di tempat lain adalah kemudahan dalam proses pembelian rumah.

Pemerintah dan developer seringkali menyediakan bantuan dalam proses administrasi serta pengajuan KPR subsidi, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan proses yang rumit.

Tertarik Beli Perumahan Subsidi di Karawang?

Dalam mempertimbangkan perumahan subsidi di Karawang, Anda perlu memastikan bahwa telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah dan developer.

Selain itu, lakukan riset mengenai developer dan kualitas bangunan perumahan, agar Anda mendapatkan hunian berkualitas. Dengan memilih perumahan subsidi, Anda dapat memiliki hunian idaman yang harganya relatif murah.

Jika Anda sedang mencari hunian impian dengan harga terjangkau untuk kualitas hidup yang layak, Mustika Village Karawang bisa menjadi opsi menarik. Dengan harga mulai dari Rp215.000.000,00; Anda dapat tinggal di hunian yang memiliki kemudahan akses transportasi dan fasilitas yang serba ada.