MUSTIKALAND.CO.ID - Hunian terasa kurang lengkap kalau tidak menyediakan teras. Sebab, di tempat tersebut, pemilik rumah bisa duduk-duduk bersantai atau menerima tamu. Kalau kamu sedang membangun rumah tapi ingin yang tidak terlalu berlebihan, ada beberapa desain teras rumah sederhana tapi elegan yang dapat diaplikasikan. 


Sebenarnya, bagian rumah satu ini tidak perlu terlalu besar. Asalkan tertata rapi dan dihias supaya cantik, itu sudah menarik. Kalau kamu ingin mencoba mendesainnya, ada sejumlah rekomendasi model teras rumah cantik namun sederhana yang bisa dicontek. Berikut contohnya. 

Menghias Tanaman Hijau demi Kesegaran 


Supaya teras terlihat lebih cantik dan unik, kamu bisa meletakkan beberapa tanaman. Boleh dedaunan biasa atau bunga yang warna-warni. Untuk peletakannya sendiri, kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi teras. Kalau ukuran teras cukup besar, bisa meletakkan banyak tanaman. Apabila ukuran teras tidak terlalu besar, letakkan tanaman secukupnya saja. 

Gunakan Kendi Sebagai Pot Tanaman 

Apabila kamu ingin membuat tanaman di teras terlihat berbeda, ada yang bisa dilakukan nih. Yakni jadikan kendi sebagai pot tanaman. Kamu boleh membiarkan warna pot sesuai aslinya atau ingin mengecatnya supaya lebih fresh. Namun perlu diingat, sesuaikan ukuran kendi dengan besarnya tanaman, ya. Kalau tanaman sudah cukup besar, segera ganti kendinya. 

Letakkan Kursi Estetik Pada Teras 

Cara selanjutnya adalah dengan meletakkan kursi sejumlah satu atau dua buah tergantung kebutuhan. Supaya lebih menarik, pilih model kursi yang estetik, contohnya kursi kayu seperti gambar di atas. Jangan lupa juga tambahkan satu meja kecil sebagai tempat untuk gelas atau asbak apabila kamu ingin nongkrong. 

Memberi Rumput Sintetis 

Tanaman dan kursi sudah ada di teras tapi tetap merasa kurang? Tenang, kamu bisa menambahkan rumput sintetik pada bagian bawah kursi. Selain teras akan tampak lebih cantik, rumput sintetik ini berfungsi sebagai pengganti karpet. Sehingga, kaki kamu akan merasa lebih hangat ketika berada di teras. Selain itu, tak perlu lagi untuk mencuci karpet. 

Memberi Kursi Gantung Pada Teras 

Kalau tadi ada kursi biasa, sekarang ada kursi gantung yang dapat kamu letakkan di teras. Sebagai pelengkapnya, kamu bisa memberikan bantal di atas kursinya. Lalu, tambahkan meja dan hiasan lainnya supaya teras bisa terlihat lebih fancy dan comfy sebagai tempat nongkrong. Akan tetapi, desain ini hanya cocok untuk rumah yang terasnya berukuran cukup besar. 

Kombinasi Tempat Duduk dan Tanaman Hias 

Sekarang kamu juga bisa mengkombinasikan antara tempat duduk dan juga tanaman hias di teras rumah. Untuk peletakannya, bisa kamu sesuaikan dengan keinginan. Hal yang perlu dicatat adalah jangan sampai tempat duduk terlalu berdekatan dengan tanaman, supaya tak terlalu sempit. 

Berikan Hiasan Berornamen 

Ingin yang lebih sederhana lagi? Mungkin kamu bisa menambahkan hiasan dengan ornamen-ornamen cantik. Contohnya seperti gambar di atas ini. Ornamen memberikan kesan elegan dan tidak membuat teras terlihat penuh. Warna putihnya pun juga cocok dengan kondisi rumah dan tak terlalu mencolok. 

Mengaplikasikan Dinding Berornamen 

Desain teras rumah cantik lainnya bisa dengan menambahkan dinding berornamen. Tampilan seperti ini akan membuat teras menjadi lebih fresh dan berbeda dengan lainnya. Tak perlu di semua sisi, kamu bisa menerapkan dinding ini di satu bidang saja supaya tidak berlebihan. Kalau bisa, warna dari dinding ornamen ini disamakan dengan warna tembok rumah. 

Menambahkan Pagar dan Kanopi 

Untuk teras rumah masa kini yang estetik, kamu bisa menambahkan pagar. Ini tak sekadar hiasan, pagar difungsikan untuk melindungi anak-anak yang sedang bermain di teras supaya tidak langsung keluar rumah. Kamu juga bisa menambahkan kanopi agar tampilan teras terlihat lebih elegan dan berbeda dengan lainnya.

Memberikan Kolam Ikan di Dekat Teras 

Desain teras rumah sederhana tapi elegan lain yang bisa kamu terapkan adalah memberikan kolam ikan di sudut dekat teras. Atur sedemikian rupa supaya kamu bisa memandang kolam ikan. Pengaplikasian kolam ini akan membuat siapa saja betah berada di teras. Namun, dengan desain ini, kamu harus lebih rajin untuk membersihkannya supaya kolam tetap bersih dan ikan selalu sehat. 

Memberikan Taman Kecil dekat Teras 

Kalau tadi ada kolam, sekarang ada taman yang bisa ditambahkan dekat teras. Bisa berupa taman apa saja, boleh tanaman hias yang lagi hits beberapa tahun terakhir ini, bisa juga bunga warna warni yang bikin mata segar. Tidak perlu terlalu besar untuk tamannya, yang penting bisa membuat kamu yang duduk di teras nyaman melihatnya. 

Menjadikan Garasi Sebagai Teras 

Untuk kamu yang tidak punya banyak space untuk teras, ada cara yang dapat dilakukan nih. Yaitu menjadikan garasi sebagai teras rumah. Seperti gambar di atas, kamu bisa meletakan kursi dan meja kecil untuk tempat nongkrong. Walaupun sederhana, tapi desain ini cukup membuat kamu nyaman karena bisa melihat area luar rumah. 

Teras dengan Desain Rustic 

Ada lagi desain yang tak kalah menarik. Yaitu menerapkan gaya rustic pada teras rumah. Kamu bisa menerapkan warna monokrom pada hiasan dan furniture yang ada di teras rumah. Untuk kursi, kamu pilih sofa yang agak panjang supaya terlihat menarik. Kemudian untuk lantainya, pilih yang terbuat dari kayu dan warnanya sesuaikan dengan tema.


Beberapa teras rumah sederhana tapi elegan di atas bisa banget untuk kamu jadikan referensi. Semuanya indah dengan ciri khas masing-masing. Apabila kamu ingin mulai mendesain, perlu diingat bahwa teras harus disesuaikan dengan kondisi rumah. Ini dilakukan supaya teras tidak terlihat terlalu mencolok dan masih nyambung dengan tema hunian. Kira-kira, kamu mau memilih desain yang mana nih?

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perumahan Mustika Land silahkan hubungi kami:
Mustika Care
: 0812-8006-5200 (WhatsApp)