MUSTIKALAND.CO.ID - Memberi kesan sejuk dan asri pada sebuah hunian bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan membuat taman di depan rumah. Sayangnya, banyak orang menganggap membuat taman di depan rumah butuh lahan luas dan biaya yang tidak sedikit. Padahal, tidak harus mewah, taman sederhana bahkan kecil sekalipun dapat mempercantik dan menghidupkan suasana rumah asal di tata dengan tepat. Berikut ini ulasan ide taman depan rumah yang sangat inspiratif.

Taman Depan Rumah Sederhana

Taman Depan Rumah Sederhana


Minimnya budget dan lahan bukan alasan bagi Anda meniadakan sebuah taman di depan rumah. Masalah tersebut bisa Anda atasi dengan membuat taman kecil sederhana. Desain ini memang diperuntukkan bagi Anda yang memiliki lahan terbatas. Meski terbatas, desain taman sederhana ini akan membuat fasad rumah Anda terlihat lebih menarik. Lebih dari itu, taman depan rumah yang sederhana ini akan menghapus kesan gersang pada rumah Anda.

Taman Depan Rumah dengan Air Mancur

Taman Depan Rumah dengan Air Mancur


Salah satu desain taman depan rumah selanjutnya yang dapat Anda aplikasikan adalah taman depan rumah dengan tambahan air mancur. Tidak seperti taman sederhana yang minim budget, desain taman depan rumah dengan air mancur mengharuskan Anda menyediakan budget khusus. Tidak hanya sebatas pemanis, keberadaan air mancur di tengah-tengah taman juga memiliki fungsi sebagai penyaring dan pendingin udara.

Taman Depan Rumah dengan Kolam Ikan

Taman Depan Rumah dengan Kolam Ikan


Pada artikel sebelumnya yang berjudul "Desain Kolam Ikan Depan Rumah yang Nyegarin Mata Banget" Kami sudah membahas tentang kelebihan membuat kolam ikan depan rumah yang dipadukan dengan taman. Jika Anda memiliki lahan yang memadai, tidak ada salahnya menerapkan desain ini. Pilihan untuk menambahkan kolam ikan pada taman yang terletak di depan rumah akan semakin memperindah tampilan fasad rumah Anda. Selain menyegarkan mata, keberadaan kolam ikan di luar ruangan bisa membuat rumah terlihat lebih mewah.

Taman Depan Rumah dengan Gazebo

Taman Depan Rumah dengan Gazebo


Menempatkan sebuah gazebo di area taman depan rumah bisa jadi solusi mengatasi kejenuhan saat berada di dalam rumah. Sebagai tempat alternatif di luar rumah, gazebo tidak hanya dapat membuat rileks dan menghilangkan kejenuhan, adanya gazebo di area taman juga memiliki fungsi visual memberikan nilai estetika. Sekali lagi, gazebo tidak harus mewah dan mahal, sesuaikan gazebo dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Mengingat ukurannya yang cukup besar, gazebo tidak cocok ditempatkan pada taman dengan ukuran kecil. Biasanya perbandingan besaran gazebo dengan luas taman adalah 1:5.

Taman Depan Rumah dengan Kursi Teras

Taman Depan Rumah dengan Kursi Teras


Kursi menjadi aksesoris wajib yang harus ada pada taman depan rumah. Penempatan kursi ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan santai Anda di depan rumah. Sembari duduk, Anda bisa menikmati keindahan taman dan melihat orang berlalu lalang di pinggir jalan. Untuk menambah suasana santai, Anda juga bisa meletakan meja kecil sebagai tempat cemilan. Jika ingin tampil lebih minimalis, gunakan kursi dan meja dengan unsur kayu. Meski terlihat sederhana tanpa banyak polesan, dijamin taman depan rumah Anda akan terlihat lebih hidup dan tidak membosankan.

Taman Depan Rumah dengan Batu

Taman Depan Rumah dengan Batu


Inovasi pembuatan taman yang semakin mengalami kemajuan. Material pembuatan taman tidak hanya melulu didominasi rumput saja, melainkan jenis material lain seperti batu split juga mulai diminati. Umumnya, penggunaan bebatuan seperti ini banyak digunakan pada taman kering. Coraknya yang beragam mampu menciptakan varian pola dan bentuk taman yang unik.


Pilihan batu sebagai material taman kering cocok diaplikasikan dimana saja, baik itu di depan, belakang maupun samping rumah, outdoor maupun indoor. Selain mengetahui cara menata batu yang benar, Anda juga perlu tahu mengetahui cara merawat tamanan yang Anda letakkan di area taman kering.

Taman Depan Rumah Mewah

Taman Depan Rumah Mewah


Bersamaan dengan arahan dari pemerintah yang himbauan agar masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah. Konsep taman mewah pada sebuah hunian sempat kembali menjadi tren di tahun 2020 kemarin, tepatnya saat pandemi Covid-19 mulai masuk ke Indonesia. Taman mewah biasanya identik dengan unsur tambahan berupa ornamen seperti patung atau guci. Unsur ini selain memberikan kesan artistik, juga membuat hunian semakin terlihat hidup. Sebagai tips tambahan untuk Anda yang ingin mengadopsi desain mewah seperti ini, sebaiknya sediakan taman air yang akan memberikan efek menyejukkan sekaligus menenangkan pada hunian.

Taman Depan Rumah dengan Pohon Palem

Taman Depan Rumah dengan Pohon Palem


Jika Anda tidak ingin dipusingkan dengan banyaknya dekorasi, cukuplah pilih palem sebagai dekorasi utama taman depan rumah Anda. Perlu diketahui, palem menjadi tanaman yang paling banyak ditanam di depan rumah, sekolah, gedung perkantoran bahkan tak jarang kita kerap menemukannya di taman sebagai hiasan pinggir jalan. Ini karena tanaman palem mudah sekali hidup di iklim tropis seperti Indonesia.


Ada banyak jenis palem yang bisa Anda gunakan, diantaranya yaitu palem ratu, palem kumis, palem merah, palem botol dan lain sebagainya. keunikannya tanaman palem membuat penghuni rumah tidak akan bosan menikmati suasana taman di depan rumah. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah taman palem membutuhkan perawatan yang yang baik. Anda harus rajin membersihkannya jika tidak ingin mengurangi nilai estetika tanaman palem Anda.


Seseorang yang berniat membeli sebuah rumah biasanya berharap adanya sisa tanah yang bisa dimanfaatkan untuk taman. Selain sebagai estetika dan sedap dipandang, keberadaan sebuah taman juga dapat membuat suasana rumah menjadi tidak gersang. Sayangnya, tidak semua perumahan menyediakan fasilitas yang demikian ini. Jika Anda menghendaki perumahan yang menyediakan sisa tanah di bagian belakang, Anda dapat menemukannya di Mustika Village Sukamulya.


Kawasan perumahan yang beralamat di Jl. Raya Sukatani, Sukamulya, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat 17620 ini menawarkan konsep hunian dengan prinsip keseimbangan hidup yang berkualitas. Tidak hanya itu, perumahan ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti Water Treatment Plan (Pengolahan Air Bersih mandiri), Taman Tematik seluas 3300m² dan Danau 4600m² yang menunjang ekologi bagi penghuni, serta infrastruktur RoW jalan utama 14m dan RoW lingkungan 6 - 7m (40% lebih lebar) sehingga membuat kenyamanan tinggal serta sirkulasi udara yang baik bagi penghuninya.


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.