MUSTIKALAND.CO.ID - Ingin memiliki rumah industrial yang minimalis, modern, low budget atau murah namun tetap nyaman ditinggali? Tak perlu khawatir, Jika Anda merasa bosan dengan desain rumah Anda yang monoton dan Anda berniat untuk merenovasi rumah, maka Anda bisa memilih rumah industrial sebagai konsep tempat tinggal Anda. Desain rumah industrial umumnya identik dengan interior pabrik yang populer di abad ke-19 silam. 

Seiring berjalannya waktu desain interior rumah industrial semakin menarik perhatian banyak orang. Meski tampilan yang dihadirkan rumah industrial terkesan ketinggalan jaman, namun desainnya yang tergolong unik justru membawa kehangatan tersendiri bagi pecintanya.

Seperti yang kita tahu, gaya rumah industrial memiliki tampilan desain yang jauh dari kata elegan, menawan atau cantik dna lebih menonjolkan desain yang apa adanya. Meski begitu, tampilan yang demikian ini masih tetap cocok berpadu dengan desain lain seperti tropis ataupun minimalis.

Mengenal Rumah Industrial

Belakangan konsep rumah industrial sedang menjadi tren, terbukti dengan banyaknya tempat yang mengadopsi konsep tersebut karena terlihat cukup unik dan menarik. Adapun tempat yang biasanya menerapkan konsep rumah industrial diantaranya cafe, restoran dan perkantoran. Mengingat konsep rumah industrial cenderung tampil apa adanya, maka desain gaya industrial lebih banyak menampilkan detail pada material yang terlihat terbuka seperti pemakaian bata ekspos, kayu, logam atau bahan bekas yang di daur ulang. 

Memilih Ide Desain Rumah Industrial

Jika Anda tertarik untuk mengadopsi konsep rumah industrial ke dalam hunian, tak perlu repot memilihnya. Karena kami akan memberikan Anda ide desain rumah industrial yang bisa disesuaikan dengan budget dan model favorit Anda. Sebelum benar-benar merealisasikan keinginan tersebut, yuk simak ide desain rumah industrial yang bisa Anda contek berikut ini.

Rumah Industrial Minimalis

Rumah Industrial Minimalis


Desain industrial menjadi salah satu konsep paling cocok untuk diaplikasikan pada rumah bergaya minimalis. Perpaduan warna serta dan penggunaan interior bergaya industrialis akan menciptakan suasana yang dinamis. Umumnya gaya industrial kental dengan warna-warna netral yang tak terlalu menonjol namun tampak tenang, seperti hitam dan abu-abu.

Meskipun rumah bergaya industrial terlihat maskulin namun penggunaan lebih maskulin dan dewasa bukan mengartikan gaya tersebut hanya dapat diterapkan kepada kaum laki-laki saja. Kalau anda merupakan wanita dengan kesukaan tampilan keren yang dewasa maka bisa juga memilih gaya industrial sebagai rancangan untuk interior rumah. 

Baca Juga: 8 Desain Rumah Jepang yang Cocok Diterapkan di Indonesia

Rumah Industrial Kecil

Rumah Industrial Kecil


Jika Anda memiliki tanah yang sempit, masih bisa menerapkan ide desain rumah industrial kecil. Luas tanah yang terbatas bukan mengartikan keterbatasan diri anda untuk bereksplorasi hingga sebanyak mungkin. Sebaliknya, adopsi gaya industrial bsa menyulap luas tanah yang kecil menjadi bangunan yang tampak lega serta menarik. 

Tampak luar pada bangunan yang terlihat seperti kumpulan balok membuat penampilan begitu karismatik. Nantinya pandangan terlihat jernih sebab tak terdapat satu pun ornamen yang akan menempel pada eksterior luar bangunan tersebut. Gaya ini juga bisa anda terapkan untuk rumah industrial 2 lantai. Sehingga meskipun tanahnya sempit, masih terdapat banyak ruang di bagian atasnya. 

Rumah Industrial Modern

Rumah Industrial Modern


Untuk menciptakan rumah industrial modern anda bisa menerapkan desain breeze blocks house. Hunian satu ini hadir dengan bentuk rumah atap dengan sudut curam yang membuat bingkai A. Selain itu terdapat kulit sekunder yang berasal dari blok cinder rancangan khusus sebagai fasad dengan bingkai Corten menonjol. Namun bagian itu berada di sekitar rangkaian rumah saja bukan seluruh bagian.

Blok angin bisa bertindak sebagai pendingin ruangan yang bersifat pasif. Selain itu fungsinya juga bisa mengurangi koneksi visual dari arah luar ke dalam dan tetap menjaga privasi penghuni dalam rumah. Unsur alam dapat mengambil bagian penting dari pasar sebab terdapat sepasang pohon dalam ruang diantaranya. 

Baca Juga: Jangan Asal Bangun! Intip Sketsa Desain Rumah Minimalis Impian di Tahun Ini!

Rumah Industrial Simpel

Rumah Industrial Simpel


Dengan luas bangunan sekitar 150 meter persegi, anda dapat menerapkan desain rumah industrial low budget berupa rumah lestari. Rumah industrial tersebut menyediakan ruang untuk kumpul keluarga dengan jumlah empat orang untuk area selebar itu. Lantai pertama dalam rumah didesain menggunakan konsep bernama open plan.

Dengan dinding rumah industrial yang transparan, bagian dalam ruangan terasa lebih lega serta terhubung bersama area luar. Dengan ruangan luar sebesar itu, para penghuni bisa merasa terhubung dengan alam sekitar. Jika memakai konsep redu house bersama tempa industrial, biaya konstruksi bisa berkurang sampai 40 persen daripada sistem konvensional umumnya. Desain rumah industrial murah tersebut dapat menjadi pilihan perumahan terjangkau untuk kelas menengah yang ada di tanah air.

Rumah Industrial Tropis

Rumah Industrial Tropis


Pilihan desain rumah dengan konsep industrial memang sedang menarik perhatian home decor. Terlebih kalau desain tersebut berpadu dengan adanya sentuhan bidang tropis. Pemilihan desain yang tepat akan menghasilkan hunian berkarakter dan nyaman ditinggali. Dengan tambahan tanaman tropis, Anda juga bisa merasakan kesejukan udara sekitar rumah.

Baca Juga: 10 Ciri Khas Rumah Gaya Eropa untuk Inspirasi Rumah Idamanmu

Untuk Anda yang ingin membangun rumah industrial 1 lantai, dapat mencontoh gaya konsep rumah industrial 1 lantai tersebut. Konsep rumah satu ini hadir dengan banyak bukaan untuk penghuninya. Proses perancangannya sendiri dilakukan secara bertahap sebab adanya keterbatasan di bidang biaya. Kendati demikian rumah bisa saja ditambahkan bangunannya menyesuaikan kemampuan dari segi pemilik rumah.

Anda juga bisa memilih plafon menggunakan beton. Banyak orang salah pemikiran mengenai konsep rumah industrial dengan mengaplikasikannya pada bagian dindingnya saja. Faktanya, semakin otentik bagian konsep rumah, secara otomatis makin tinggi pula nilai segi estetikanya. Agar kesan industrial kian maksimal, anda dapat memakai plafon dari bentuk. Selain itu anda bisa memilih cat rumah industrial dengan warna putih ataupun hitam.

Pilihan ide desain rumah industrial tersebut bisa anda tentukan berdasarkan beberapa aspek. Misalnya luas bangunan, rancangan favorit dan aspek lainnya untuk menghadirkan hunian idaman.

Mari kunjungi proyek kami:


Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.