Bingung mencari properti yang cocok untuk sewa rumah? Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengontrak rumah untuk tempat tinggal, misalnya mengecek kondisi bangunannya. Namun, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum terlanjur menyewa rumah baru! 

Apa Saja Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Sewa Rumah? 

Keputusan menyewa rumah mungkin akan lebih menguntungkan daripada Anda membelinya. Namun, keputusan tersebut juga berpotensi merugikan, apalagi jika Anda salah memilih rumah kontrakan. Atas dasar itulah, Anda harus mempertimbangkan berbagai aspek berikut ini setiap kali mau kontrak rumah. 

1. Pastikan Lingkungannya Aman

Lingkungan yang aman dapat mempengaruhi kenyamanan Anda saat menghuni rumah kontrakan. Maka dari itu, sebelum Anda menyewa pastikan lingkungan rumah tersebut memiliki sistem keamanan yang memadai, contoh sederhananya, satpam yang berjaga. 

2. Perhatikan Biaya Sewa Rumah

Poin utama yang harus Anda periksa sebelum terlanjur menandatangani kontrak rumah adalah memperhatikan biaya sewanya. Sebagai perbandingan, coba Anda cek patokan harga sewa rata-rata yang ada di lingkungan tersebut supaya tidak tertipu. 

3. Akses Listrik dan Air yang Lancar 

Tidak semua jenis rumah kontrakan memiliki akses listrik dan air yang lancar. Beberapa di antaranya bahkan ada yang mengalami kesulitan untuk mengakses air bersih. Maka, sebelum Anda mengontraknya, pastikan dulu akses air dan listriknya lancar. 

4. Cek Kondisi Bangunan Rumah

Melakukan pengecekan kondisi bangunan seringkali terabaikan oleh para penyewa saat mau mengontrak rumah baru. Padahal, langkah ini penting untuk Anda lakukan saat sedang melakukan survei tempat. 

Melalui pengecekan yang detail dan teliti, bukan hal mustahil untuk mendapatkan sewa rumah dengan kondisi bagus dan layak huni. 

5. Aksesnya Mudah 

Aksesibilitas menjadi poin selanjutnya yang harus Anda perhatikan saat meninjau rumah kontrakan. Rumah yang berada di kawasan strategis tentu akan memudahkan mobilitas Anda. Sementara, jika perumahan berada di lokasi yang jauh dari fasilitan umum, tentu akan lebih menyulitkan untuk Anda. 

Maka, pastikan bahwa rumah yang Anda kontrak berada di kawasan yang strategis dan dekat dari fasilitas umum seperti pasar/ supermarket, sekolah, rumah sakit, dan kantor. 

6. Ada Aturan Terkait Hewan Peliharaan 

Pecinta hewan dan pemilik hewan peliharaan wajib mempertimbangkan hal ini sebelum mengontrak rumah. Mengapa? Tidak semua lingkungan perumahan mengizinkan pemilik atau penyewa rumah untuk memelihara hewan. 

Oleh sebab itu, cek dulu aturan yang berlaku di lingkungan tersebut. Apakah ada aturan yang melarang seseorang untuk memelihara hewan? Jika tidak, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk sewa rumah di lingkungan tersebut. 

7. Tersedia Fasilitas Tambahan

Fasilitas rumah kontrakan yang lengkap ternyata bisa membuat Anda betah selama menghuninya. Jadi, pilihlah rumah kontrakan yang memiliki berbagai fasilitas tambahan seperti kolam renang, ruang penyimpanan, dan garasi. 

8. Memiliki Jaminan Perbaikan dan Perawatan Sewa Rumah

Bagian rumah yang rusak pasti butuh perbaikan. Lantas, apakah pemilik rumah mau bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi? Segera pastikan jaminan perbaikannya sebelum Anda menghuni rumah tersebut. 

9. Baca Kontrak dengan Teliti 

Kesalahan umum yang sering dilakukan para penyewa properti adalah tidak membaca perjanjian kontrak secara teliti. Salah satu konsekusiesinya adalah isi kontrak sering tidak sesuai dengan syarat yang berlaku dan kondisi nyatanya. Jadi, baca dan pahami dulu seluruh isi kontraknya sebelum sewa rumah. 

10. Ada Jaminan Pengembalian Dana Sewa

Buatlah perjanjian yang menjamin pengembalian deposit kepada pemilik properti, terutama jika Anda ingin pindah sewaktu-waktu dari rumah tersebut. Dengan demikian, Anda sudah memiliki kekuatan hukum untuk menuntut pengembalian dana kepada si pemilik rumah jika sewaktu-waktu perlu pindah dan tidak memperpanjang kontrak. 

Sudahkah Anda Mempertimbangkan Sewa Rumah Baru di Mustika Land?  

Menyewa hunian rumah bisa menjadi alternatif terbaik bagi Anda, terutama bagi yang belum memiliki modal untuk membeli sebuah properti. Setidaknya, dengan mengontrak rumah Anda bisa memperoleh tempat tinggal yang layak dan lebih terjangkau. 

Untungnya, Mustika Land menawarkan solusi terbaik bagi Anda yang ingin membeli rumah, tetapi modalnya baru cukup untuk sewa rumah. Di sini, Anda bisa mengajukan pembelian rumah baru dengan cicilan harga yang lebih terjangkau. 

Segera cek situs web Mustikan Land untuk booking rumah dan klaim promo yang sedang berlangsung!