Kredit rumah merupakan salah satu cara untuk memiliki hunian dengan sistem pembayaran cicilan per bulan. Jumlah angsuran setiap tipe rumah berbeda, begitu juga dengan suku bunganya.

Saat ini, suku bunga rumah menjadi salah satu pertimbangan bagi para calon pembeli. Sebab, suku bunga nantinya akan mempengaruhi jumlah angsuran. Nah, bagi Anda yang memiliki rencana kredit properti, simak kiat sukses mendapatkan rumah impian dengan suku bunga terbaik berikut!

9 Kiat Mendapatkan Kredit Rumah dengan Suku Bunga Terbaik

Sebagai calon pembeli, tentu mendapatkan kredit rumah dengan suku bunga yang terbaik merupakan sebuah impian. Namun, untuk mendapatkan suku bunga terbaik tidaklah mudah. Lantas, bagaimana cara mendapatkan suku bunga rendah, agar pengeluaran bulanan terjangkau? Simak 10 kiat sukses berikut ini!

1. Cek Kredit Skor

Kiat pertama adalah melakukan pengecekan serta meningkatkan kredit skor. Catatan pembayaran kredit yang baik akan membantu Anda mendapatkan suku bunga lebih rendah.

Selain itu, Anda juga harus mengurangi hutang atau pengajuan kredit baru lainnya sebelum mengajukan kredit rumah.

2. Riset dan Bandingkan Suku Bunga

Kedua adalah melakukan riset mendalam tentang kredit properti yang ingin Anda beli. Tidak ada salahnya untuk membandingkan suku bunga yang ditawarkan oleh berbagai bank atau lembaga keuangan.

Cara tersebut akan bantu Anda mendapatkan rumah yang memiliki suku bunga paling rendah dan cocok dengan keinginan Anda.

3. Siapkan Uang Muka Lebih Besar

Uang muka atau DP juga bisa mempengaruhi suku bunga kredit rumah. Jika Anda menginginkan suku bunga yang rendah, maka siapkan uang muka lebih besar saat melakukan akad kredit.

Biasanya, perbankan cenderung memberikan suku bunga yang rendah kepada calon pembeli properti yang membayar uang muka lebih besar.

4. Pertimbangkan Masa Tenor Kredit Rumah

Selain uang muka, masa tenor kredit yang Anda pilih juga akan mempengaruhi suku bunga yang Anda peroleh nantinya.

Masa tenor dalam jangka waktu pendek biasanya memiliki suku bunga yang rendah. Sebaliknya, jika tenor yang Anda pilih adalah jangka waktu yang panjang, maka suku bunga yang Anda peroleh akan tinggi.

Jika Anda menginginkan suku bunga yang rendah, maka pilihlah tenor jangka pendek. Namun, pastikan angsuran bulanan masih terjangkau, agar terhindar dari tunggakan.

5. Kondisi Keuangan Harus Baik

Kiat sukses yang kelima adalah memperbaiki kondisi keuangan, agar lebih baik. Misalnya, memiliki penghasilan yang stabil, rasio utang terhadap pendapatan dalam kondisi sehat, dan catatan pembayaran yang baik.

Kondisi keuangan sangat berpengaruh terhadap penilaian oleh perbankan saat Anda mengajukan kredit perumahan. Jadi, segeralah memperbaiki kondisi keuangan, agar bisa mengajukan kredit rumah dengan suku bunga terbaik.

6. Riset Tentang Program Perumahan Kredit

Melakukan riset tentang program perumahan kredit juga termasuk salah satu kiat sukses mendapatkan rumah sistem kredit dengan suku bunga terendah.

Selain perbankan, pemerintah juga menawarkan program kredit seperti perumahan subsidi yang jumlah angsuran serta uang muka lebih kecil daripada kredit perumahan mandiri.

Anda bisa melakukan riset secara langsung dengan berkonsultasi kepada lembaga keuangan mengenai program-program kredit perumahan.

7. Jangan Terburu-Buru

Mengajukan pengkreditan rumah dengan suku bunga terbaik membutuhkan waktu yang lama. Jadi, Anda tidak boleh terburu-buru mengambil keputusan, agar tidak salah pilih program kredit rumah.

Anda harus benar-benar paham tentang konsekuensi finansial yang terjadi setelah mengambil program kredit perumahan.

8. Persiapkan Dokumen

Jika ingin mendapatkan suku bunga terbaik, Anda harus membuktikan kemampuan finansial Anda dengan mempersiapkan dokumen-dokumen, seperti slip gaji, laporan keuangan, dan dokumen lainnya.

Pastikan slip gaji atau laporan keuangan tersebut bisa membuktikan bahwa Anda layak mendapatkan suku bunga terbaik saat mengajukan kredit.

9. Menggunakan Jasa Broker KPR

Kiat terakhir yang bisa Anda coba adalah menggunakan jasa broker KPR. Jasa ini bisa membantu Anda menemukan kredit rumah yang menawarkan suku bunga terbaik.

Jasa broker KPR biasanya memiliki akses ke berbagai lembaga keuangan, jadi Anda bisa melakukan negosiasi dengan lembaga keuangan tersebut mengenai suku bunga terbaik.

Mendapatkan Kredit Rumah dengan Suku Bunga Terbaik Bukan Sekadar Impian!

Selain 9 kiat di atas, Anda juga bisa melakukan negosiasi dengan pengembang atau Developer perumahan yang menawarkan suku bunga terbaik seperti Mustika Land. Karena Mustika Land telah lebih dari 30 tahun membangun proyek perumahan dengan penawaran harga terjangkau dan bisa Anda beli menggunakan sistem KPR.

Menariknya, pada unit properti tertentu, Mustika Land pun memberikan berbagai keringanan biaya bagi Anda yang hendak mengajukan KPR. Seperti Bebas Bayar Cicilan Pokok Selama 2 tahun, DP rendah, serta nominal cicilan yang cocok dengan pegawai bergaji UMK.