MUSTIKALAND.CO.ID - Air keruh bukan lagi masalah jika tahu cara menjernihkannya. Water treatment plant menjadi salah satu cara yang bisa Kamu pilih untuk menjernihkan air keruh. Bagi sebagian orang, proses ini sangat umum didengar atau bahkan dilakukan, namun sebagian yang lainnya justru masih terdengar begitu asing. 


Oleh karena itu, Kami akan mengobati semua penasaran Kamu terhadap water treatment plant yakni dengan memberikan berbagai macam informasi mulai dari pengertian, proses hingga cara kerjanya. Yuk tambah pengetahuanmu melalui ulasan menariknya berikut ini.

Pengertian Water Treatment Plant

Pengertian Water Treatment Plant


Pengolahan air atau water treatment merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas air agar dapat diterima atau digunakan pada penggunaan akhir dengan kondisi tertentu. Berbagai kondisi ini meliputi irigasi, pasokan air industri, pemeliharaan aliran sungai hingga minum. Oleh karena itu, banyak pihak yang menggunakan sistem ini juga untuk mengolah limbah. 


Sedangkan, Instalasi Pengolahan Air (IPA) atau biasa Kamu ketahui dengan Water Treatment Plant adalah sebuah sistem yang memiliki fungsi untuk mengolah air dalam bentuk baku ataupun terkontaminasi yang kemudian akan mendapatkan perawatan khusus. Sehingga dapat menghasilkan air yang bisa dikonsumsi dan sudah memenuhi standar mutu yang tepat. 

Proses Water Treatment Plant

Proses Water Treatment Plant


Setelah mengetahui definisinya, selanjutnya kamu perlu tahu tentang proses apa saja yang ada pada WTP. Sehingga jika suatu hari nanti kamu membutuhkannya, kamu dapat langsung mengikuti langkah-langkah proses water treatment plant berikut. Namun sebelum beranjak lebih jauh, perlu untuk diketahui bahwa water treatment plant memiliki standar langsung dari PerMenKes 32 Tahun 2017. Berikut proses yang bisa Kamu temukan dalam sistem water treatment plant!


1. Proses Ozone


Proses Ozone ini meliputi berbagai macam tahapan yang harus dilalui oleh air yang sudah terkontaminasi tersebut. Berbagai tahapannya berupa desinfeksi, detoksifikasi dan terakhir deodorisasi.


2. Proses Reverse Osmosis


Reverse osmosis atau RO merupakan sebuah proses penyaringan molekul besar serta ion-ion dalam larutan dengan cara memberikan tekanan ketika larutan tersebut berada pada satu sisi membran seleksi (lapisan penyaring).


3. Proses UF Filter atau Ultrafiltrasi


Proses berikutnya merupakan suatu metode penyaringan yang dikenal dengan sebutan UF Filter atau Ultrafiltrasi yang berfungsi untuk memisahkan partikel kecil dan sebagian zat terlarut dengan air.


4. Carbon Filter


Selanjutnya, carbon filter merupakan sebuah proses yang digunakan untuk menjernihkan air dan juga menghilangkan bau. Proses ini merupakan salah satu yang terpenting sehingga air tidak hanya aman melainkan juga nyaman untuk dikonsumsi.


5. Proses Sedimentation


Proses sedimentation merupakan langkah yang dilakukan untuk memisahkan dua media berbeda yakni air jernih dan endapan yang berbentuk pasir hingga beragam partikel lainnya. Proses yang satu ini tidak kalah penting bukan?


6. Proses Aeration


Aeration merupakan sebuah proses yang digunakan untuk penguraian zat-zat organik. Tahapan ini dilengkapi dengan alat yang dapat membantu aerasi berupa air blower sehingga air limbah dapat dihembuskan ke udara. Akhir tahapan proses ini akan menguraikan senyawa polutan yang ada pada air limbah tersebut.


7. Custom Bacteria


Proses berikutnya merupakan Custom Bacteria yang berfungsi untuk mereduksi konsentrasi bakteri secara umum. Langkah ini juga nantinya akan menghilangkan bakteri pathogen yang dapat menyebabkan penyakit.


8. Proses Equalization


Equalization merupakan sebuah proses yang digunakan untuk menyamaratakan aliran air secara kualitas air limbah yang biasanya menggunakan sebuah alat seperti proses sebelumnya yakni blower.


9. Proses Bar Screen


Proses terakhir pada water treatment plant adalah bar screen yang berfungsi untuk menyaring benda-benda yang ikut tergenang dalam air. Sehingga hasil akhirnya akan sangat bagus dan bisa langsung digunakan.

Cara Kerja Water Treatment Plant

Cara Kerja Water Treatment Plant


Meski tidak terlalu sederhana, cara kerja water treatment plant sangat mudah untuk dilakukan. Asalkan kamu mengikuti berbagai instruksinya dengan baik sekaligus dapat menerapkan semua proses yang sudah dijelaskan sebelumnya. 


Awalnya, air limbah dimasukkan ke dalam sebuah tempat penampungan yang selanjutnya akan melewati berbagai macam proses mulai dari ozone, reverse osmosis, UF filter atau ultrafiltrasi, kemudian carbon filter. Selanjutnya, hasil tahapan ini akan kembali dimasukkan ke ozone sehingga dapat dicek apakah semuanya sudah sesuai standar mutu limbah cair atau belum.


Jika sudah, maka proses berikutnya yang akan dilewati adalah sedimentation, clarifier, aeration, custom bacteria, dan equalization. Setelah itu, hasilnya akan masuk ke tempat penampungan air yang kerap disebut sebagai primary. Barulah masuk ke tahapan terakhir yakni proses bar screen agar selanjutnya air akan dipompa ke berbagai bangunan maupun konstruksi.


Pasti tidak sedikit dari Kamu yang bertanya, harga water treatment plant ini di pasaran berapa ya? Siapa sangka, harganya sangat terjangkau. Tapi harga ini bisa semakin tinggi tergantung dimana dan seberapa besar limbah yang akan disaring.


Jiika kamu tidak ingin ambil pusing dan berpikir tentang water treatment plant lagi, Kamu bisa mencari komplek perumahan yang bahkan sudah menyediakan fasilitas air yang bersih. Salah satunya adalah Mustika Village Sukamulya yang terletak di Jl. Raya Sukatani, Sukamulya, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Fasilitas super lengkap dan nyaman bisa Kamu dapatkan!


Nah, itulah beberapa beberapa informasi menarik tentang water treatment plant mulai dari pengertian, proses hingga cara kerjanya. Tidak hanya bangunan pada umumnya, water treatment plant pabrik kelapa sawit hingga water treatment plant pltu menggunakan proses yang sama seperti yang sudah dijelaskan. Namun, bisa jadi juga berbeda karena setiap limbah punya karakteristik yang berbeda pula sehingga cara mengolahnya maupun menjernihkannya kembali juga berbeda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.