MUSTIKALAND.CO.ID - Di masa pandemi seperti sekarang ini kita perlu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh agar lebih kecil kemungkinan tertular virus dan terkena penyakit lain. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin minum vitamin, sampai berolahraga. Karena saat pandemi dianjurkan untuk tetap di rumah dan mengurangi kegiatan di luar. Namun, dari sekian banyak cara di atas, cara paling mudah menjaga kebugaran tubuh adalah dengan melakukan olahraga ringan di rumah.


Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah tanpa perlu menempuh perjalanan jauh dan membayar mahal di gym. Selain jauh dan mahal, olahraga di gym saat pandemi juga bisa meningkatkan resiko terkena virus. Untuk kamu yang ingin tahu lebih dalam jenis olahraganya, simak ulasan berikut.

Stretching Selama Beberapa Menit

Mungkin banyak di antara kamu yang tinggal di kos atau hanya bisa melakukan olahraga di ruangan yang tidak begitu besar. Atau kamu sudah jarang olahraga sehingga membutuhkan gerakan yang sederhana. Tenang saja, kamu bisa melakukan olahraga di rumah untuk pemula yang satu ini, yaitu stretching atau peregangan. Selain gerakannya ringan untuk kamu yang jarang olahraga, tempat yang dibutuhkan juga tidak perlu luas. Cukup di kamar saja, sudah bisa.


Stretching Selama Beberapa Menit


Stretching biasanya dilakukan dengan 8 hitungan di setiap gerakan, mulai dari kepala sampai kaki. Contohnya adalah menggerakkan kepala ke depan bawah, mendongak ke atas, ke samping, dan memutar. Memutar panggul ke arah kanan dan sebaliknya, sampai menekuk kaki ke belakang secara bergantian. Stretching cukup dilakukan selama 10 menit setelah semua gerakan dari kepala sampai kaki selesai.

Jogging di Sekitar Rumah

Kalau stretching dirasa kurang, kamu bisa melakukan lari-lari kecil di sekitar rumah. Sangat beruntung bagi kamu yang tinggal di komplek perumahan yang mendukung kegiatan olahraga ringan. Perumahan yang mendukung adalah yang memiliki ruang terbuka yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti bermain dan olahraga.


Jogging di Sekitar Rumah


Seperti di Mustika Village Karawang yang memiliki jogging track sendiri, sehingga kamu bisa bebas jogging kapanpun kamu mau. Nggak perlu jauh-jauh ke gym atau beli treadmill untuk di rumah, kamu cukup lari-lari kecil pagi atau sore hari di jogging track Mustika Village Karawang.

Olahraga untuk Wanita

Olahraga untuk Wanita


Selain membuat tubuh bugar dan meningkatkan imun, tujuan lain olahraga adalah membentuk tubuh ideal. Bagi para wanita yang ingin membentuk bagian-bagian tubuh tertentu sesuai keinginan, bisa melakukan beberapa olahraga ringan untuk wanita berikut ini di rumah:

Plank


Melakukan plank bisa mengencangkan otot perut, jadi selamat tinggal untuk perut buncit. Lakukan plank dengan telungkup bersangga pada lengan bawah dan kaki, angkat badan dan pinggul sampai lurus. Tahan sampai 5-10 detik dan ulangi 8-10 kali.

Bridge


Baringkan badanmu di lantai kemudian tekuk lutut dengan telapak kaki menapak di lantai. Angkat pinggul sampai membentuk garis lurus dengan bahu. Angkat dan turunkan hingga 10-15 kali selama 3 set. Melakukan bridge bisa membentuk pantat, para wanita bisa melakukan ini di rumah saja.

Melakukan Bersama Anak di Rumah

Melakukan Bersama Anak di Rumah


Olahraga yang dapat dilakukan di rumah selanjutnya bisa dibilang spesial karena bisa mengajak serta anak kecil. Buat ibu yang ingin mengajak anaknya atau kakak yang ingin mengajak adiknya yang masih sekolah, lakukan olahraga yang bisa dilakukan di rumah untuk anak SD berikut ini:

Bermain dengan Alat


Jika kamu punya alat-alat olahraga seperti tali untuk lompat tali atau hula hoop, lakukan gerakan-gerakan ringan ini bersama anak kecil. Jangan paksa mereka untuk melakukan berapa kali atau berapa lama, biarkan mereka melakukan selama mereka suka agar tidak mudah bosan.

Bersepeda


Bersepeda bersama anak kecil juga bisa dilakukan di taman di sekitar rumah atau cukup berkeliling di depan rumah saja. Pastikan menggunakan perlengkapan keselamatan seperti helm agar tetap aman.

Menari Bersama


Tidak masalah kalau tidak punya alat-alat seperti hula hoop atau sepeda, kamu tetap bisa mengajak anak SD berolahraga di rumah. Putar musik dan ajak mereka berdansa bersamamu. Lakukan gerakan-gerakan yang ringan saja, seperti maju mundur sambil menggoyangkan badan atau sedikit berputar.

Stretching


Sama seperti kegiatan sebelumnya, kamu cukup melakukan peregangan bersama si kecil tanpa memerlukan peralatan. Lakukan stretching seperti yang sudah disebutkan di atas. Ingat untuk mengikuti kemampuan anak agar tidak dipaksakan.

Tips Olahraga Ringan di Rumah

Meski berkegiatan di rumah, tidak semua orang punya banyak waktu untuk berolahraga. Ada yang sibuk mengurus pekerjaan rumah, ada yang sibuk bekerja dari rumah, atau juga melakukan sekolah online. Waktu yang dimiliki rasanya selalu kurang, apalagi untuk olahraga. Jangan menyerah begitu saja, kamu tetap bisa melakukan olahraga ringan di rumah meski tidak punya banyak waktu.


Tips Olahraga Ringan di Rumah


Caranya adalah dengan mengatur waktu sebaik-baiknya, pastikan kamu menjadwalkan beberapa menit dalam sehari untuk olahraga. Lalu, bagaimana cara berolahraga yang baik ketika ada waktu di rumah? Kamu cukup melakukan beberapa gerakan yang pokok dan menghasilkan keringat. Seperti lari kecil dengan naik turun tangga, lari di pagi atau sore hari, stretching saat setelah bangun tidur, atau bahkan menari mengikuti alunan musik. Tidak perlu berlama-lama, kamu cukup melakukan satu atau dua kegiatan selama masing-masing 10 menit.


Kalau kamu sudah punya tekad yang bulat untuk olahraga demi meningkatkan imun, tidak ada yang bisa menghalangimu. Saat pandemi, kamu bisa melakukan banyak olahraga ringan hanya dengan di rumah. Tanpa pergi jauh ke gym atau memerlukan alat yang mahal, kamu sudah bisa membuat tubuhmu sehat dan bugar.


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.