Memutuskan untuk membeli rumah sejak dini merupakan keputusan bijak karena harga rumah dan properti sejenisnya terus melambung. KPR (Kredit Pemilikan Rumah) bisa menjadi solusi jika Anda belum bisa membeli secara kontan. Menariknya, cicilan KPR bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan finansial.

Supaya Anda bisa kredit rumah atau properti namun keuangan tetap aman, sebaiknya simak artikel berikut supaya mengetahui tips skema pembayaran yang aman dan terjangkau.

Tips Mendapatkan Cicilan KPR Terjangkau 

Anda bisa mempertimbangkan sejumlah poin-poin di bawah ini untuk mendapatkan skema pembayaran KPR yang terjangkau dan aman untuk kesehatan finansial.

1. Sesuaikan Kemampuan Finansial

Tips pertama yang pantang Anda abaikan yaitu mengetahui pengetahuan kemampuan finansial Anda. Idealnya, cicilan yang harus Anda keluarkan tidak boleh lebih dari 30% dari pendapatan bulanan. Namun, jika rasio 30% ini belum memungkinkan, pastikan cicilan Anda tidak lebih dari 40% per bulan.

Kisaran rasio cicilan 30% hingga maksimal 40% ini merupakan total dari semua cicilan yang harus Anda bayarkan. Bagi Anda yang berpenghasilan sedang, pastikan tidak melakukan kredit secara bersamaan, misal kredit mobil dan kredit rumah sekaligus. Sebaliknya, tuntaskan satu kredit dahulu sebelum mengambil kredit lain.

2. Perhatikan Kredibilitas Developer

Meningkatnya kebutuhan akan hunian membuat banyak developer memanfaatkan peluang ini. Penting untuk Anda ingat bahwa tidak semua developer dapat dipercaya. Oleh sebab itu, Anda perlu mencari tahu informasi lebih dalam tentang developer yang Anda pilih.

Untuk mengetahui kredibilitas developer, Anda bisa menelusuri rekam jejaknya, berapa lama developer tersebut menekuni bisnis properti, dan proyek apa saja yang sudah diselesaikan. Cermat memilih developer dapat menghindarkan Anda dari kerugian materil yang besar.

3. Jangan Mudah Tergiur Bunga Rendah

Cicilan KPR terjangkau bisa Anda dapatkan dengan memilih penawaran suku bunga yang rendah. Akan tetapi, jangan sampai Anda terlena dan tergiur dengan tawaran bunga yang sangat rendah. Pastikan Anda lebih jeli lagi dalam menerima tawaran tersebut dengan membuat estimasi hitungan secara keseluruhan.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan promo bunga lainnya yang mungkin ditawarkan oleh developer. Apabila hasil skema perhitungan memang menunjukkan hasil yang lebih terjangkau, maka Anda pun layak untuk mempertimbangkan tawaran tersebut.

4. Siapkan Uang Muka

Supaya lebih ringan dalam membayarkan cicilan bulanan, ada baiknya Anda menyediakan dana terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan dana tersebut sebagai uang muka atau DP (Down Payment). Besar DP yang ideal untuk KPR yaitu mulai dari 20% hingga 30% dari harga rumah yang akan Anda beli.

5. Tenor KPR

Cicilan KPR juga dipengaruhi oleh tenor yang Anda pilih. Umumnya, semakin panjang tenor, maka pembayaran cicilan bulanan akan semakin ringan. Faktanya, Anda akan mengeluarkan biaya lebih banyak karena bunga yang Anda bayarkan sesuai dengan panjang tenor.

KPR jangka panjang ini biasanya menawarkan tenor mulai dari 10 tahun hingga lebih. Anda dengan penghasilan sedang tentu lebih cocok memilih KPR jangka panjang karena meringankan cicilan bulanan.

Sebaliknya, KPR jangka pendek menawarkan tenor di bawah 10 tahun. Mengingat jangka waktunya yang lebih pendek, tentu akan lebih murah. Namun demikian, Anda harus membayar biaya cicilan bulanan yang lumayan besar. Jika Anda mempunyai level jabatan manajerial atau di atasnya, Anda bisa memilih KPR jangka pendek.

6. Gunakan Simulasi Cicilan

Untuk mendapatkan gambaran cicilan KPR yang lebih mendekati, Anda bisa menggunakan tools simulasi cicilan. Umumnya, tools atau aplikasi tersebut akan meminta Anda untuk mengisi harga rumah dan pendapatan bulanan Anda.

Selanjutnya, aplikasi akan memberikan kisaran harga rumah dan besar cicilan yang cocok dengan kondisi keuangan Anda saat ini.

7. Membandingkan Besar Angsuran KPR 

Untuk mendapatkan cicilan kredit rumah terjangkau, Anda harus rela mengeluarkan banyak usaha seperti membandingkan besar angsuran KPR dari setiap bank. Anda bisa mendatangi customer service bank yang memberikan layanan KPR atau mengumpulkan brosur sebanyak-banyak.

Alhasil, Anda pun akan lebih mudah mengetahui bank mana yang memberikan penawaran lebih terjangkau.

Siap Menerapkan Tips Mendapatkan Cicilan KPR Murah?

Itulah 7 tips yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan cicilan KPR terjangkau. Poin terpenting untuk mendapatkan angsuran terjangkau yaitu sesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda dan sediakan dana untuk pembayaran uang muka.

Anda bisa mempercayakan pilihan KPR murah di MustikaLand karena sudah lebih dari 30 tahun melayani KPR. Bahkan, Anda berkesempatan untuk kredit rumah tanpa DP. Untuk informasi lebih lanjut, segera kunjungi laman resminya sekarang juga.