MUSTIKALAND.CO.ID - Liburan keluarga menjadi aktivitas paling mengasyikkan dan paling ditunggu-tunggu ketika masa liburan sudah tiba. Selain bisa menghilangkan kepenatan akibat tumpukan pekerjaan yang kerap membuat pusing, Anda bisa merangkai kenangan indah bersama keluarga tercinta sehingga hubungan akan semakin hangat.

Bila Anda tidak ada ide untuk menghabiskan waktu liburan, berikut ada beberapa rekomendasi tempat di beberapa provinsi di Indonesia yang sangat cocok untuk destinasi liburan keluarga. Bisa menjadi referensi supaya liburan keluarga Anda lebih berwarna dan tak membosankan.

Rekomendasi Liburan Keluarga di Jawa Timur

Daerah Pulau Jawa bagian timur memiliki banyak sekali objek wisata. Mulai dari objek wisata berbasis alam hingga berupa taman hiburan. Berikut daftar destinasi wisata di Jawa Timur yang wajib Anda kunjungi bersama keluarga.

Baca Juga: 10 Film Terbaik Bertema Keluarga yang Wajib Kamu Tonton

1.  Gunung Bromo

Tidak afdol rasanya kalau mampir ke Jawa Timur tapi belum berlibur di wisata Gunung Bromo. Karena sudah menjadi objek wisata yang populer, akses ke Gunung Bromo tergolong mudah. Anda bisa melihat pemandangan sunrise yang menakjubkan. Selain itu untuk memperkaya pengalaman, Anda juga bisa berkeliling lautan pasir Gunung Bromo dengan menyewa mobil jeep atau kuda.

2.  Museum Angkut

Museum Angkut berlokasi di Kota Malang. Di dalamnya memamerkan ratusan kendaraan antik. Tidak hanya bisa berswafoto dengan koleksi angkutan, Anda bisa mempelajari sejarah angkutan-angkutan yang ada di dalam museum. Museum Angkut Anda dapat menyaksikan atraksi menarik yang sangat menghibur.

3.  Jatim Park

Jatim Park adalah taman hiburan yang terkenal di Kota Batu. Jatim Park terbagi menjadi tiga, yakni Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3. Masing-masing memiliki keunggulan dan ciri khas.

Jatim Park 1 adalah taman hiburan dengan desain modern, di sana tersedia 50 wahana yang dapat Anda naiki. 

Jadi salah satu kebun binatang terbesar, di Jatim Park 2 atau memiliki julukan lain sebagai Batu Secret Zoo, Anda bisa melihat berbagai satwa menarik dengan jarak yang cukup dekat.

Terakhir, Jatim Park 3 mengusung tema Jurassic Park. Di sana Anda bisa melihat-lihat replika dinosaurus yang besar dan memukau. Di samping itu, Anda juga dapat belajar tentang kehidupan masa purba. Jangan lupa juga kunjungi wahana Jelajah Lima Zaman yang akan membawa Anda menjelajahi waktu di zaman ketika dinosaurus masih hidup.

4.  Taman Nasional Baluran

Terletak di Kabupaten Situbondo, Taman Nasional Baluran akan memberikan pengalaman berbeda pada liburan Anda. Sebab, di taman nasional ini Anda bisa melihat berbagai satwa yang hidup dalam lingkungan sabana seperti yang ada di Benua Afrika.

5.  Taman Safari Prigen

Selain menjadi tempat konservasi satwa, Anda juga bisa mengunjungi Taman Safari Prigen sebagai tempat rekreasi yang mengasyikkan. Dengan menaiki mobil, Anda bisa berkeliling di dalam taman safari untuk melihat-lihat berbagai jenis satwa dan juga memberi mereka makan.

Rekomendasi Tempat Liburan di Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah memiliki segudang objek wisata yang menakjubkan. Di bawah ini ada lima rekomendasi destinasi wisata terbaik di Jawa Tengah. Cocok untuk mengisi liburan keluarga Anda.

Baca Juga: 10 Menu Enak & Mudah untuk Dimasak bersama Keluarga di Rumah

1.  Pulau Panjang

Pulau Panjang bisa menjadi destinasi wisata terbaik jika Anda berkunjung ke Jepara. Aksesnya juga mudah dan murah. Anda hanya menghabiskan Rp20.000,00 saja untuk menyeberang ke Pulau Panjang. Kelembutan pasir putih dan pemandangan pantai yang indah sudah menanti Anda.

2.  Candi Borobudur

Candi Buddha terbesar di dunia ini sudah tersohor akan kemegahan dan keindahannya. Terletak di Magelang, hanya dengan menempuh waktu satu jam dari Yogyakarta, Anda sudah bisa menginjakkan kaki di Candi Borobudur dan melihat peninggalan sejarah yang menakjubkan.

3.  Taman Nasional Karimunjawa

Jepara juga memiliki destinasi wisata andalan yang sangat memikat mata. Taman Nasional Karimunjawa adalah cagar alam bawah laut. Tempat konservasi bermacam-macam terumbu karang, ikan, dan biota laut lainnya. Pesona keindahannya sudah tersiar sampai ke mancanegara.

4.  Keraton Surakarta

Kota Surakarta juga memiliki peninggalan kesultanan Mataram Islam yang masih ada sampai saat ini. Di dalamnya terdapat museum yang memajang barang-barang bersejarah peninggalan raja terdahulu. Kaya akan nilai sejarah, Keraton Kasultanan Surakarta ini patut Anda kunjungi bersama keluarga.

5.  Candi Prambanan

Selain Candi Borobudur, belum lengkap rasanya jika ke Jawa Tengah tidak melihat Candi Prambanan. Situs ini juga bersejarah karena merupakan peninggalan kerajaan Mataram Hindu. Selain melihat keindahan candi, di Candi Prambanan Anda juga bisa melihat pementasan Sendratari Ramayana yang digelar malam hari pada musim kemarau.

Rekomendasi Liburan di Jawa Barat

Tak kalah menarik dengan objek wisata di provinsi lain, Jawa Barat juga memiliki banyak objek wisata yang indah. Inilah daftar objek wisata di Jawa Barat yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. 

1.  Kawah Putih

Kawah Putih adalah objek yang berlokasi di Gunung Patuha, Ciwidey, Bandung. Letaknya yang ada di puncak pegunungan, menyajikan Anda pemandangan berupa hamparan kebun teh di sepanjang jalan menuju ke situs kawah. Bila berkunjung ke Kawah Putih jangan lupa kenakan baju hangat karena suhunya sangat dingin dan berselimut kabut tebal.

2.  Stone Garden

Persis seperti namanya, objek wisata ini menyajikan keindahan alam berupa hamparan bebatuan peninggalan zaman purba. Sangat cocok bagi Anda yang hobi berswafoto. Letaknya yang ada di atas Gunung Masigit, Cipatat, Anda bisa menikmati pemandangan langit dan melihat pemandangan dari atas kota yang menawan.

3.  Taman Safari Cisarua

Jawa Barat juga memiliki taman safari yang terletak di Kota Bogor. Konsepnya mirip dengan Taman Safari Prigen di Jawa Timur. Anda bisa berkeliling di dalam untuk melihat berbagai satwa dari dekat hingga memberi makan.

4.  Farmhouse

Mengusung tema pedesaan di Eropa, Farmhouse yang ada di Lembang, Jawa Barat ini bisa menjadi opsi destinasi wisata Anda bersama keluarga. Di sana terdapat banyak replika bangunan ala Eropa yang bisa Anda jadikan tempat berswafoto dengan keluarga.

Selain itu, Farmhouse juga memiliki zona yang ramah anak bernama Petting Zoo. Anak-anak dapat memberi makan dan memberi susu pada hewan-hewan yang menggemaskan, seperti kelinci, domba, dan anak sapi.

5.  Gunung Pancar

Gunung Pancar yang ada di Sentul, Bogor, menjadi objek wisata yang wajib Anda kunjungi jika singgah ke Jawa Barat. Terletak di pegunungan membuat wisata Gunung Pancar ini berhawa sejuk. Udaranya masih segar dan bersih.

Daya tarik utama wisata Gunung Pancar ini adalah keindahan hutan pinus yang tiada duanya. Akses menuju ke tempat wisatanya pun terhitung mudah karena jalannya sudah beraspal, sehingga objek wisata ini terhitung aman untuk membawa anak-anak.

Rekomendasi Liburan di Taman

Bila keluarga Anda lebih suka liburan dengan banyak bersantai sambil menikmati semilir angin dan pemandangan yang menyejukkan mata, berlibur di taman bisa menjadi ide liburan yang tepat. Berikut rekomendasi taman yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga untuk mengisi liburan.

  1.  Rainbow Garden

Lembang, Jawa Barat, memiliki banyak sekali objek wisata, salah satunya adalah Rainbow Garden yang masih berada di dalam komplek Floating Market. Tidak usah jauh-jauh ke Eropa, di taman ini Anda bisa menikmati keindahan bunga yang beraneka ragam selayaknya taman bunga di Belanda atau Jerman. 

  1. Taman Bunga Krisan Setya Aji

Khas dengan bunga krisan, taman bunga yang terletak di Bandungan, Kabupaten Semarang, ini menawarkan pemandangan indah dari hamparan bunga krisan yang berwarna-warni. Anda dan keluarga bisa berjalan-jalan dan juga berswafoto di Taman Bunga Krisan Setya Aji dengan harga tiket Rp7,500 per orangnya. 

  1. Taman Bunga Matahari Pantai Samas

Bila berkunjung ke Jogja, tidak ada salahnya mampir ke Taman Bunga Matahari yang berdekatan dengan Pantai Samas, Bantul. Anda bisa berfoto-foto di hamparan kebun bunga matahari yang sedang bermekaran dengan indah. 

Selain taman bunga matahari, Pantai Samas juga dekat dengan taman bunga celosia yang identik dengan warna-warna cerah seperti merah dan kuning. Membuat liburan Anda jadi tambah cerah dan ceria. 

  1. Taman Selecta

Kota Batu juga memiliki taman bunga kebanggaan yang bernama Taman Selecta. Anda dapat menikmati pemandangan berbagai jenis bunga yang dibudidayakan di Taman Selecta. Selain itu, Anda bisa berjalan-jalan di taman bunga ini dari ketinggian dengan menaiki wahana skybike.

  1. Taman Bunga Dewari

Jika Anda bertandang ke Kota Magelang, jangan lupa kunjungi Taman Bunga Dewari yang letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur. Bunga matahari memenuhi seluruh area taman seluas 2000 meter persegi, sehingga Anda seperti melihat bentangan permadani berwarna kuning yang memanjakan mata. Liburan Anda pun jadi semakin berkesan.

Namun Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota, Mustika Village Sukamulya yang terletak di Jl. Raya Sukatani, Sukamulya, Cikarang, Bekasi, ini juga memiliki taman yang sejuk dan asri seluas 3.300 meter persegi. Taman ini sangat nyaman dan cocok dijadikan sebagai tempat refreshing untuk keluarga kecil Anda. 

Itulah berbagai tempat yang bisa Anda jadikan ide untuk mengisi liburan bersama keluarga tercinta. Selain refreshing, manfaatkan momen liburan keluarga sebagai ajang untuk merekatkan hubungan Anda dengan pasangan dan juga anak-anak.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].