Setiap orang pasti ingin punya rumah sendiri, karena merasa lebih bebas mendekor rumahnya sesuka hati. Tidak heran, rumah menjadi salah satu investasi real estate yang sangat diminati. Anda pun bisa pertimbangkan untuk investasi rumah. 

Karena ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat berinvestasi pada real estate seperti rumah. Apa saja keuntungan dan tips rahasianya? Temukan pada ulasan di bawah ini! 

Keuntungan Investasi Rumah 

Ada beberapa keuntungan melakukan investasi rumah, yaitu:

1. Kenaikan Harga Rumah 

Kenaikan harga tanah dan rumah mencapai 5-20% setiap tahunnya. Bayangkan, Anda membeli rumah dengan harga Rp500.000.000,00 dan rata-rata kenaikannya adalah 10% pertahun, maka dalam 10 tahun rumah Anda akan mengalami kenaikan 100% dan harganya mencapai Rp1.000.000.000,00. 

2. Pendapatan Pasif 

Jika Anda tidak ingin menempati rumahnya, Anda bisa menyewakannya dan memperoleh pendapatan pasif dari penyewaan rumah tersebut. Jika Anda punya rumah yang lebih besar, Anda bisa sewakan sebagai lokasi perkantoran dan mendapat keuntungan yang lebih besar. 

3. Nilainya Cenderung Stabil

Investasi rumah adalah investasi yang nilainya stabil, karena kenaikannya ataupun penurunannya tidak tajam seperti saham. Kalaupun mengalami penurunan, nilainya akan lebih cepat pulih. 

4. Memberikan Imbal Hasil yang Tinggi 

Jika Anda menjual rumah yang sudah Anda investasikan dalam 10 - 20 tahun mendatang, Anda akan memperoleh return atau imbal hasil yang tinggi. Hal ini dikarenakan harga rumah Anda mungkin sudah naik lebih dari 100% dari harga beli Anda sebelumnya. 

5. Bisa Menjadi Agunan 

Saat Anda butuh modal kerja ataupun ingin mengajukan pinjaman di bank untuk kebutuhan produktif, Anda bisa jadikan rumah sebagai agunan. Karena, dengan agunan, pinjaman Anda di bank akan lebih mudah disetujui. 

Tips Investasi Rumah untuk Pemula 

Jika Anda tertarik berinvestasi rumah, namun Anda masih pemula dalam investasi properti dan real estate. Anda bisa ikuti beberapa tips investasi berikut ini:

1. Pilih Lokasi yang Strategis 

Lokasi jadi pertimbangan sebelum membeli rumah. Pilihlah lokasi yang strategis untuk investasi tanah, agar lebih mudah menjual atau menyewakannya. Selain itu pastikan juga akses jalan lebar, akses listrik dan internet lancar, kontur tanah baik, kondisi air lancar dan memadai, hingga akses fasilitas umum yang mudah. 

Karena, hal-hal tersebut menjadi faktor yang bisa membuat harga rumah Anda jadi lebih mahal di masa mendatang. 

2. Persiapkan Biaya Pokok dan Biaya Lainnya 

Biaya investasi rumah tentu tidaklah murah, harganya mungkin bisa 100-1000 kali lipat dari nominal UMR di suatu daerah. Nah, makanya Anda harus persiapkan biayanya jauh-jauh hari sebelum membeli rumah. Selain itu, persiapkan biaya-biaya tidak terduga lainnya. Kenapa harus mempersiapkan biaya tidak terduga? 

Karena banyak agen properti yang menjual rumah dengan harga terjangkau, tapi dengan ada tambahan biaya administrasi, SHM, dan lain sebagainya, malah membuat harga rumah Anda jadi sangat mahal. Harga rumah Anda pun jadi dua kali lipat setelah ditotal keseluruhannya. 

Maka dari itu, selain biaya pokok, persiapkan juga biaya lainnya, seperti biaya administrasi, SHM, asuransi, PBB, renovasi, hingga furnitur dalam rumah. Tujuannya supaya rumah Anda siap dihuni dan memberi Anda kenyamanan, tanpa repot mengurus surat-suratnya lagi. 

3. Cek Pengembang Properti 

Ada banyak sekali pengembang properti yang menawarkan rumah harga murah, berlokasi strategis, dan desain yang bagus. Tapi kualitas bangunan yang ditawarkan sangatlah buruk. Rumah yang seharusnya mengalami renovasi 5-10 tahun sekali, malah harus mengalami renovasi terus menerus.

Maka dari itu, selalu cek latar belakang dari pengembang properti. Sudah lamakah ia berdiri, sudah berapa banyak proyek yang ia selesaikan, dan pastikan seperti apa bangunan yang dibangun pengembang setelah sekian tahun berdiri? 

Pilih Pengembang Properti Terpercaya saat Investasi Rumah!

Pada masa kini, permintaan terkait hunian rumah menjadi sangat tinggi, khususnya di daerah urban yang menjadi pusat perekonomian. Tidak heran, ada banyak kasus pengembang nakal yang menjual rumah dengan kualitas buruk dan malah membahayakan penghuni rumah. 

Oleh karena itu, pilih pengembang properti terpercaya, salah satunya adalah Mustika Land. Pengembang properti ini sudah berdiri sejak lebih dari 25 tahun serta telah memenangkan berbagai penghargaan di bidang properti. 

Hingga saat ini sudah ada lebih dari 22.000 rumah yang dibangun dan 12 proyek gedung-gedung besar yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Yuk percayakan dan wujudkan investasi rumah Anda dengan Mustika Land sekarang!