MUSTIKALAND.CO.ID - Supaya terlihat lebih menarik, sebuah hunian biasanya membutuhkan pelengkap. Seperti adanya tanaman hias gantung outdoor yang tidak hanya memberikan keindahan, tapi juga kesegaran udara. Dulu memang tanaman yang dipergunakan cuma itu-itu saja. Namun sekarang sudah ada banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan selera. 


Kamu yang ingin membuat rumah menjadi lebih asri dan indah, bisa coba mencari-cari tanaman gantung. Apabila masih bingung ingin membeli jenis apa, bisa simak rekomendasi tanaman terbaik di bawah ini. 

Hoya Carnosa

Hoya Carnosa


Pertama, ada Hoya Carnosa dengan tampilan yang sungguh menarik. Yaitu daun berwarna hijau dan bunga kecil berbentuk bintang yang biasanya tumbuh kurang lebih sebanyak 20 buah. Kamu bisa meletakkannya di pot gantung supaya keindahannya lebih jelas terlihat. Namun perlu diperhatikan, jangan mengubah posisi tanaman yang sedang menghadap cahaya. Alasannya karena bisa memperlambat mekarnya bunga. 

Zygocactus

Zygocactus


Pilihan lainnya ada Zygocactus. Tanaman hias gantung satu ini banyak dicari karena sangat tahan terhadap cuaca panas. Ini karena Zygocactus merupakan salah satu jenis kaktus yang habitat alaminya berada di dahan pepohonan atau celah batuan lereng gunung. Kamu bisa meletakkannya pada pot gantung karena bunganya tumbuh menggantung. 

Fuschia

Fuschia


Ada juga Fuschia yang punya tampilan menawan. Apabila dilihat sekilas, tanaman ini mirip dengan anting-anting ketika diletakkan pada pot gantung. Maka dari itu, tumbuhan ini juga disebut dengan bunga anting-anting. Untuk kamu yang ingin mendapatkan bunga ini, bibitnya bisa ditemukan di berbagai pasar bunga. Bahkan, tanaman ini tersedia dalam berbagai varian warna, seperti merah, putih, merah muda, ungu, dan kombinasi. Kemudian untuk perawatannya, pastikan rajin menyiram dan letakkan pada posisi yang sejuk supaya terhindar dari kekeringan. 

Tradescantia

Tradescantia


Tanaman yang bisa menghiasi halaman rumah lainnya ada Tradescantia. Tumbuhan yang juga disebut dengan Spider Lily ini berasal dari Mexico dan banyak dijumpai di wilayah Amerika Selatan, khususnya Florida. Tanaman ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan warna-warna mencolok, karena Tradescantia hadir dengan warna hijau keunguan. 


Kalau kamu ingin memilikinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika merawatnya. Pertama, letakkan di lokasi yang sinar mataharinya tidak terlalu banyak. Lalu yang kedua, tanaman ini ditanam pada tanah yang memiliki pH 5,6 - 7.5. 

Petunia

Petunia


Tanaman hias gantung yang tidak kalah cantik ada Petunia dari Amerika Selatan. Tumbuhan penghasil bunga cantik satu ini mempunyai kelebihan di mana sangat tahan terhadap panas dan hujan. Bahkan, di saat panas, tanaman sanggup bertahan di bawah matahari minimal 5 jam. Cocok sekali untuk kamu yang tidak ingin ribet memindahkan tanaman supaya tidak layu. Selain itu, Petunia juga mempunyai banyak pilihan warna, antara lain merah, putih, kuning, biru, dan ungu. 

Chlorophytum Comosum

Chlorophytum Comosum


Untuk tanaman yang satu ini pasti sudah banyak yang tahu. Adalah Chlorophytum Comosum yang biasa disebut dengan Lili Paris. Tanaman ini mempunyai daun dengan perpaduan warna hijau dan putih yang menjulur ke bawah dan dapat tumbuh sekitar 60 cm. Maka dari itu, tanaman ini sering diletakkan pada pot gantung. 


Kemudian, Lili Paris juga mempunyai akar berdaging dan berduri dengan panjang sekitar 5 sampai 10 cm. Nah, kalau kamu ingin menanamnya, cukup gunakan tanah liat dan tempatkan di area yang mendapatkan sinar matahari cukup. 

Portulaca Grandiflora

Portulaca Grandiflora


Berikutnya ada Portulaca Grandiflora yang juga disebut dengan Bunga Pukul Sembilan. Tanaman ini mempunyai ciri khas dengan bentuk sukulen yang panjangnya bisa mencapai antara 10 sampai 30 cm dengan banyak cabang. Untuk daunnya sendiri, rata-rata berukuran 12-35 mm yang meruncing dan berdaging. 

Begonia

Begonia


Tumbuhan hias yang bisa digantung lainnya adalah Begonia. Tanaman yang hadir dengan warna-warna cantik ini sangat cepat untuk berbunga. Ini karena memang habitat aslinya berada di kawasan tropis. Untuk kamu yang ingin merawatnya, sebaiknya letakkan pada lokasi yang agak teduh. Alasannya supaya tanaman hias gantung satu ini bisa terjaga kelembabannya. 


Info lainnya, Begonia ini mempunyai banyak sekali varian. Jenis yang paling terkenal adalah Begonia Rex yang mempunyai daun agak besar dengan paduan warna hijau dan merah.  Selain itu, ada juga Wax Begonia yang daunnya terlihat seperti dilapisi oleh lilin. 

Paku Sarang Burung

Paku Sarang Burung


Ada lagi yang namanya Paku Sarang Burung. Tanaman ini mempunyai ciri khas dengan daunnya yang lebar dan agak mirip seperti daun pisang. Kemudian, Paku Sarang Burung juga mempunyai keunikan, yang mana bentuk daunnya bergantung pada banyaknya sinar matahari yang didapatkan. Kalau sinar mataharinya banyak, maka akan membuat daun semakin mengerut. Jika sebaliknya, permukaan daun akan lebih rata. 


Itulah beberapa tanaman hias gantung yang dapat kamu gunakan untuk melengkapi keindahan halaman rumah. Tumbuhan-tumbuhan ini sangat cocok menghiasi rumah yang berarsitektur minimalis. Contohnya saja seperti perumahan yang ada di Mustika Park Place. Perumahan satu ini mempunyai berbagai jenis rumah dengan desain minimalis yang luasnya bervariasi.


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.