MUSTIKALAND.CO.ID - Dewasa kini, fungsi taman bukan hanya sebagai penyejuk rumah saja. Berbagai dekorasi taman hadir untuk menciptakan nilai seni yang indah. Bahkan, beberapa dibuat untuk fungsi prestige di hadapan teman ataupun tetangga. Jika anda ingin menciptakan taman sendiri, berikut ide penataan taman minimalis yang mudah dibuat.

Taman biasanya dibuat dengan varian bunga dan tanaman yang indah. Beberapa juga dilengkapi dengan tanaman yang mampu memberikan kadar oksigen lebih. Tak perlu memiliki ruang yang besar, karena taman bisa dibuat dengan ruang kecil mulai dari taman indoor maupun outdoor.

Taman Depan dengan Memanfaatkan Teras Rumah

Taman Depan dengan Memanfaatkan Teras Rumah

Jika anda tak memiliki banyak lahan, model taman depan rumah minimalis cocok diaplikasikan di lahan sempit. Anda bisa menggunakan teras sebagai taman dengan menggunakan pot-pot unik dengan berbagai model yang kini dapat ditemukan dengan mudah di pasaran.

Untuk mempercantik taman, pilihlah tanaman yang memiliki kelopak-kelopak besar dan warna yang senada dengan eksterior rumah. Saat malam tiba, lampu teras akan memberikan efek mewah  pada bagian taman anda.

Taman Vertikal di Dinding Rumah

Taman Vertikal di Dinding Rumah

Semakin tahun, orang memiliki banyak ide dalam hal penataan taman. Salah satunya dengan menggunakan taman vertikal untuk tampilan taman minimalis modern. Taman vertikal merupakan taman yang berada di dinding rumah dengan memperhatikan pilihan tanaman. Posisinya bisa diletakkan dimanapun sesuai selera anda.

Taman vertikal juga merupakan alternatif untuk anda yang tidak memiliki lahan sama sekali untuk dijadikan taman. Bahkan, dengan adanya taman vertikal, anda tidak perlu repot menyiram setiap hari. Pasalnya, taman vertikal harus dihuni tanaman yang mudah perawatannya dan tidak membutuhkan banyak air seperti lily paris, tanduk rusa, sirih gading, dan tillandsia.

Taman Gantung

Taman Gantung

Masih banyak pilihan untuk taman minimalis cantik yang bisa anda hadirkan di rumah. Salah satunya membuat taman gantung. Pilihan tanamannya tentu yang memiliki bunga bunga berwarna ya. Pemilihan pot pun harus yang terlihat cantik seperti warna putih dengan gantungan tali tambang kecil yang mengelilingi pot. Ada pula alternatif gantungan simple yang bisa dibeli di pasaran.

Anda bisa menempatkan taman gantung di depan rumah, halaman samping, maupun area belakang rumah. Tidak perlu banyak, hanya diperlukan 3-5 tanaman seperti tradescantia, hoya compacta, dischidia geri, dan peperomia hope. Selain menghemat budget, taman ini juga cocok diaplikasikan di kawasan asri karena anda tidak membutuhkan banyak tanaman untuk menciptakan kesegaran rumah.

Jika anda memiliki salah satu rumah di Mustika Village Sukamulya, maka anda bisa menikmati kesegaran kawasan. Taman gantung kecil pun cukup untuk menambah kesejukan di bagian dalam rumah. Pasalnya, Mustika Village Sukamulya berada di kawasan seluas +/- 35 ha di Desa Sukamulya. Kawasan ini menerapkan hunian asri berkonsep SAFE (Smart-Active-Function-Eco), dimana penghuninya akan merasakan hunian yang jauh dari udara kotor, memiliki ruang tinggal yang nyaman dan aman, serta komunitas yang baik.

Selain itu terdapat berbagai fasilitas yang cukup lengkap seperti adanya taman hijau dan area berniaga. Anda juga mendapat kemudahan akses menuju fasilitas umum yang dekat, ragam transportasi, kawasan industri, dan jalan tol. Terdapat tiga tipe hunian yang pasti sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Harga yang ditawarkan untuk mendapatkan hunian impian ini hanya dimulai dari 160 juta-an saja. Dp yang dibayarkan pun sangat ringan yakni 2 juta rupiah.

Selain Sertifikat Hak Guna Bangunan sudah siap, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) telah ada dan PBB juga sudah pecah. Menariknya lagi, di sini kamu terbebas dari biaya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan balik nama serta pajak. Jadi, tunggu apalagi, segera miliki rumah impian di Mustika Village Sukamulya.

Taman Kecil di Depan Rumah

Taman Kecil di Depan Rumah

Punya lahan kecil tak terpakai di depan rumah? wah harus banget dibuat taman nih. Ada banyak cara membuat taman kecil di depan rumah, mulai dari pemilihan tanaman, dekorasi atau pernak pernik, hingga model taman.

Tahap awal bisa kamu rencanakan tanaman apa saja yang ingin anda miliki. Pilihlah tanaman yang beragam seperti pohon kamboja, aloe vera, sansevieria, money tree, dan masih banyak lainnya. Nah, jika anda memiliki budget lebih, buatlah kolam kecil dengan isian beberapa ikan hias. Taman mungil dengan kolam kecil dan air mancur akan terasa menyenangkan untuk dipandang.

Taman Kering Indoor

Taman Kering Indoor

Tak mau repot menyiram taman? Taman kering indoor bisa jadi solusi tepat nih. Pasalnya, taman kering tidak membutuhkan banyak perawatan dan juga mudah diaplikasikan di manapun. Anda bisa membuat taman kering di sudut ruangan yang tak terisi perabot, di bawah tangga, di halaman belakang, di depan pintu masuk kamar.

Pilihan tanaman yang bisa anda gunakan adalah kaktus, bromelia, dan peace lily. Sementara itu, dekorasi yang diperlukan adalah batuan seperti batu koral tabur atau batu koral sikat. Untuk bagian tanah sendiri ditutup dengan batu kerikil dan pasir.

Taman Depan Rumah dengan Bird Bath

Taman Depan Rumah dengan Bird Bath

Taman dengan hiasan bird bath atau tempat mandi burung masih jarang ditemukan pada masyarakat Indonesia. Padahal, konsep seperti ini justru memberikan kesan hidup bagi taman yang anda miliki. Burung-burung liar atau peliharaan anda bisa menikmati mandi dengan suasana yang nyaman dikelilingi tetumbuhan di taman.

Bird path memiliki ukuran yang kecil sehingga tidak membutuhkan banyak tempat. Anda juga bisa menghias bird path agar lebih terlihat estetik dan indah dilihat.

Nah, itu dia 6 desain penataan taman untuk rumah minimalis. Anda bisa berkreasi dengan berbagai hal di sekitar lingkungan untuk mempercantik nuansa taman. Selamat mencoba.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.