MUSTIKALAND.CO.ID - Kesehatan adalah aset paling berharga. Salah satu upaya menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga. Olahraga kardio menjadi salah satu opsi yang patut Anda pertimbangkan. Sebab, selain membuat tubuh bugar, dengan melakukan olahraga kardio juga dapat membakar banyak lemak, melancarkan pernapasan, dan memelihara kesehatan jantung.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau melakukan olahraga kardio dapat memberikan banyak sekali dampak positif pada fungsi tubuh. Supaya lebih paham mengenai olahraga kardio, artikel ini akan mengulas pengertian olahraga kardio, jenis-jenis olahraga kardio, dan manfaat olahraga kardio bagi tubuh. Apa saja?

Pengertian Olahraga Kardio

Olahraga aerobik atau yang terkenal dengan istilah olahraga kardio ini merupakan jenis olahraga yang dapat meningkatkan fungsi tubuh, terutama pada jantung dan paru-paru.

Sebab, ketika melakukan olahraga kardio, paru-paru Anda akan dituntut bernapas lebih cepat dari biasanya. Akibatnya, aktivitas ini bisa menambahkan kadar oksigen yang ada di dalam darah.

Paru-paru akan menghirup oksigen, kemudian jantung akan memompanya dalam kuantitas yang besar, dan pembuluh darah akan menyebarkan suplai oksigen tersebut ke seluruh tubuh. Menambah energi Anda agar tidak mudah merasa lelah.

Dampak lain dari olahraga kardio ini adalah bisa membakar lemak. Adanya peningkatan kadar oksigen akan mendorong terbakarnya cadangan lemak yang tersimpan dalam tubuh. Tidak heran banyak yang menyarankan olahraga kardio untuk menurunkan bobot tubuh.

Jika Anda ingin mencoba olahraga kardio, lakukanlah minimal 30 menit dalam satu hari, atau setidaknya lakukan selama dua sampai tiga hari dalam satu minggu.

Baca Juga: 6 Tips, Manfaat & Pentingnya Olahraga Saat Pandemi Covid 19

Jenis Olahraga Kardio

Setelah mengetahui pengertiannya, berikut adalah jenis-jenis olahraga kardio yang dapat Anda coba lakukan.

1.  Burpees

Pandemi yang masih melanda seluruh dunia membuat semua orang harus tetap berada di dalam rumah. Burpees adalah jenis olahraga kardio yang bisa Anda lakukan di dalam rumah. Olahraga ini merupakan perpaduan dari push-up, plank, squat, dan lompat. Melakukan burpees dalam sepuluh menit saja sudah bisa membakar 1000 kalori.

2.  Lompat Tali

Olahraga lompat tali termasuk olahraga kardio yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah. Selain untuk membakar banyak kalori yang dapat menurunkan berat badan, olahraga lompat tali juga dapat menjaga keseimbangan tubuh, menjaga kepadatan tulang, dan meningkatkan kesehatan jantung.

3.  Berenang

Olahraga kardio yang paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah olahraga renang. Menurut penelitian dari Ohio State Univversity Wexner Medical Center berenang dapat membakar kalori dengan tempo waktu yang singkat. Jauh melampaui jogging dan bersepeda. Jadi, bila Anda ingin cepat kurus dalam waktu yang cepat, jawabannya adalah dengan berenang.

4.  Bersepeda

Aktivitas bersepeda memiliki banyak manfaat. Olahraga ini dapat memberikan dampak positif pada kesehatan jantung dan paru-paru. Selain itu, bersepeda juga tergolong olahraga kardio yang cepat membakar lemak karena menggerakkan hampir seluruh tubuh.

Baca Juga: 9 Manfaat Bersepeda, Bisa Mengatasi Kanker dan Sakit Jantung

5.  Squat Jump

Anda ingin mengecilkan perut? Anda bisa melakukan olahraga kardio jenis squat jump. Olahraga ini tergolong olahraga yang sangat sederhana karena tidak membutuhkan alat tambahan. Anda hanya perlu menggerakkan anggota tubuh Anda terutama pada bagian kaki. Squat jump dapat mengencangkan dan menguatkan otot-otot pada bagian betis, paha, pantat, dan perut.

6.  Jumping Lunges

Olahraga kardio yang satu ini apabila Anda lakukan secara rutin dapat mengecilkan tubuh bagian pinggul dan paha. Selain itu, dapat menguatkan persendian karena olahraga ini bertumpu pada beberapa sendi, seperti sendi lutut dan sendi pergelangan kaki.

7.  Naik-Turun Tangga

Olahraga kardio paling ringan yang bisa Anda lakukan adalah dengan naik-turun tangga. Berdasarkan banyak penelitian, aktivitas naik-turun tangga dapat memberikan dampak positif bagi tubuh. Contohnya seperti meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru, menjaga tubuh dari bahaya stroke, otot dan tulang semakin kuat, dan tingkat glukosa dalam darah dapat terkendali.

Baca juga: 4 Fasilitas Olahraga yang Wajib Ada di Kawasan Hunian

Manfaat Olahraga Kardio

Setelah mengenal jenis-jenis olahraga kardio, berikut adalah manfaat olahraga kardio yang bisa Anda rasakan jika melakukannya secara rutin.

1.  Paru-Paru Semakin Sehat

Olahraga kardio dapat mendorong tubuh menyuplai banyak oksigen, melatih paru-paru Anda agar bisa bekerja efisien yang bisa mengurangi kemungkinan sesak napas. Selain itu, olahraga kardio juga dapat mengontrol kadar glukosa dalam darah, mengurangi stres, meningkatkan produksi kolesterol baik, menurunkan risiko penyakit berat seperti diabetes dan stroke.

2.  Melancarkan Sirkulasi Darah

Ketika melakukan olahraga kardio, jantung akan berdetak lebih cepat daripada keadaan normal. Jantung sedang memompa suplai oksigen ke seluruh tubuh lewat pembuluh darah. Meningkatkan sirkulasi darah karena alirannya jadi lebih cepat dan lancar.

3.  Risiko Obesitas Rendah

Banyak penelitian sudah membuktikan bila rajin berolahraga, terutama olahraga kardio, akan memberikan manfaat jangka panjang pada tubuh. Anda akan memiliki risiko yang lebih rendah terhadap penyakit kegemukan karena tidak memiliki simpanan lemak jahat dalam tubuh.

Selain itu, membuat tekanan darah dan kadar trigliserida dalam tubuh rendah. Tubuh Anda juga jadi memiliki sensitivitas insulin yang tinggi. Menyelamatkan Anda dari penyakit diabetes, stroke, dan jantung.

4.  Menguatkan Imunitas

Di saat pandemi seperti sekarang, para ahli sangat menyarankan Anda melakukan olahraga kardio. Sebab, dari hasil penelitian olahraga kardio mampu meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Tubuh pun bisa terhindar dari infeksi virus.

5.  Mengurangi Risiko Kanker

Kanker adalah penyakit mematikan. Oleh sebab itu, jaga diri Anda dengan rutin berolahraga kardio. Berdasarkan penelitian oleh University of South Carolina, melakukan olahraga kardio dapat membuat tubuh melepaskan antioksidan yang berguna melawan radikal bebas dan mengatasi kanker.

Meski memiliki banyak manfaat, tetapi olahraga kardio juga memiliki efek samping bila tidak dilakukan dengan benar. Efek samping olahraga kardio yang dialami banyak orang adalah cedera pada persendian dan otot. Oleh karena itu, sebelum berolahraga pastikan kalau Anda sudah melakukan pemanasan terlebih dulu dan lakukan olahraga secukupnya agar tidak mengalami cedera. 

Memiliki sarana olahraga yang lengkap dan modern seperti lapangan olahraga, jogging track, swimming pool, dan juga club house. Mustika Park Place bisa menjadi pilihan hunian yang tepat untuk memenuhi gaya hidup sehat Anda.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].