MUSTIKALAND.CO.ID - Belakangan ini, penggunaan material kayu sebagai interior rumah cukup banyak digemari. Apalagi, interior rumah kayu dapat memberikan kesan hangat dan nyaman di dalam rumah. Belum lagi, bahan alami tersebut memiliki daya tarik tersendiri yang membuat rumah tampak cantik dan aestetik. Tidak mengherankan jika tidak sedikit orang yang memimpikan rumah dengan material ala mini sebagai hunian idaman mereka.

Selama Anda memilih material dengan kualitas yang tepat, rumah tersebut tidak hanya terlihat cantik, tetapi juga dapat bertahan dalam waktu yang lama. Selain itu, ada banyak kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan material kayu sebagai interior rumah Anda. Pilihan desainnya pun cukup beragam, lho. Berikut beberapa di antaranya:

Kelebihan Rumah Kayu

Kelebihan Rumah Kayu

Rumah yang menggunakan kayu sebagai material bangunannya ataupun sebagai elemen pelengkap memiliki cukup banyak kelebihan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Nilai Estetika yang Tinggi 

Meskipun terkesan polos, penggunaan kayu sebagai material pembangun ataupun interior desain memiliki karakteristik tersendiri. Apalagi, setiap kayu memiliki corak, warna, dan desain yang berbeda. Apabila disatukan menjadi rumah kayu, makan rumah tersebut akan terlihat cantik, unik, dan memiliki estetika yang tinggi.

Kokoh dan Kuat

Kayu juga dikenal sebagai material alami yang kokoh dan kuat. Apalagi, apabila Anda memilih kualitas yang terbaik, maka daya pakainya pun akan semakin lama dan tidak kalah daripada material konkrit seperti beton. Bahkan, rumah berbahan kayu tidak memerlukan banyak perawatan dan tidak perlu terlalu sering diperbaiki. Tidak mengherankan jika beberapa rumah memilih batang kayu berkualitas tinggi sebagai penyangga rumah mereka. Tidak sedikit juga yang menjadikan material kayu sebagai dinding maupun lantai rumah mereka.

Ramah Lingkungan

Sudah bukan rahasia lagi apabila rumah dengan material alami jelas lebih ramah lingkungan. Material kayu cenderung tidak menyisakan banyak limbah bekas pembangunan yang susah diuraikan. Selain itu, struktur kayu pada dasarnya dapat membantu penyerapan karbondioksida yang ada di lingkungan sekitar rumah kayu tersebut, lho.

Lebih Ekonomis

Harga kayu memang cenderung lebih mahal, terutama jika Anda memilih kayu berkualitas tinggi. Meskipun demikian, total biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun rumah kayu bisa dibilang sama banyaknya atau bahkan lebih sedikit dibandingkan rumah yang menggunakan material konkrit. 

Alasannya, proses pembuatan rumah berbahan batu ataupun beton cenderung membutuhkan waktu yang lama, mulai dari perencanaan, pembangunan, penataan, hingga pengecatan. Oleh karena itu, biaya operasional untuk ongkos harian tukang dan pembelian material lainnya juga cukup besar dan bisa saja membengkak dari budget awal. Lain halnya dengan rumah kayu yang cenderung lebih gampang dan cepat disusun.

Baca Juga: 6 Inspirasi Desain Ruang Keluarga Minimalis, Bikin Keluarga Anda Makin Harmonis

Inspirasi Interior Rumah Kayu

Inspirasi Interior Rumah Kayu

Kelebihan lain dari rumah kayu adalah tersedianya banyak inspirasi desain interior yang bisa Anda terapkan. Menariknya lagi, desain interior rumah yang paling sederhana pun akan terlihat cantik selama ada material kayu di dalamnya, lho. Ini dia beberapa contoh inspirasi desain interior yang bisa Anda terapkan pada rumah kayu impian Anda.

Interior Rumah Kayu Klasik

Interior Rumah Kayu Klasik

Hampir semua rumah tempo dulu dibangun dari material kayu. Nah, Anda bisa loh meniru konsep bangunan kuno tersebut untuk membangun rumah kayu bergaya klasik yang tentunya akan memberikan karakter yang khas pada rumah Anda. Untuk memberikan kesan yang klasik, Anda bisa menggunakan kayu rustic yang terkesan kusam namun berkualitas tinggi. Anda juga bisa membangun rumah panggung yang sepenuhnya terbuat dari kayu. Selama dapat mendesainnya dengan apik, rumah kayu klasik semacam itu justru akan terlihat estetik dan modern, lho.

Baca Juga: Renovasi Rumah Type 36: Trik Membangun, dan Inspirasi Desain Terbaik

Interior Rumah Kayu Modern

Interior Rumah Kayu Modern

Pilihan desain interior rumah kayu modern juga banyak, lho. Anda bisa memasang palet kayu pada beberapa bagian rumah seperti tangga, dinding, atap, ataupun lantai rumah yang kemudian dipadukan dengan warna putih ataupun krem. Agar tampak lebih modern, penggunaan jendela kayu berukuran besar yang memberikan banyak pencahayaan juga ide yang bagus, lho.

Interior Rumah Kayu Mewah

Bagi Anda yang menyukai kesan mewah, siapa bilang Anda tidak dapat menjadikan material kayu sebagai pilihan? Anda bisa memanfaatkan kayu dengan warna yang lebih gelap sebagai aksen focal point. Selain itu, Anda juga bebas menentukan material pendamping yang dapat memberikan kesan mahal dan mewah, seperti stainless steel atau besi. Penambahan cahaya buatan juga akan memberikan kesan elegan tersendiri pada rumah Anda.

Interior Rumah Kayu Sederhana 

Desain interior kayu khas Skandinavia sangat cocok untuk Anda yang menyukai desain yang sederhana, lho. Lantai kayu yang berwarna muda dipadukan dengan furnitur-furnitur DIY juga sangat cantik. Anda juga bisa menambahkan material-material rustic yang masih kasar untuk menciptakan kesan log house di pedesaan Eropa yang sederhana namun nyaman.

Itulah beberapa kelebihan dan inspirasi interior rumah kayu yang bisa Anda terapkan. Desain apa pun yang nantinya akan Anda gunakan pastinya akan terlihat menarik dan nyaman untuk ditinggali selama Anda memilih kualitas kayu yang bagus. Selain itu, pastikan rumah tersebut mendapat udara dan pencahayaan yang bagus sehingga tidak mudah lembab.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.