MUSTIKALAND.CO.ID - Bagi yang percaya mitos-mitos horor, rumah tusuk sate seringkali dianggap membawa sial bagi siapapun yang menempatinya. Mitos ini sudah sejak lama ada dan diyakini oleh orang-orang terdahulu khususnya orang jawa. Padahal jika menilik lokasi dari rumah ini sendiri, ada banyak keuntungan yang bisa dimanfaatkan penghuninya, misalnya seperti digunakan untuk lokasi usaha bisnis.

Rumah tusuk sate sendiri adalah rumah yang dibangun di tengah jalur pertigaan berbentuk T. Jadi, rumah dengan lokasi seperti ini dapat kamu lihat dari 3 sisi jalan. Tidak ada alasan khusus dibalik pembangunan  rumah semacam ini, selain untuk mengisi lahan yang tersedia. Namun sayangnya, keyakinan akan mitos-mitos terdahulu membuat rumah yang seperti ini masih jarang diminati sebagian masyarakat.

Mitos


Ada berbagai alasan mengapa ada banyak mitos negatif seputar rumah tusuk sate. Berikut kami rangkum 5 mitos yang paling banyak dipercaya di masyarakat kita.

Bernasib Buruk


Mitos yang paling santer terdengar adalah bahwa penghuni rumah tusuk sate akan ditimpa berbagai kejadian dan nasib buruk. Dalam kepercayaan adat Jawa kuno, rumah dengan lokasi seperti ini akan membuat penghuninya akan mengalami kesialan, seperti kehilangan pekerjaan, mengalami kerugian dalam bisnisnya, dsb. Sedangkan dalam dunia feng shui sendiri, rumah seperti ini dianggap menjadi tempat berkumpulnya energi-energi negatif, jadi tidak heran penghuni rumah yang menempatinya akan mengalami berbagai kesialan.

Mudah Sakit


Kabarnya, orang yang menempati rumah tusuk sate lebih mudah terserang penyakit.  Tidak terlepas dari kepercayaan feng shui sebelumnya, rumah ini dipercaya memiliki energi-energi negatif, yang kemudian diyakini menjadi alasannya. Lebih parahnya lagi, dari mitos ini muncul mitos lain yang menyebut bahwa penghuninya lama kelamaan akan habis meninggal dunia karena penyakit.

Keharmonisan Keluarga Berkurang


Banyak yang bilang kalau tinggal di rumah tusuk sate menyebabkan keluarga penghuninya sering bertengkar. Hal ini kabarnya disebabkan karena situasi dan suasana di dalam rumah yang tidak nyaman, sehingga mudah memicu emosi satu sama lain penghuninya. Bagi siapapun yang baru mulai menempuh hidup baru dan percaya mitos ini, cenderung tidak akan memilih rumah seperti ini untuk ditinggali.

Ramai Dihuni Makhluk Halus


Bagi yang menyukai pembahasan mistis, rumah tusuk sate akan menjadi salah satu topik yang menarik untuk disimak. Salah satu mitos yang paling banyak dipercaya ialah rumah ini dihuni oleh banyak makhluk tak kasat mata. Bahkan ada yang bilang, dengan posisi rumah yang menusuk seperti ini akan membuatnya sering dijadikan jalur lalu lintas ‘mereka’. Hal ini juga yang menyebabkan rumah ini menyimpan berbagai energi negatif.

Berisiko Tinggi Kecelakaan


Posisi rumah tusuk sate yang berada tepat di pertigaan memiliki risiko tinggi kecelakaan. Ini menjadi satu alasan kuat yang membuat banyak orang tidak menginginkannya. Belum lagi jika jalan pertigaan itu merupakan jalan raya yang ramai dilintasi banyak kendaraan. Walau risikonya tinggi, namun sejauh ini tidak banyak kecelakaan seperti ini terjadi.

Fakta


Jika dipikirkan secara logis, sebenarnya mitos-mitos mengenai rumah tusuk sate dapat dijelaskan secara ilmiah. Kami telah merangkum 5 fakta menarik yang dapat mematahkan semua mitos tersebut. Berikut pembahasannya.

Tidak Terhalang Sinar Matahari


Letak rumah tusuk sate membuatnya mendapatkan cahaya sinar matahari langsung. Hal ini menyebabkan suasana di dalam rumah terasa lebih panas dibanding rumah kebanyakan. Tentu hal ini akan membuat penghuninya merasa kurang nyaman, tidak fokus, hingga mudah tersulut emosinya. Jadi, mitos kurang harmonisnya keluarga penghuni rumah yang berada di ujung jalan seperti ini mungkin benar adanya dan disebabkan oleh hal ini.

Aliran Angin Sangat Kuat


Rumah tusuk sate berada di ujung jalan, sehingga angin yang berhembus ke rumah ini lebih kuat. Angin ini membawa banyak debu dan kotoran. Tentu saja penghuninya jadi rentan mengidap penyakit.

Tidak Angker


Dari dua fakta sebelumnya, kita mengetahui bahwa ada banyak faktor yang membuat rumah tusuk sate sedikit bermasalah bagi penghuninya. Namun yang jelas, rumah semacam ini tidak selalu angker dan dihuni banyak makhluk halus.

Strategis


Ini adalah salah satu keuntungan rumah tusuk satu. Bayangkan kamu membuka warung atau toko tepat di pertigaan jalan. Bukankah nantinya orang-orang akan sangat mudah menemukan tokomu? Rumah tusuk sate sering dijadikan tempat usaha karena letaknya yang strategis sehingga memberikan keuntungan bagi pemiliknya.

Harganya Lebih Murah


Faktanya, harga jual rumah tusuk sate lebih murah. Bisa disebabkan berbagai faktor, namun salah satunya sudah pasti karena mitos-mitos seputar rumah ini. Padahal sebenarnya, jika ditelaah lagi, rumah tusuk sate tidak seburuk yang selama ini kita pikirkan.

Tips Sebelum Membeli


Jika kamu sedang mencari rumah dan mempertimbangkan rumah tusuk sate sebagai pilihan, pertimbangkan 3 tips penting berikut ini sebelum membelinya.

  1. Ketahui Seluk Beluk Rumah

Sebelum membeli rumah tusuk sate, kamu wajib mengetahui seluk beluk rumah, terutama desain rumahnya. Apakah pintu dan jendela menghadap jalan atau tidak? Jika langsung menghadap jalan, kemungkinan angin dan debu dapat dengan mudah masuk ke rumah. Cari tahu juga mengenai penghuni-penghuni sebelumnya, apakah pernah terjadi kejadian tertentu di rumah tersebut yang berkaitan dengan lokasinya. Sebagai antisipasi saja.


  1. Perkirakan Biaya

Selain harga beli rumah tusuk sate, perkirakan juga apakah nantinya rumah itu perlu renovasi. Karena jika perlu, itu berarti kamu harus menyiapkan biaya lebih. Jadi, perkirakan terlebih dulu apa budget-mu sudah memadai untuk melakukan itu semua.


  1. Pertimbangkan Jarak Rumah dengan Tempat Kerja

Pertimbangkan jarak rumah yang akan kamu beli dengan tempat kerjamu atau pasangan. Semakin dekat akan lebih baik. Kamu jadi bisa memangkas ongkos perjalanan dan menggunakannya untuk hal lain.

Tips Rumah Tusuk Sate

Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, kurang bijak rasanya jika Anda menyerahkan nasib hidup Anda kepada hal-hal berbau mitos dan klenik. Berikut adalah beberapa tips memiliki rumah tusuk sate:

Seperti yang sudah disinggung di atas, rumah tusuk sate cenderung kelebihan asupan matahari. Untuk mengakali panas matahari yang masuk ke dalam rumah, kamu bisa menggunakan kanopi yang dapat meredam panas. Tanamkan pula berbagai jenis tanaman hias yang dapat menetralisir panas.

Sementara untuk mengatasi aliran angin yang sangat kuat, Anda dapat menyiasatinya dengan tidak membuat pintu menghadap langsung ke muka atau jalan, melainkan memilih pintu serong. Anda juga bisa menambahkan roster sebagai tembok pagar. Selain agar kegiatan di dalam rumah tidak terekspos keluar, aliran angin yang berhembus tidak akan langsung masuk kedalam rumah atau teras.

Demikianlah informasi mengenai rumah tusuk sate yang mencakup mitos, fakta, dan tips sebelum membeli.  Jelas sudah bahwa informasi yang menyebut rumah tusuk sate apalagi tusuk gigi membawa dampak buruk bagi penghuni rumah adalah mitos yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perumahan Mustika Land silahkan hubungi kami:
Mustika Care
: 0812-8006-5200 (WhatsApp)