MUSTIKALAND.CO.ID - Memiliki sebuah rumah terlebih jika mencicil atau membelinya dengan hasil usaha sendiri tentu saja merupakan sebuah kebanggaan. Tidak hanya memulai keluarga baru, membeli sebuah rumah juga bisa jadi disebabkan karena keinginan untuk memulai gaya hidup baru yakni berawal dari rumah sehat. Rumah, kini tidak hanya digunakan untuk beristirahat setelah lelah bekerja, melainkan juga sudah digunakan sebagai salah satu cara untuk mempertahankan kesehatan penghuni. 


Hadirnya rumah sehat membuat banyak orang terbantu dan juga berkeinginan untuk memilikinya. Lalu, bagaimanakah ciri-ciri hingga kaitan rumah sehat dengan kesehatan Kamu sebagai penghuni? Kali ini, penulis akan memaparkan informasi lengkapnya dan menjawab semua pertanyaan yang kini mengitari pikiranmu. Membudayakan rumah yang sehat dapat menjadi awal yang sempurna untuk mempertahankan kesehatan tubuhmu! Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa yang Dimaksud Rumah Sehat


Dikutip dari kotaku.pu.go.id, menurut WHO, rumah adalah struktur fisik atau bangunan untuk tempat berlindung, dimana lingkungan yang sehat berguna untuk kesehatan jasmani dan rohani serta keadaan sosialnya baik demi kesehatan keluarga dan individu (Komisi WHO mengenai Kesehatan dan Lingkungan, 2001).  Dikutip dari eprints.ums.ac.id, menurut Depkes RI (2012), rumah sehat merupakan rumah yang memenuhi kriteria minimal seperti akses air minum, akses jamban sehat, lantai, ventilasi, dan pencahayaan. Dengan demikian, penulis dapat menyimpulkan bahwa rumah sehat adalah rumah yang bebas dari pencemaran baik udara maupun lingkungan. Setuju?

Ciri-ciri Rumah Sehat


Tidak sedikit dari Kamu kini pasti bertanya-tanya seperti apa kriteria dan indikator rumah sehat. Apakah rumah yang kalian tinggali saat ini termasuk ciri-ciri rumah sehat atau tidak. Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah persyaratan rumah sehat menurut permenkes 2014


  1. Ventilasi dan Sirkulasi Udara yang Baik


Ventilasi yang baik akan membuat sirkulasi udara juga baik sehingga penghuni rumah memiliki pernapasan yang baik. Ukuran ventilasi yang baik minimal 10% dari total luas lantai di ruangan agar tidak ada kata pengap maupun lembab yang berbahaya bagi kesehatan rumah maupun penghuni.


  1. Punya Sistem Pembuangan Sampah yang Baik


Sampah tidak hanya mengganggu indra penglihatan juga penciuman, namun juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itulah, mengelola sampah baik cair maupun padat harus dilakukan dengan sangat baik. Jika tidak, sampah bisa saja mencemari permukaan tanah maupun sumber air. Jadi, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?


  1. Halaman yang Luas dan Ditumbuhi Pepohonan


Halaman rumah yang luas akan memberikan kesempatan kepada buah hati untuk bermain dengan bebas. Jangan lupa untuk mengisi halaman rumah dengan pohon agar selalu memberikan oksigen yang baik bagi kesehatan tubuh. Suasana yang rindang bahkan akan membuat pikiran jauh lebih tenang dibandingkan halaman yang gersang.


  1. Air dan Sanitasi Lingkungan yang Bersih


Air serta sanitasi lingkungan merupakan hal yang penting dan kerap menjadi perhatian utama setiap rumah karena kebutuhan air yang sehat dan sanitasi yang baik akan memberikan dampak yang baik juga kedepannya.


  1. Kamar Mandi dan Tempat Mencuci Sehat


Kesehatan air juga akan berdampak pada kamar mandi dan tempat mencuci yang sehat. Selain itu, jangan lupa bagian ini selalu diberikan pencahayaan yang alami sehingga tidak akan timbul lumut dan lain sebagainya yang juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan.


  1. Bebas dari Jamur maupun Binatang yang menularkan Penyakit


Jamur serta binatang yang dapat menularkan penyakit seperti tikus, kecoa dan lain-lain seharusnya tidak ada di rumah yang sehat karena dapat berdampak negatif bagi kesehatan rumah maupun penghuni. 


  1. Penataan Ruang Makan dan Dapur yang Sehat


Ruang makan tidak hanya digunakan untuk mengisi nutrisi dalam tubuh namun bisa juga sebagai tempat berkumpulnya keluarga. Oleh karena itu, penataan ruang makan harus sehat dengan penerangan yang alami hingga penerangan buatan yang cukup. Hal ini juga berlaku bagi bagian dapur, tempat penyiapan makanan.


  1. Kamar Tidur dengan Penataan Ruang yang Sehat


Hal yang tidak kalah penting adalah tempat atau ruangan tidur yang harus dibuat sesehat mungkin karena Kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk beristirahat setelah lelah bekerja. Tidak hanya mengisi daya, kesehatan ruang tidur juga akan membantumu menjaga kesehatan tubuh


  1. Bahan Bangunan


Sebagai salah satu aspek paling penting dalam proses pembangunan, pemilihan material bahan bangunan tidak boleh sembarangan. Pasalnya, kualitas bahan bangunan snagat berpengaruh terhadap kualitas keseluruhan bangunan. Pemilihan bahan bangunan untuk rumah sehat lagi kokoh, setidaknya harus memenuhi beberapa kriteria berikut ini:

a. Tidak terbuat dari bahan bangunan yang dapat melepaskan zat-zat yang dapat membahayakan kesehatan, antara lain sebagai berikut:


1) Debu Total tidak lebih dari 150 µg m3


2) Asbes bebas tidak lebih dari 0,5 fiber/m3/4jam


3) Timah hitam tidak lebih dari 300 mg/kg.


b. Tidak terbuat dari bahan yang dapat menjadi tumbuh dan berkembangnya mikroorganisme patogen.


  1. Pencahayaan


Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: 829/Menkes/SK/VII/1999. Rumah harus memiliki pencahayaan yang dapat menerangi seluruh ruangan dengan minimal intensitasnya 60 lux serta tidak menyilaukan.


Sayangnya, tak sedikit pemilik rumah yang abai akan pencahayaan rumah ini. Padahal, pencahayaan rumah yang baik menunjang kenyamanan beraktivitas sang pemilik rumah. Baik itu di luar maupun di dalam rumah. 


  1. Binatang Penular Penyakit


Sebuah rumah dikatakan sehat bilamana rumah tersebut bebas dari gangguan binatang penular penyakit, seperti tikus. Keberadaan binatang pengerat ini tentu saja dapat mengancam kesehatan keluarga. 

Kaitan Rumah Sehat dengan Penghuni Sehat


Terdapat berbagai macam manfaat rumah sehat bagi penghuni yang sangat mempengaruhi kesehatan baik dari segi pikiran maupun tubuh. Rumah yang sehat akan menghalau penyebaran penyakit, mencegah bersarangnya hewan yang dapat menularkan penyakit, mengurangi resiko alergi, meminimalkan stres serta memiliki keluarga yang sehat jasmani dan rohani. 


Jadi bagaimana? Tertarik memiliki rumah yang sehat dengan berbagai macam manfaat yang sudah dijelaskan sebelumnya? 


Bicara terkait rumah sehat, Kamu bahkan kini sudah bisa menemukannya contoh rumah sehat yang sesungguhnya di kawasan Mustika Park Place. Kawasan ini memiliki lingkungan yang sehat karena diselimuti oleh tanaman hijau. 


Selain itu, Mustika Park Place juga memiliki berbagai macam fasilitas menarik dan lengkap seperti danau resapan, club house (kolam renang, lapangan basket). Kawasan ini tentu cocok bagi Kamu yang ingin memulai hidup, lingkungan serta rumah yang sehat.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.