MUSTIKALAND.CO.ID - Rumah telah menjadi kebutuhan pokok era sekarang. Tidak seperti orang-orang dahulu yang sepertinya sulit sekali memiliki rumah, zaman sekarang rumah telah banyak dibangun dan berbagai cara pembiayaan telah banyak mengalami inovasi sehingga keluarga kecil atau yang baru menikah dapat memiliki rumah sebagai tempat tinggal.


Banyak rumah di perkotaan yang memiliki desain dan karakteristik yang berbeda dengan rumah di kampung. Dan, seiring dengan banyaknya keluarga yang tinggal di kota, tentunya memiliki rumah di kota adalah suatu keniscayaan.


Banyak rumah di kota yang bisa didesain sesuai dengan keinginan pemilik rumah, baik rumah dengan 2 atau 3 kamar tidur. Tentunya hal itu harus dibuatkan desain atau denah dengan baik, agar rumah terasa lapang dan ruangan lain juga tertata dengan baik.


Bagaimana cara mendesain rumah dengan baik? Mari kita simak.

Desain Rumah Sederhana di Kampung

Untuk Anda yang memiliki rumah di kota, tentunya rumah di kampung memiliki desain yang berbeda dibanding rumah kota. Rumah di kampung biasanya memiliki lahan yang lebih luas dibanding rumah di kota.


Apalagi untuk Anda yang masih memiliki orang tua yang tinggal di kampung, tentunya Anda memiliki gambaran perbedaan desain dan bentuk rumah di kota dan di kampung halaman. Rumah di kampung tentunya jarang sekali yang memiliki bangunan 2 tingkat karena lahan yang masih luas. Kalaupun ada, sangat jarang sekali. Berbeda dengan di Jakarta yang dikarenakan keterbatasan lahan, maka bangunan yang ada memanjang vertikal ke atas atau bertingkat.


Rumah di kampung pada umumnya memiliki pekarangan yang luas, banyak ditumbuhi pohon atau tanaman, tidak memiliki pagar beton, lebih tinggi dari tanah dan lain sebagainya.


Baca Juga: Intip 5 Desain Rumah Industrial Low Budget yang Tetap Nyaman

Desain Rumah Sederhana 3 Kamar di Kampung

Rumah sederhana di kampung umumnya memiliki ukuran tanah yang luas sehingga membuat Anda leluasa dalam merancangnya. Begitu juga dengan penempatan dan pengadaan kamar, dengan tanah yang lebih luas tentunya bisa dengan leluasa mendesain rumah dengan jumlah ruangan yang banyak, misalkan dengan lebih dari 2 kamar.


Di kampung sendiri, yang menjadi ciri khas lainnya adalah desain fasad yang khas, yaitu fasad yang cenderung sederhana dan tradisional. Namun, ada juga yang dirancang minimalis dengan fasad yang lebih modern. Semuanya kembali ke selera masing-masing pemilik rumah. Bukan berarti, rumah yang terletak di kampung terlihat lebih kuno dengan rumah di kota.


Desain rumah sederhana dengan 3 kamar bisa dikombinasikan dengan penempatan ruang tamu, ruang makan dan ruang keluarga dalam 1 area. Bisa juga dengan penempatan taman di bagian depan dan belakang rumah, yang membuat bagian dalam rumah terasa segar dan sejuk, juga menambah kesan modern pada rumah.

Desain Rumah Sederhana 6x12

Ukuran rumah sederhana 6x12 cocok untuk ditempati oleh keluarga kecil. Rumah sederhana berukuran 6x12 jika didesain dengan baik bisa terasa lebih luas. Oleh karena itu, Anda perlu mencari referensi desain rumah sederhana 6x12 dengan baik sebelum memutuskan tinggal di rumah jenis itu.


Meskipun bergantung pada luas bangunan rumah, namun denah untuk masing-masing rumah pasti berbeda. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing orang yang tinggal disitu. Umumnya, rumah sederhana berukuran 6x12 memiliki 2 kamar tidur, tapi dengan denah terbaik kamu bisa mendapatkan ruangan maksimal.


Beberapa contoh denah rumah sederhana 6x12 dapat digambarkan sebagai berikut:

  1. Penempatan taman depan dan belakang

Bagi Anda yang suka bertanam, penempatan taman di bagian depan dan belakang bisa menjadi pilihan. Taman depan bisa Anda gunakan sebagai tempat bertanam tanaman hias yang cantik, sedangkan taman belakang bisa difungsikan sebagai tempat menjemur.

  1. Menempatkan 3 ruangan menjadi 1 ruangan besar

Untuk memberikan kesan luas, Anda bisa menempatkan 3 ruangan, yaitu ruang tamu atau ruang keluarga, dapur dan ruang makan menjadi 1 ruangan besar saja. Agar tidak kelihatan penuh, ruang keluarga bisa difungsikan bergaya lesehan dengan menggunakan karpet.

  1. Membuat dapur terbuka

Area dapur identik dengan ruangan yang panas karena digunakan untuk memasak. Untuk menyiasatinya, bisa dibangun dapur diluar rumah dengan konsep dapur terbuka. Dapur jenis ini juga bisa membuat ruangan menjadi lebih lapang.

  1. Membuat teras yang nyaman

Teras yang nyaman dapat membantu Anda yang ingin menambah ruangan. Dengan teras dan taman yang indah, Anda dapat menerima tamu disitu dan menjadikannya sebagai ruang tamu tambahan apabila ada tamu atau keluarga yang berkunjung.

  1. Membuat 3 kamar tidur

Untuk rumah berukuran 6x12 yang ingin Anda buat 3 kamar tidur, hal ini perlu diperhatikan agar penempatan ruangan tidak membuat rumah menjadi sempit. Anda bisa menyiasatinya dengan menjadikan ruang tamu sekaligus sebagai ruang keluarga.

  1. Pilih furniture yang sesuai

Untuk membuat rumah terasa lebih lapang, Anda harus pintar dalam memilih furniture yang akan ditempatkan. Biasakan untuk tidak membeli furniture dengan gegabah, perlu dipikirkan matang-matang dan dilakukan pengukuran agar pas di bagian rumah.

  1. Berikan sekat pemisah

Apabila banyak ruangan yang Anda jadikan 1 untuk menyiasati agar rumah terlihat lebih luas, maka Anda bisa menempatkan sekat pemisah agar ruangan yang tadinya menjadi 1 dapat terlihat seakan-akan terpisah. Namun, Anda juga harus memilih material sekat yang tidak terlalu tebal dan besar yang nantinya malah akan membuat rumah menjadi terlihat sempit.

Desain Rumah Minimalis 3 Kamar

Untuk Anda yang sedang mendesain rumah, tentunya Anda ingin nantinya Anda beserta keluarga nyaman tinggal di rumah. Apalagi bagi keluarga dengan rencana nantinya ada penambahan anggota keluarga baru, rumah dengan 3 kamar sepertinya sudah menjadi keharusan untuk dimiliki.


Bagaimana caranya mendesain rumah dengan 3 kamar namun tetap bergaya minimalis seperti yang sedang hits di masa kini? Berikut cara menyiasatinya.

  1. Buat desain menyerupai huruf L

Pada rumah dengan desain huruf L, bagian yang memanjang dipergunakan untuk ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Sedangkan bagian yang luas untuk 3 kamar tidur beserta kamar mandi. Untuk teras dan halaman bisa ditempatkan di bagian samping.

  1. Buat desain rumah memanjang

Desain rumah memanjang ini cocok untuk rumah dengan lahan terbatas, oleh karena itu hanya ada 1 kamar mandi. Ruang makan, dapur dan ruang keluarga pun berada dalam 1 area tanpa sekat.

  1. Mengubah kamar tidur menjadi ruang kerja

Kamar tidur bisa dialihfungsikan sebagai ruang kerja, hal ini cocok digunakan untuk Anda yang memiliki pekerjaan sebagai freelancer, pemilik toko online atau yang menyimpan banyak barang. Anda hanya perlu mencari cat yang cocok agar kamar menjadi lebih nyaman untuk bekerja. 

  1. Tempatkan dapur besar

Untuk Anda yang hobi memasak, tentunya memiliki dapur besar adalah impian. Memiliki rumah 3 kamar dengan dapur besar bisa didesain minimalis, dengan dapur yang terhubung dengan area outdoor sehingga asap tidak terperangkap di dalam rumah.

  1. Gunakan lemari built-in

Jika Anda bosan dengan furniture berbentuk langsung jadi, Anda bisa membeli lemari custom yang didesain built-in sehingga pas dengan bentuk ruangan rumah. Tentunya hal ini bisa membuat Anda lebih leluasa berkreasi dan memanfaatkan ruang yang ada di rumah. 

  1. Gunakan tempat tidur bertingkat untuk kamar anak

Bila nantinya Anda memiliki tambahan anak lebih dari 3, rumah dengan 3 kamar tidur masih bisa cocok untuk keluarga Anda. Bukan berarti Anda harus menambah bangunan kamar, namun Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan tempat tidur bertingkat, sehingga 1 kamar bisa diisi oleh 2 orang anak.


Baca Juga: Begini Tips Membuat Dapur Sederhana untuk Rumah Minimalis Anda

Desain Rumah Sederhana 2 Kamar

Selain rumah dengan 3 kamar, Anda juga bisa memiliki rumah dengan 2 kamar di kota. Rumah dengan 2 kamar tentunya dikhususkan untuk keluarga kecil dengan 1 orang anak. Dengan penataan yang baik, tentunya Anda dapat memiliki rumah minimalis sederhana dengan 2 kamar yang asri dan nyaman untuk keluarga.


Sebagai contoh misalnya, untuk memberikan kesan luas pada rumah, Anda bisa menggunakan konsep open space misalkan pada bagian dapur. Juga pada penggabungan bagian-bagian rumah lain seperti ruang tamu, ruang makan dan dapur sehingga rumah tampak lebih luas. Jangan lupa, penempatan tanaman hias di sudut-sudut rumah juga penting karena akan membuat rumah menjadi lebih hidup. Anda bisa juga menggunakan material kayu pada lantai yang akan menimbulkan kesan hangat dan juga menawan.


Jadi, itulah tips dan trik yang bisa diberikan bagi Anda yang ingin mendesain rumah agar rumah menjadi lebih asri, nyaman dan teratur dengan baik. Baik itu desain rumah sederhana 2 kamar maupun 3 kamar, bisa dibuat dengan baik sehingga memberi kesan luas, lega dan efektif pada penempatan ruangan-ruangannya. Selamat mencoba!


Mari kunjungi proyek kami:


Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].