MUSTIKALAND.CO.ID - Pandemi covid-19 yang belum juga usai membuat siapa saja enggan untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Untuk mencegah penyebaran virus, sebagian orang bahkan memilih beraktivitas dan bekerja di rumah atau yang lebih dikenal dengan WFH (Work From Home). Walhasil, aktivitas olahraga yang seharusnya dilakukan secara rutin pun jadi terbengkalai. Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat melakukan bermacam-macam olahraga ringan di rumah dengan alat sederhana. Selain memperoleh tubuh sehat dengan olahraga ini Anda dapat menghemat banyak waktu dan materi. Berikut macam-macam olahraga yang membantu Anda menjaga kesehatan tubuh Tanpa perlu keluar rumah.

Jalan-Jalan di Dalam Rumah

Jalan-Jalan di Dalam Rumah

Olahraga paling murah dan mudah ialah jalan-jalan. Tidak perlu repot keluar rumah, Anda bisa melakukan jalan-jalan sembari membaca novel, scroll  handphone, dan berbagai aktivitas yang sekiranya dapat dilakukan sambil berjalan sekitar ruangan rumah. Jika Anda memiliki tangga, gunakan tangga tersebut untuk beraktivitas naik turun. Meski terlihat sederhana, kegiatan ini ternyata memberi manfaat luar biasa terutama untuk bagian otot dan tulang. Lakukanlah secara maksimal dengan memberi batasan waktu aktivitas.

Baca Juga: 6 Tips, Manfaat & Pentingnya Olahraga Saat Pandemi Covid 19

Push Up dan Sit Up

Push Up dan Sit Up

Olahraga ini biasanya banyak dilakukan di rumah dengan tujuan menurunkan berat badan. Selain itu, gerakan ini juga efektif mengencangkan otot perut yang kendur. Para wanita yang melakukan diet sering melakukan ini karena tidak memakan banyak tempat serta tidak membutuhkan alat. Melainkan hanya perlu alas yang nyaman agar tak membuat badan justru semakin sakit. Untuk mendapat variasi gerakan, sebelum memulai Anda bisa terlebih dulu menonton kanal YouTube yang menyajikan ragam gerakan push up dan sit up.

Senam atau Menari

Senam atau Menari

Dance atau senam sekarang sedang digemari baik wanita dan pria. Salah satu yang paling diminati adalah zumba. Banyak wanita bahkan mengikuti kelas senam untuk mendapat berat badan ideal. Faktanya,  senam dan menari termasuk olahraga yang juga bermanfaat untuk meningkatkan imun loh. Namun, di kala pandemi, berkumpul untuk melakukan senam kurang sesuai. Maka, senam di rumah dengan memanfaatkan YouTube bisa jadi pilihan alternatif.

Baca Juga: Ini Olahraga Ringan dan Murah yang Bisa Dilakukan di Rumah

Jumping Jacks

Jumping Jacks

Gerakan olahraga yang satu ini juga tidak butuh banyak tempat. Selain itu jumping jacks juga bisa dilakukan oleh pria maupun wanita. Gerakannya cukup sederhana, yakni dengan berdiri di alas yang nyaman. Kemudian lakukan lompatan dengan meregangkan kaki sambil merentangkan kedua tangan dan menggerakkan ke atas kepala secara bersamaan. Aktivitas ini dapat dilakukan selama 15-30 detik saja.

Angkat Beban

Angkat Beban

Angkat beban tentu identik dengan aktivitas di tempat gym. Namun, angkat beban juga bisa dilakukan di rumah dengan alat yang cukup sederhana mulai dari timba berisi air, hingga memanfaatkan botol minum yang diisi air. Caranya pun mudah seperti angkat beban pada umumnya. Jika Anda takut terjadi kram atau cedera, Anda bisa meminta instruktur untuk melakukan pendampingan. 

Lari di Tempat

Lari di Tempat

Tak memiliki cukup ruang tapi ingin jogging di rumah saja? olahraga lari di tempat bisa menjadi pilihan. Gerakan ini hanya perlu dilakukan selama 15-30 detik. Terlihat membosankan jika Anda melakukan tanpa teman. Tapi tidak usah khawatir, agar tidak bosan Anda bisa mencoba mencari hiburan dengan menonton serial di TV atau menonton channel di Youtube.

Baca juga: 10 Rekomendasi Olahraga Menyenangkan Bersama Keluarga

Squat

Squat

Jika dilakukan secara teratur, Latihan ini dapat mengencangkan paha dan bokong. Caranya cukup mudah, yakni dengan berdiri di tempat sambil meletakkan tangan lurus ke depan sejajar bahu atau melingkarkannya di bagian kepala. Setelah itu, lakukan gerakan jongkok dengan menekuk lutut. Luruskan pandangan ke depan dan jangan membungkuk. 

Pertahankan area dada tetap tegap dan bagian punggung lurus. Kemudian lompat dan berdirilah dengan gerakan yang sama. Lakukan lompatan 15-20 kali atau sesuaikan dengan kemampuan anda melompat. Anda yang sudah terbiasa dengan gerakan ini dapat menambah barbel untuk meningkatkan kekuatan.

Demikianlah macam-macam olahraga ringan di rumah yang bisa dilakukan siapapun, mulai dari pria, wanita, anak-anak, orang tua dan pemula saat pandemi. Anda bisa memvariasikan gerakan satu dengan lain agar tidak bosan. Perhatikan juga intensitas Anda saat olahraga. Jangan melebihi kapasitas diri sehingga mengakibatkan daya tahan tubuh justru lemah karena terlalu capek. Lakukanlah dengan intensitas sedang dengan batasan waktu. Jangan lupa untuk minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. 

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.