MUSTIKALAND.CO.ID - Taman merupakan salah satu instrumen penting yang wajib dimiliki dalam sebuah rumah. Tak hanya berfungsi sebagai tempat untuk beraktivitas, sebuah taman juga dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyuplai oksigen serta cahaya matahari.

Namun, permasalahan yang kerap dihadapi saat ini adalah ukuran rumah yang tidak memadai untuk membuat sebuah taman di bagian depan atau belakang bangunan. Alasan inilah yang membuat para arsitek mulai menerapkan desain taman indoor di sebuah rumah.

Taman Indoor adalah sebuah taman yang diciptakan di dalam bangunan rumah. Letaknya dapat disesuaikan dengan struktur bangunan seperti dibawah tangga, samping dapur, ataupun dekat ruang keluarga. Menarik bukan? Jika Anda tertarik untuk mencobanya, berikut 5 kreasi desain taman indoor yang bikin rumah minimalis jadi asri dan cantik!

Taman Indoor Tropis  di Tengah Bangunan

Taman Indoor Tropis di Tengah Bangunan

Dalam dunia arsitektur, ruang terbuka atau taman indoor dikenal dengan istilah courtyard. Taman indoor ini dibuat dengan tujuan untuk merubah kesan kaku dan monoton pada sebuah rumah.

Taman indoor dapat dipenuhi dengan berbagai unsur alam seperti batu kali, kerikil serta tumbuhan berjenis palem. Dibangun di tengah area rumah, taman indoor tropis juga dapat menciptakan kesan yang lebih sejuk dan juga dingin.

Baca Juga: 6 Ide Penataan Taman Untuk Rumah Minimalis

Taman Indoor Sebagai Penghubung Antar Ruang

Taman Indoor Sebagai Penghubung Antar Ruang

Taman indoor juga dapat memberikan nilai estetika di dalam rumah. Tak selalu berbentuk area yang lapang, taman ini dapat dibuat layaknya area penghubung antara ruang keluarga dengan toilet.

Untuk menghadirkan kesan asri, letakan tanaman dalam pot berderet di sisi kiri dan kanan jalan. Pada bagian lantainya dapat diletakan batu koral guna memberikan kesan alami. Agar terlihat menawan di malam hari, Anda dapat juga meletakan spotlight di beberapa sisi mengarah pada pot tersebut.

Taman Indoor Bergaya Jepang

Taman Indoor Bergaya Jepang

Apabila anda juga ingin menampilkan kesan unik dan menawan pada taman indoor di rumah Anda, maka tidak ada salahnya jika mencoba menerapkan konsep taman bergaya Jepang. Taman indoor ala negeri sakura ini dikenal kental dengan nuansa air, bambu serta rumput hijau.

Untuk elemen air, Anda dapat meletakkan pancuran bambu atau gentong kecil berisi ikan mas. Kemudian letakkan beberapa bambu air, bonsai beringin, atau bonsai kamboja pada sudut taman. Agar style Jepang semakin ketara maka dapat juga diberi hiasan patung sumo atau pantung hewan yang melambangkan shio Anda.

Baca Juga: 8 Inspirasi Taman Depan Rumah, Sederhana dan Sejuk!

Taman Indoor Dalam Tabung

Taman Indoor Dalam Tabung

Alternatif desain taman indoor yang kini banyak diminati adalah taman yang terpisah dari area fungsional. Taman jenis ini memiliki sekat yang terbuat dari kaca namun tidak memiliki atap.

Bentuk taman ini pun cukup beragam seperti tabung, balok serta kubus. Untuk taman indoor jenis ini, ragam tanamannya pun lebih menarik. Tak hanya berupa tanaman hias dalam pot, pemilik rumah dapat meletakan pohon berukuran sedang  yang ranting dan daunnya dengan bebas menjulang ke atas.

Taman Indoor Pada Ruang  Tak  Terpakai

Taman Indoor Pada Ruang Tak Terpakai

Pada sebuah rumah bergaya minimalis, tidak ada salahnya memanfaatkan ruang tidak terpakai untuk difungsikan sebagai taman indoor. Beberapa ruangan tersebut seperti area bawah tangga, sudut kamar mandi serta ruang cuci baju.

Karena berada pada area yang jauh dari sinar matahari, pastikan anda memilih tanaman yang dapat hidup didalam ruangan. Beberapa jenis tanaman tersebut adalah kaktus, lidah mertua, serta aglonema. Namun, sesekali Anda dapat meletakkannya di luar rumah agar tanaman tersebut dapat berfotosintesis dengan baik.

Bagi beberapa orang, taman merupakan salah satu area yang cukup penting dalam sebuah hunian. Namun, tidak banyak perumahan yang menyediakan hunian yang dilengkapi dengan taman baik diluat maupun di dalam rumah.

Mustika Village Sukamulya merupakan salah satu perumahan yang menawarkan hunian dengan desain taman indoor. Salah satunnya adalah rumah Tipe Ginza yang memaksimalkan fungsi tata ruang serta estetika dengan meletakkan taman indoor tepat diantara ruang tidur serta dapur.

Tak hanya itu perumahan yang beralamat di Jl. Raya Sukatani, Sukamulya, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat 17620 ini juga menawarkan konsep taman hijau seluas 3300 meter persegi sehingga kualitas udara disekitarnya sangat terjamin  ditambah lagi dengan  fasilitas Water Eco Friendly (WTP) dimana pengolahan air bersih sudah jadi dan siap untuk digunakan.

Tentukan pilihan Anda untuk memiliki hunian impian di Mustika Village Sukamulya.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.