MUSTIKALAND.CO.ID - Apakah Anda termasuk orang yang memiliki banyak keluhan terhadap tubuh Anda, seperti kegemukan, stres, sulit tidur, mudah capek, lesu dan lain sebagainya? Jika iya, selain menerapkan pola hidup sehat maka yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah berenang. Sebagaimana diketahui, renang memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, reang bahkan termasuk salah satu olahraga yang aman dan minim resiko cedera.


Ada banyak jenis gerakan atau gaya dalam renang yang bisa Anda lakukan, diantaranya gaya dada, gaya bebas, gaya punggung dan gaya kupu-kupu. Dimana hampir semua gerakan dalam renang mempunyai manfaatnya masing-masing. Berikut 15 manfaat renang yang dapat Anda rasakan jika melakukannya secara rutin.

Mencegah Obesitas

Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan berat badan, obesitas atau ingin kurus, berenang bisa menjadi olahraga yang sangat bagus untuk Anda lakukan. Bagaimana tidak, dengan latihan yang dilakukan selama 60 menit, olahraga air ini mampu membakar sekitar 500-700 kalori. Bila Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, berenanglah secara rutin selama 30 menit setiap harinya.


Hasil penelitian American Heart Association, menyebut berenang 30-60 menit selama 4-6 hari dalam seminggu dapat menghindarkan Anda dari risiko penyakit diabetes, jantung dan stroke. Bila Anda tidak kuat melakukannya selama 30 menit, di awal-awal latihan Anda bisa mencobanya dengan durasi yang lebih singkat misalnya 10-20 menit setiap harinya. 


Baca Juga: 6 Tips, Manfaat & Pentingnya Olahraga Saat Pandemi Covid 19

Menghilangkan Stres

Sama halnya dengan olahraga lain seperti yoga dan joging, berenang ternyata juga bisa menghilangkan stres. Jenis latihan aerobik ini dapat membuat Anda rileks sekaligus meningkatkan energi tubuh. Hal ini karena ketika berenang otot-otot tubuh akan mengalami peregangan dan relaksasi yang bisa membuat Anda merasa rileks. Maka jangan heran bila banyak orang merasa terbebas dari beban stres dan kekhawatiran setelah menyelesaikan sesi berenang.

Memperkuat Stamina

Stamina menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Dengan stamina tubuh yang baik seseorang dapat menjalani segala aktivitas fisik dan mental. Nah, untuk memperoleh stamina tubuh yang baik Anda bisa mendapatkannya melalui olahraga. Selain joging, bersepeda, aerobik dan angkat beban, renang juga termasuk salah satu jenis olahraga yang dapat membantu memperkuat stamina tubuh. 


Orang yang berenang secara teratur umumnya memiliki jantung yang kuat dan stamina tubuh yang baik. Hal ini terjadi karena saat berenang otot tubuh dilatih melawan resistansi air. Selain itu, mereka juga lebih mudah pulih dari cedera otot. Jika Anda merasa tubuh Anda pada saat ini mudah lelah, mungkin berenang bisa membantu memperkuat stamina tubuh.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Anda pernah berenang menggunakan gaya dada? Ya, jika Anda adalah seorang pemula Anda pasti pernah atau bahkan sering menggunakan gaya ini. Namun tahukah Anda, menurut penelitian Hormone Molecular Biology And Clinical Investigation berenang dengan menggunakan gaya dada atau breaststroke dapat membantu Anda mengontrol tekanan darah dan kadar gula dalam tubuh. 

Tingkatkan Kerja Jantung

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, berenang secara teratur dapat meningkatkan kebugaran jantung. Berenang merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang berguna untuk meningkatkan detak jantung. Ketika otot jantung kuat, pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat sehingga memberikan lebih banyak oksigen ke setiap sel organ tubuh. Sama halnya dengan manfaat diatas, manfaat ini bisa Anda dapatkan melalui renang gaya dada.


Baca Juga: Ini Olahraga Ringan dan Murah yang Bisa Dilakukan di Rumah

Menambah Tinggi Badan

Anda pasti pernah mendengar anggapan yang menyatakan bahwa berenang bisa membantu menambah tinggi badan seseorang. Anggapan tersebut tidak salah, pasalnya ketika berenang tubuh akan melepaskan hormon pertumbuhan yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan. Selain itu, gerakan renang seperti gaya bebas yang sangat dinamis juga dipercaya dapat membuat kaki dan tulang belakang menjadi lebih panjang.


Kendati dapat menambah tinggi badan, namun perlu diketahui bahwa renang bukan satu-satunya faktor yang membuat tinggi badan seseorang bertambah. Untuk mendukung pertumbuhan tinggi badan, selain rutin berenang Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat, seperti memperhatikan asupan makanan, istirahat yang cukup, dan menghindari stres.

Melatih Otot

Gerakan renang yang dinamis sangat efektif dalam melatih otot. Renang dengan gaya bebas misalnya, dapat membuat bergerak otot-otot pada seluruh bagian tubuh, mulai dari otot bahu, otot kaki, dan perut menjadi terlatih. Jadi, orang yang rutin berenang gaya bebas tidak akan mudah mengalami kram otot.

Melatih Otak

Gerakan dalam renang umumnya membutuhkan kesesuaian antara gerakan dan pernapasan. Koordinasi antara kesesuaian atau sinkronisasi semua gerakan tubuh dengan pernapasan yang dilakukan dengan benar ini akan membuat otak sebagai pengatur gerak tubuh menjadi terlatih.

Perbaiki Postur

Manfaat lain dari renang yaitu membantu memperbaiki postur tubuh. Adapun gaya yang bisa membantu Anda memperbaiki postur tubuh yakni gaya punggung. Melalui gaya punggung atau backstroke, otot-otot punggung Anda akan dibuat tegak lurus dan rileks. Meski menurut sebagian orang gaya ini sulit dilakukan, namun gaya ini cocok untuk semua perenang, baik pemula maupun perenang profesional.

Membuat Tubuh Rileks

Berenang dipercaya sebagai sarana relaksasi yang baik bagi tubuh. Anda bisa merasakan manfaat renang yang satu ini dengan menerapkan renang gaya punggung. Dimana gaya ini  merupakan gaya yang sering digunakan untuk tujuan santai. Ini dapat meningkatkan mood Anda, dan juga membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.


Baca Juga: 11 Desain Taman Kering Indoor yang Bisa Lepaskan Stress

Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah penelitian yang dilakukan pada penderita penyakit insomnia menunjukkan bahwa berenang dapat meningkatkan kualitas tidur. Karena itu, jika Anda sulit tidur, cobalah berenang untuk mendapatkan tidur malam yang lebih baik.

Meredakan Radang Sendi

Berenang juga dapat mengurangi rasa sakit akibat radang sendi. Hal ini terjadi karena air merupakan media terbaik untuk menenangkan persendian. Bahkan sebuah penelitian menyebut bahwa aerobik air lebih efektif meredakan nyeri sendi daripada aerobik biasa.

Membakar Kalori

Kupu-kupu menjadi gaya dalam renang yang paling banyak membakar kalori. Berenang dengan gaya ini selama 60 menit diketahui mampu membakar hingga 900 kalori. Gerakannya yang cukup sulit memicu ritme jantung menjadi lebih cepat. 


Baca Juga: 10 Rekomendasi Olahraga Menyenangkan Bersama Keluarga

Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Masih seputar gaya kupu-kupu, dengan rutin menggunakan gaya ini otot dada, perut, dan punggung, otomatis postur tubuh Anda akan membaik. Selain itu, gaya kupu-kupu juga bisa meningkatkan kelenturan tubuh secara keseluruhan. Beberapa manfaat renang gaya kupu-kupu di atas dapat Anda rasakan dengan maksimal jika dilakukan dengan rutin dan tentunya dengan teknik yang benar.


Demikianlah 15 manfaat renang yang baik untuk kesehatan. Untuk mendapatkan tubuh sehat dan atletis, imbangi juga dengan olahraga lain, mengkonsumsi makanan bergizi seimbang serta istirahat yang cukup. Jika Anda memiliki masalah dengan tubuh Anda, sebaiknya konsultasikan dengan seorang dokter sebelum berenang. Begitu juga jika Anda mengalami nyeri saat bergerak atau keluhan lainnya setelah melakukan gaya renang ini.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.