MUSTIKALAND.CO.ID - Dalam membangun sebuah rumah, tentu saja Anda perlu memilih atap dengan kualitas terbaik. Meskipun terkesan remeh, atap merupakan elemen rumah yang keberadaannya paling penting karena berfungsi melindungi rumah Anda dari panas dan hujan. Sedikit saja kerusakan pada atap, entah karena bergeser ataupun retak, Anda akan sangat kerepotan saat musim penghujan tiba.

Nah, salah satu macam atap yang paling populer dan bisa menjadi pilihan bagi rumah impian Anda adalah atap alderon. Selain memiliki tampilan menarik dengan lembaran atap berbentuk gelombang yang dapat memperindah rumah Anda, terutama rumah dengan desain minimalis, varian atap PVC ini juga memiliki kualitas tinggi, loh.

Tak mengherankan jika sekarang banyak orang lebih memilih untuk menggunakan atap alderon dibandingkan atap-atap lainnya. Yuk mari kita kenali lebih lanjut beragam jenis, kelebihan, dan kekurangan atap alderon sebelum Anda mantap dalam memilihnya.

Jenis Atap Alderon

Jenis Atap Alderon

Apabila Anda mencari gambar atap alderon di Google, Anda bisa melihat bahwa atap PVC ini terdiri dari dua jenis, yaitu Twinwall Corrugated dan RS Single Wall Corrugated. Selain memiliki spesifikasi yang berbeda, kedua jenis atap alderon ini pun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Atap alderon Twinwall Corrugated ini bisa dibilang lebih kuat dibandingkan atap berbahan UPVC lainnya. Alasannya, atap dengan bentuk bergelombang dan berongga ini dilapisi dua layer berbahan UPVC sehingga lebih tahan lama dalam menghadapi terik matahari maupun terpaan hujan lebat.

Berbeda dengan Twinwall Corrugated, atap alderon RS SIngle Wall Corrugated tidak memiliki rongga meski bentuknya juga bergelombang. Pasalnya, atap jenis ini hanya terdiri dari satu layer yang memiliki bahan UPVC. Meskipun demikian, Atap Alderon RS Single Wall Corrugated ini sedikit lebih tebal dibandingkan Atap Alderon Twinwall Corrugated sehingga kekuatan kedua jenis atap alderon tersebut bisa dibilang sama.

Baca Juga: 11 Model Atap Rumah Kekinian, Bisa Jadi Inspirasi!

Kelebihan dan Kekurangan Atap Alderon


Kelebihan dan Kekurangan Atap Alderon

Sebelum memutuskan untuk menggunakan atap alderon tentu anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan atap alderon. Berikut kami sajikan kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Atap Alderon

Menjadi pilihan paling populer saat ini, atap alderon memiliki banyak kelebihan dibandingkan varian atap lainnya. Yang pertama, atap alderon yang berongga ini mampu meredam panas sehingga akan membuat ruangan di bawahnya tetap sejuk dan nyaman.

Tak hanya menghambat panas, atap alderon juga bisa mengurangi suara bising dari luar rumah, loh. Bahkan, atap alderon setebal 10 mm bisa mengurangi suara yang masuk ke dalam rumah hingga 27% (ASTM E90).

Atap alderon UPVC juga tahan lama dan tidak mudah pecah karena diperkuat dengan formula yang melindunginya dari sinar ultraviolet dan cuaca yang tidak menentu. Selain itu, atap alderon juga tidak mudah terbakar sehingga tidak akan merambatkan api jika terjadi kebakaran.

Bahkan, begitu ada kebakaran, api tersebut dapat padam dengan sendirinya ketika mengenai atap ini. Menariknya lagi, atap alderon ini tidak mudah karatan atau rapuh karena terkena bahan kimia, zat asam, minyak, ataupun polusi akibat aktivitas industri lainnya.

Kekurangan Atap Alderon

Disamping kelebihannya, atap ini juga memiliki beberapa poin yang menjadi kekurangannya. Salah satunya adalah karena atap alderon masih menyediakan warna yang kurang variatif.

Sampai hari ini, atap alderon baru tersedia dalam warna putih dan biru muda saja, sehingga bagi Anda yang memilih atap rumah dengan mempertimbangkann warna tentu hal ini menjadi keterbatasan yang dimiliki oleh atap alderon.

Namun demikian, rumah-rumah yang menggunakan atap alderon ini akhirnya memiliki pilihan warna cat tembok yang sangat terbatas agar tidak bertabrakan warna dengan warna atap.

Menawarkan kualitas terbaik, tentu ada harga yang perlu dibayar untuk mendapatkannya. Dalam hal ini, harga atap alderon pun juga masih tergolong mahal untuk sebagian kalangan masyarakat. Karena itulah, beberapa orang memilih untuk menggunakan atap jenis lain dengan harga yang tentunya jauh lebih terjangkau.

Harga Atap Alderon


Harga Atap Alderon

Dibandingkan atap-atap PVC lainnya, harga atap alderon memang tergolong sedikit lebih mahal. Harga atap alderon transparan atau harga atap alderon bening yang paling murah saja bisa mencapai Rp 135,000, sementara harga atap alderon terpasang untuk kanopi dengan luas 4 x 4 meter bisa mencapai Rp 550,000.

Baca Juga: 6 Inspirasi Desain Ruang Keluarga Minimalis, Bikin Keluarga Anda Makin Harmonis

Meskipun demikian, kualitas dan kenyamanan yang akan Anda dapatkan pun akan menjawab semuanya. Jika dibandingkan, total biaya yang Anda keluarkan untuk memasang atap alderon ini sebenarnya lebih murah dibandingkan atap lainnya, loh.

Mengapa demikian?

Pasalnya, Anda tidak perlu lagi berkali-kali mengganti atap rumah Anda dalam beberapa tahun ke depan dan pemasangannya yang mudah pun tidak menelan banyak biaya. Ditambah lagi, harga atap alderon tergolong stabil. Jika dibandingkan, harga atap alderon per meter 2020 dan harga atap alderon 2021 tidak terlalu banyak mengalami perubahan.

Nah setelah mengenal atap alderon dari segi jenis, kelebihan, dan kekurangannya, sudahkah Anda menentukan atap apa yang dipilih untuk rumah impian Anda?

Mustika Village Sukamulya menawarkan hunian asri nan nyaman dengan konsep cluster berfasilitas lengkap. Lokasi strategis dan akses jalan yang mudah menjadi salah satu keunggulan dari Mustika Village Sukamulya untuk masa depan bahagia keluarga Anda.

Disamping itu, fasilitas hiburan maupun olahraga juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda. Melalui Mustika Village Sukamulya, Anda akan mendapatkan hunian nyaman yang telah memiliki kepastian perijinan/legalitas serta harga terjangkau.

Yuk, temukan dan tentukan kebahagian Anda beserta keluarga tercinta dengan program kepemilikan rumah untuk Anda semua bersama Mustika Land.

Mari kunjungi proyek kami:


Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].