Masih ingat materi pelajaran sosial di bangku sekolah tentang keanekaragaman hayati? Ya, mungkin banyak dari kita yang lupa bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan tumbuhan dan pepohonan. Ada banyak jenis tumbuhan yang hidup di Indonesia, mulai dari tumbuhan biasa hingga tumbuhan langka. Inilah yang membuat Indonesia disebut sebagai Zamrud Khatulistiwa.

Sayangnya, berbagai tumbuhan langka yang ada di Indonesia sudah mulai punah. Sejak munculnya perambahan liar, satu per satu tumbuhan dan pepohonan mati. Alhasil, jumlahnya pun kian berkurang dari waktu ke waktu. Padahal, ada banyak ekosistem yang bisa hidup Indonesia yang beriklim tropis, seperti ekosistem gumuk pasir, hutan hujan tropis, pegunungan, hingga pantai.

Lantas apa saja jenis tumbuhan yang tergolong langka di Indonesia? Berikut ulasannya.


1. Bunga Bangkai

Bunga bangkai merupakan salah satu tumbuhan langka di Indonesia yang paling terkenal. Tumbuhan ini tidak seperti bunga lainnya yang berbau harum, namun sebaliknya, bunga bangkai memiliki aroma tidak sedap seperti bangkai. Baunya yang sangat busuk ini yang kemudian membuat bunga ini disebut bunga bangkai.

Bunga bangkai berukuran sangat besar dan tinggi, bahkan masuk ke dalam salah satu tumbuhan tertinggi di dunia. Jika Anda ingin melihatnya secara langsung, Anda bisa mengunjungi Kebun Raya Bogor atau Taman Nasional Gunung Ciremai.



2. Kantong Semar

Tumbuhan langka di Indonesia berikutnya adalah kantong semar. Seperti namanya, tumbuhan ini memiliki bentuk seperti kantong dengan bulatan di ujung. Bagian ujung yang membulat ini membuatnya mirip dengan salah satu tokoh wayang, Semar. Tak heran jika kemudian tanaman ini disebut kantong semar.

Fakta lainnya, tumbuhan kantong semar tidak hanya memiliki satu buah nama saja. Di wilayah lain, nama tanaman ini berbeda. Contohnya, di Bangka disebut katakung, di Kalimantan Barat disebut periuk monyet, dan di Jambi disebut kantong beruk. Sedangkan kantong semar memiliki nama ilmiah sendiri, yaitu nepenthes atau gelas anggur.

Keunikan dari kantong semar adalah adanya kantong pada tumbuhan yang memiliki fungsi, bukan sekedar pajangan. Fungsinya adalah untuk menangkap serangga seperti semut, lalat, dan sejenisnya agar terperangkap masuk ke dalam kantong. Kantong ini mengeluarkan aroma yang harum dan lezat sehingga dapat memikat para serangga.


Baca juga: 9 Tanaman Hias Gantung yang Cocok di Outdoor


3. Sarang Semut

Apakah Anda pernah mendengar tentang tumbuhan sarang semut? Tumbuhan ini memiliki tubuh yang sangat montok dengan duri yang tajam. Duri berfungsi untuk melindungi dirinya dari pemangsa. Menariknya, terdapat juga rongga-rongga yang terhubung di dalam tanaman ini yang kerap dijadikan rumah oleh para semut. Tidak heran jika kemudian ia disebut dengan sarang semut.

Sarang semut memiliki umbi yang mengandung gula, inilah yang membuat banyak kawanan semut tertarik untuk bersarang disana. Unik bukan? Nah, tanaman langka ini dapat ditemukan di wilayah Papua, tepatnya di hutan Jayawijaya, Tolikara, dan Pegunungan Bintang.


4. Cendana

Tumbuhan langkah berikutnya adalah pohon cendana. Pohon ini merupakan tumbuhan kayu khas dan tergolong mewah dengan ciri khas mampu menghasilkan minyak atsiri. Tak hanya itu, akar dan batang pohon ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai kerajinan, obat, serta minyak. 

Pohon cendana memiliki keunggulan, salah satunya adalah memiliki kadar minyak kualitas kayu yang terbaik di dunia. Itulah mengapa pohon cendana memiliki nilai jual yang tinggi dan menjadi salah satu komoditas yang populer.


5. Anggrek Hitam

Berikutnya, ada juga tumbuhan langka anggrek hitam yang hidup di Indonesia. Anggrek hitam merupakan bunga anggrek biasa, namun kelopaknya berwarna hitam. Tak hanya itu, bunga ini juga memiliki aroma yang sangat harum.  

Sayangnya, anggrek hitam terancam punah karena kebakaran hutan yang kerap terjadi. Itulah sebabnya tumbuhan langka ini perlu dilindungi dari kepunahan. Salah satunya adalah dengan dilakukannya budidaya anggrek hitam di Kebun Raya Bogor yang berasal dari berbagai wilayah, seperti Sumatera dan Kalimantan.


Baca juga: 10 Jenis Tanaman Vertical Garden, Bikin Rumah jadi Estetis


6. Edelweis Jawa

Edelweis jawa juga merupakan salah satu tumbuhan langka dan unik di Indonesia. Tumbuhan ini memiliki daun dan bunga yang tidak pernah layu. Ia bisa hidup di berbagai daerah, mulai dari daerah kering, pegunungan, hingga gurun berpasir.


Karena tidak bisa layu, edelweis jawa kerap disebut sebagai ‘bunga abadi’. Berkembang juga sebuah mitos bahwa bunga edelweis jawa merupakan simbol cinta dan kesetiaan, tidak heran jika bunga ini diincar oleh banyak orang. 


7. Daun Payung

Ada lagi tumbuhan langka yang sangat unik di Indonesia, yaitu daun payung. Tumbuhan ini memiliki daun yang sangat besar dan lebar seperti raksasa. Panjangnya bahkan mencapai 2,5 meter.

Tumbuhan langka ini hidup di wilayah Sumatera Utara dan Riau. Kini, daun payung dilindungi di Taman Nasional Bukit Tigapuluh karena terancam punah.

Nah, itulah 7 tumbuhan langka dan unik yang hidup di Indonesia. Karena adanya ancaman kepunahan, tumbuhan langka harus dilindungi dan dijaga kelestariannya. Semoga tidak ada lagi tangan-tangan usil yang sengaja merusak ekosistem tumbuhan langka diatas, ya!