MUSTIKALAND.CO.ID - Ada sisa lahan dalam rumah? Ingin membuat taman tapi gak mau yang repot perawatannya? Desain taman kering indoor minimalis aja supaya rumah kamu makin berestetika. Selain menambah nilai seni dalam rumah, hadirnya taman kering indoor juga bisa jadi pelepas penat loh. Namun, ada baiknya kamu memperhatikan kekurangan dan kelebihan memiliki taman kering indoor dulu ya.

Selain itu, kamu juga harus memahami pemilihan tanaman yang membutuhkan minim cahaya, seperti Bambu Sri Rejeki, Lily Paris, Sansevieria, dan lainnya. Sementara dekorasi bisa didapat dari batu koral, koral sikat, pasir, cetakan beton dan benda-benda yang memungkinkan diletakkan di area kering. Nah, jika sudah tau konsep tanaman dan dekorasinya, sekarang intip desainnya yuk.

Taman Kering Indoor di bawah Area Tangga

Taman Kering Indoor di bawah Area Tangga

Hanya memiliki area kosong di bawah tangga tapi ingin membuat taman? Bisa banget. Coba desain lahan sempit di bawah tangga sebagai taman kering indoor. Tak perlu banyak dekorasi, pilih tanaman kaktus dan sukulen serta bebatuan berukuran kecil. Meski mungil, taman kering memiliki sisi fungsional.

Taman Kering Indoor dengan Atap Terbuka

Taman Kering Indoor dengan Atap Terbuka

Punya lahan yang luas di area tengah? Manfaatkan sebagai taman kering indoor dengan menggunakan tanaman seperti bambu, kemudian dekorasi dengan batuan kecil dan batu berukuran sedang. Di bagian atas didesain terbuka atau tanpa atap agar air hujan langsung membasahi tanaman. Untuk menutup area taman, bisa menggunakan kaca. Desain seperti ini sangat alami dan terasa hidup.

Taman Kering Indoor di Halaman Belakang

Taman Kering Indoor di Halaman Belakang

Beberapa rumah tentu memiliki konsep halaman belakang indoor atau tertutup. Jika memiliki lahan belakang yang mungil dan tertutup, kreasikan menjadi taman kering yang segar. Kamu bisa mengisi beragam tanaman dan dekorasi keramik serta bebatuan koral untuk jalan setapak. Jika ingin difungsikan sebagai tempat bersantai, tambah kursi kayu minimalis yang cukup untuk area duduk.

Taman Kering Indoor di Sudut Ruangan

Taman Kering Indoor di Sudut Ruangan

Sudut ruangan yang kecil dan kosong bisa difungsikan sebagai taman kering yang cantik. Dekorasi mungil seperti batu koral, batu besar, tanaman hijau segar dapat diletakkan dalam sebuah taman berbentuk kotak. Posisikan menjorok ke dalam agar percikan air tak membasahi ruangan. Jika memungkinkan, beri pelindung kaca yang mengelilingi taman.

Taman Kering Indoor ala Jepang

Taman Kering Indoor ala Jepang

Untuk menciptakan nuansa Jepang, diperlukan unsur utama yakni bamboo dan kolam kecil berbahan batu. Sementara pada sisi komposisi, unsur batu ditempatkan lebih banyak daripada unsur tanaman. Dari segi perawatannya pun semakin gampang ya.

Taman Kering Indoor di Lorong Rumah

Taman Kering Indoor di Lorong Rumah 

Lorong rumah yang hampa kini bisa disulap jadi taman unik. Dengan mengaplikasikan dua bagian yakni jalan setapak dengan pijakan kayu, dan taman dengan pilihan tanaman condong tinggi,  lorong rumah tampak estetis. Selain unik, lokasi ini bisa jadi spot foto bukan?

Taman Kering Indoor di Balkon

Taman Kering Indoor di Balkon

Balkon di lantai rumah sebaiknya jangan dibiarkan kosong? Apalagi balkon biasa jadi tempat yang nyaman untuk bersantai. Kreasikan saja menjadi taman kering yang manis seperti dekorasi lantai dengan parket kayu, beberapa tanaman dalam pot, rumput sintetis, dan juga sedikit batu koral. Nah, balkon seperti ini jadi tempat bersantai yang homey deh.

Taman Kering Indoor dengan Rumput, Batu, dan Pohon

Taman Kering Indoor dengan Rumput, Batu dan Pohon

Desain taman kering yang praktis berikut merupakan inspirasi dari Jepang loh. Kamu hanya perlu menciptakan sebuah taman kering dengan pohon, bebatuan, dan rumput. Mudah bukan?

Taman Kering Indoor di Pintu Masuk

Taman Kering Indoor di Pintu Masuk

Sederhana tapi manis bukan? Taman mungil di depan pintu masuk juga bisa terlihat elegan ya. Cukup menempatkan pijakan kaki berupa keramik bulat dan bebatuan warna senada. Tak lupa beberapa tanaman hijau yang tak butuh banyak air dan cahaya.

Taman Kering Indoor di Kamar Mandi

Taman Kering Indoor di Kamar Mandi

Punya kamar mandi dengan bathtub dan ruang yang luas? Percantik aja dengan desain taman kering indoor.  Tidak perlu mewah dan desain yang rumit. Cukup beri ruang kecil untuk meletakkan pohon bonsai atau tanaman besar lainnya dengan tumpukan batu kecil.

Taman Kering Indoor Minimalis

Taman Kering Indoor Minimalis

Taman yang satu ini benar-benar mungil dan konsepnya sederhana. Hanya butuh ruang kecil untuk meletakkan satu pohon dahan panjang dan bebatuan kecil. Warna tiap dekorasi sebaiknya dibuat senada. Jika terdapat cukup cahaya, sebaiknya menggunakan warna-warna gelap. Tapi, jika sebaliknya, gunakan warna soft.

Cakep-cakep banget ya desainnya. Tapi, kamu gak perlu repot-repot mendesain taman jika tinggal di hunian Mustika Village Sukamulya. Pasalnya, hunian ini sudah dilengkapi taman outdoor yang jadi tempat refreshing keluarga loh. Selain taman, Mustika Village Sukamulya sudah dilengkapi dengan fasilitas super komplit di sekitarnya mulai dari kemudahan akses tol, transportasi umum, kawasan industri, kawasan berniaga,

Hunian ini juga berada di lahan hijau yang sangat luas sehingga udara di kawasan ini sangat  segar.  Desain interior dan eksterior hunian ini juga sangat stylish dan modern. Terdapat tiga tipe rumah yang semuanya memiliki lahan depan belakang untuk taman loh. Cocok kan untuk ide taman kering maupun basah kamu.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.