Banyak calon pembeli properti yang mencari informasi tentang cara beli rumah KPR. Skema Kredit Perumahan Rakyat (KPR) memang sangat membantu masyarakat berpenghasilan rendah. Harga rumah yang relatif mahal, mungkin sulit Anda jangkau secara tunai, sehingga KPR adalah solusi yang paling menguntungkan.

Syarat Beli Rumah KPR

Sebelum mempelajari cara beli rumah KPR, pertama-tama Anda perlu mengetahui persyaratannya terlebih dahulu, yaitu:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).

  • Usia minimal 21 tahun.

  • Usia maksimal 55 tahun untuk karyawan dan 65 tahun untuk pengusaha pada tanggal jatuh tempo.

  • Memiliki penghasilan tetap setiap bulan.

  • Masa kerja minimal 2 tahun untuk karyawan.

  • Bisnis sudah berjalan minimal 3 tahun untuk pengusaha.

  • Dokumen pribadi seperti KTP, KK, Surat Nikah, dan NPWP.

  • Slip gaji dan Surat Rekomendasi Perusahaan untuk karyawan.

  • Fotokopi rekening koran atau tabungan, akta pendirian usaha, berkas-berkas perizinan perusahaan lainnya, dan surat pernyataan Kredit Kepemilikan Properti (KKP) untuk pengusaha.

Cara Beli Rumah KPR

Untuk membeli rumah dengan skema KPR, langkah-langkahnya yaitu:

1. Mencari Perumahan yang Anda Inginkan

Langkah pertama dalam membeli rumah dengan KPR adalah mencari perumahan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Tentukanlah lokasi yang Anda inginkan. Pertimbangkan faktor-faktor seperti aksesibilitas ke tempat kerja, sekolah, fasilitas umum, dan lingkungan sekitar. Setelah itu, tentukan juga ukuran dan tipe rumah yang Anda inginkan, sesuai dengan kebutuhan dan anggota keluarga.

Contohnya, bila Anda baru menikah dan hanya tinggal berdua dengan pasangan, maka tipe rumah 25/60 m2 yang memiliki 1 kamar tidur dan kamar mandi adalah pilihan yang tepat.

2. Survei Langsung ke Lokasi Perumahan

Cara beli rumah KPR yang kedua adalah mengunjungi lokasi perumahan untuk melakukan penilaian secara langsung. Melakukan survei ke lokasi akan memberikan gambaran langsung tentang kondisi lingkungan, fasilitas, dan aksesibilitas dari perumahan yang akan Anda pilih.

Amati kondisi lingkungan sekitar, termasuk kebersihan, keamanan, dan aksesibilitas ke tempat-tempat penting. Pastikan juga lingkungan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Perhatikan juga fasilitas yang ditawarkan oleh perumahan tersebut.

3. Membayar Tanda Jadi / Booking Fee

Membayar booking fee atau tanda jadi adalah langkah yang penting dalam proses membeli rumah dengan KPR. Booking fee adalah sejumlah uang yang Anda bayarkan sebagai tanda keseriusan untuk mengamankan unit rumah yang Anda minati. 

Contohnya perumahan Mustika Park Place menerapkan biaya booking fee sebesar Rp3.000.000,00. Namun, pastikan untuk memahami kebijakan pembatalan dan refund, jika terjadi perubahan pikiran dalam proses pembelian.

4. Mengajukan KPR ke Bank

Cara beli rumah KPR selanjutnya adalah membuat pengajuan KPR ke Bank. Proses mengajukan KPR melibatkan beberapa langkah, seperti mengisi formulir, melengkapi dokumen-dokumen, dan menyerahkan dokumen tersebut ke bank yang bersangkutan.

Bank akan melakukan evaluasi kredit berdasarkan data dan informasi yang Anda berikan. Penilaian meliputi kapasitas pembayaran, jumlah pinjaman, serta kondisi keuangan calon peminjam. Jika pengajuan KPR disetujui, maka Bank akan memberikan surat persetujuan yang berisi detail persyaratan dan ketentuan KPR.

5. Menyiapkan Dokumen Persyaratan

Anda harus mengumpulkan berbagai dokumen yang sudah kita bahas di atas untuk mengajukan KPR. Penjelasan lebih lengkap mengenai detail dokumen yang wajib Anda siapkan bisa langsung Anda tanyakan ke pihak Bank. Pastikan dokumen Anda lengkap, agar evaluasi kredit berjalan lancar dan bank menyetujui KPR Anda.

6. Membayar Uang Muka

Cara beli rumah KPR selanjutnya adalah membayar Down Payment (DP) atau uang muka. Besaran DP biasanya berkisar antara 10% hingga 30%, tergantung dari kebijakan bank atau lembaga keuangan yang memberikan fasilitas KPR.

7. Akad KPR

Pada tahap ini, Anda dan bank akan menandatangani perjanjian atau kontrak yang berisi kesepakatan pinjaman KPR, termasuk jumlah pinjaman, jangka waktu pembayaran, suku bunga, dan ketentuan lainnya.

Anda akan membayar biaya administrasi dan pajak yang terkait dengan transaksi pembelian rumah. Selain itu, Anda juga harus menyelesaikan pembayaran uang muka, jika belum lunas. Selanjutnya, Anda akan mulai membayar cicilan bulanan sesuai dengan kesepakatan dalam akad KPR.

Sudah Mengerti Cara Beli Rumah KPR?

Membeli rumah dengan skema KPR adalah langkah yang bijak. Anda bisa segera memiliki rumah pribadi dengan skema kredit yang tidak memberatkan. Jangan lupa untuk memilih perumahan yang nyaman dan strategis, agar investasi Anda tidak sia-sia.

Jika Anda sudah mengerti cara beli rumah KPR, maka Anda bisa segera memulai mencari perumahan idaman Anda. Mustika Land adalah developer perumahan strategis yang menawarkan skema KPR dengan cicilan mulai 1 jutaan saja. Di Mustika Land, gaji Upah Minimum Regional (UMR) bisa dapat rumah sekelas resort!