MUSTIKALAND.CO.ID - Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini tidak ada yang lebih penting dari kesehatan. Jika sebelum pandemi orang berlomba-lomba ingin menjadi orang sukses dan kaya, namun kini orang lebih memilih menjadi sehat. Namun, untuk dapat mencapai hidup sehat tentu bukan hal yang mudah. Pasalnya Anda perlu menerapkan yang namanya pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Lantas, sebenarnya apa itu pola hidup sehat? Serta apa tujuan, manfaat, contoh serta bagaimana cara menjalankan pola hidup sehat? Berikut ulasan tentang hidup sehat dan cara menerapkan pola hidup sehat di masa pandemi covid-19.

Apa itu Pola Hidup Sehat

Di masa pandemi seperti sekarang ini Anda mungkin sering mendengar kalimat pola hidup sehat, tapi sebenarnya apa yang dimaksud dengan pola hidup sehat? Pola hidup sehat adalah sebuah gaya hidup yang memperhatikan segala aspek yang berhubungan dengan kesehatan tubuh. Pola hidup sehat tidak hanya soal makanan seimbang, lebih dari itu pola hidup sehat juga menyangkut tentang aktivitas fisik dan kesehatan mental. Sederhananya, pola hidup sehat adalah mengubah gaya hidup lama yang buruk menjadi lebih sehat dengan tujuan agar mendapatkan tubuh yang sehat baik secara fisik maupun mental. Tentunya menjalani pola hidup sehat harus dilakukan dengan niat dan langkah-langkah nyata.


Tujuan dan Manfaat Pola Hidup Sehat

Bagi sebagian orang, pola hidup sehat masih menjadi hal yang kurang menarik, buktinya masih banyak orang yang mengabaikan hal tersebut. Padahal, penerapan pola hidup sehat memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan baik fisik maupun mental. Salah satu tujuan utama dari penerapan pola hidup sehat adalah mendapatkan kesehatan itu sendiri, bukan dalam sesaat namun sehat secara terus menerus. Berikut beberapa manfaat atau dampak positif yang bisa Anda rasakan ketika menjalankan pola hidup sehat:

  • Menjaga imun tubuh

  • Meningkatkan stamina dan energi

  • Badan lebih sehat dan bugar

  • Tidak mudah terserang penyakit

  • Panjang umur

  • menjaga berat badan ideal

  • Menjaga kesehatan kulit

  • Bersemangat dalam menjalani kehidupan 

  • Hidup menjadi lebih teratur

  • Hidup lebih bahagia

Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat 

Jaga Pola Makan Sehat

Cara menerapkan pola hidup sehat bisa Anda awali dengan menjaga pola makan. Sebagai langkah awal, Anda dianjurkan untuk lebih selektif dalam mengkonsumsi makanan. Misalnya, dengan menghindari makanan kurang sehat seperti junk food atau berbagai makanan yang mengandung gizi tidak seimbang yang dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan.


Sebagai gantinya, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, nutrisi dan mineral yang baik bagi kesehatan, seperti sayur, buah, ikan dan daging. Agar Anda mendapatkan banyak manfaat dari buah dan sayur, jangan hanya mengkonsumsi satu jenis sayur dan buah saja. Melainkan konsumsilah buah dan sayur secara bervariasi. Menurut WHO konsumsi ideal buah dan sayuran per hari sebanyak 400 gram. Sementara konsumsi daging sekitar 160 gram 1 sampai 2 minggu sekali.


Selain buah dan sayur, asupan nutris juga bisa Anda dapatkan dari vitamin dan suplemen. Menjaga pola makan tidak hanya sebatas pada pemilihan jenis makanan yang dikonsumsi saja, namun Anda juga harus memperhatikan waktu makan, seperti waktu sarapan, makan siang dan makan malam. Sering melewatkan waktu makan dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan, seperti diare, sembelit, kram perut hingga gangguan asam lambung.


Baca Juga: 10 Rekomendasi Olahraga Menyenangkan Bersama Keluarga

Cukupi Kebutuhan Air

Tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi makanan bergizi, lebih dari itu Anda juga perlu memperhatikan terpenuhinya kebutuhan air putih dalam tubuh. Tidak hanya sekedar mencegah dehidrasi, air putih juga bermanfaat untuk membantu penyerapan vitamin yang Anda konsumsi. Mengkonsumsi air putih sesuai anjuran memang tidak dapat menghindarkan Anda dari penularan Covid, namun setidaknya konsumsi air putih yang cukup dapat membawa dampak positif bagi kesehatan Anda dalam jangka panjang. 


Supaya Anda dapat mengkonsumsi air putih secara teratur, maka buatlah jadwal minum. Misalnya satu gelas di pagi hari setelah bangun tidur, kemudian satu gelas setelah sarapan, selanjutnya satu gelas sesudah makan siang, makan malam dan sebelum tidur. Konsumsi air putih yang terjadwal tanpa terasa akan membuat Anda lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan air putih dalam tubuh. 


Di luar dari pada itu Anda bisa mengkonsumsi air putih tanpa perlu menunggu haus. Meski minum air putih secara teratur bermanfaat untuk kesehatan tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi air dingin. Akan lebih baik jika Anda mengkonsumsinya dalam keadaan hangat.

Olahraga Secara Teratur

Anda pasti setuju jika olahraga dapat membawa banyak pengaruh positif dalam kehidupan kita. Selain mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, olahraga juga menjadi salah satu contoh nyata dari pola hidup sehat. Dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin selama 30 menit Anda akan merasakan banyak manfaat yang Anda butuhkan selama ini. 


Diantaranya, tubuh menjadi lebih bugar, Anda tidak mudah terserang penyakit, menguatkan otot, menurunkan berat badan, membuat Anda lebih bahagia dan masih banyak lagi. Adapun contoh aktivitas fisik yang dimaksud seperti bersepeda, berenang, joging, dan lain sebagainya.


Baca Juga: Ini Olahraga Ringan dan Murah yang Bisa Dilakukan di Rumah

Istirahat dan Tidur yang Cukup

Seperti halnya makan, tidur juga merupakan kebutuhan vital manusia. Bahkan saking vitalnya, pola makan sehat dan cukup olahraga yang Anda lakukan tidak akan membawa manfaat yang berarti jika Anda kurang tidur. Kendati kurang tidur memicu resiko penyakit, seperti, jantung, penyakit ginjal, stroke, darah tinggi, diabetes hingga stres, namun tidur berlebih juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. 


Selain meningkatkan risiko cedera dan penyakit tertentu, kurang tidur juga akan membuat seseorang menjadi kurang produktif, mudah marah dan sulit fokus. Tidak hanya dalam hal pekerjaan, dalam urusan seks kurang tidur dapat membuat kegiatan seks menjadi berantakan. 

Hindari Stres

Pola hidup sehat tidak hanya berhubungan dengan kesehatan fisik semata, namun juga kesehatan mental. Sedikit banyak pandemi Covid-19 yang masih berlangsung tentu membawa dampak buruk bagi kesehatan mental seseorang. Umumnya ketidakpastian pekerjaan, finansial serta masa depan emmc terjadinya gangguan stres hingga depresi. Agar Anda dapat menjalankan pola hidup sehat dengan lancar, Anda perlu menghindari stres dengan berbagai cara, misalnya dengan melakukan yoga atau meditasi. 


Luangkan waktu sekitar 10–15 menit untuk meditasi supaya hormon stres Anda dapat turun sehingga Anda menjadi lebih tenang. Jika Anda bosan dengan meditasi, Anda juga bisa mencoba melakukan aktivitas yang menurut Anda menyenangkan. Dengan aktivitas ini tubuh Anda akan menghasilkan dopamin yang bisa membuat Anda menjadi lebih bahagia.


Demikianlah penjelasan tentang apa itu pola hidup sehat lengkap dengan manfaat, tujuan, contoh, cara menerapkan dan jadwal pola hidup sehat. Dengan menerapkan pola hidup sehat sebagaimana yang sudah disebutkan diatas Anda akan dapat merasakan dampak positif menjalankan pola hidup sehat. Selain itu, Anda juga akan lebih siap dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan produktif dan menyenangkan.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].