MUSTIKALAND.CO.ID - Pada umumnya, bagian dalam dari sebuah rumah terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga serta ruang makan. Untuk membatasi setiap area, ketiga ruangan tersebut biasanya dipisahkan dengan dinding tembok, sekat maupun partisi.

Namun, untuk sebuah rumah minimalis menggunakan partisi sebagai pembatas ruangan menjadi alternatif yang paling banyak digunakan. Dengan menggunakan partisi yang tepat, ruangan akan terlihat lebih luas serta estetika.

Berikut adalah beberapa jenis partisi ruangan untuk rumah minimalis yang dapat Anda terapkan dalam hunian Anda.

Partisi Ruangan dari Kaca


Partisi Ruangan dari Kaca

Salah satu material yang lazim digunakan untuk membatasi sebuah ruangan adalah partisi kaca. Material ini banyak digunakan karena kaca tergolong kuat, tebal, dan tidak mudah rusak. Selain itu kaca tersedia dalam berbagai desain sehingga mampu membuat tampilan ruangan menjadi lebih menarik.

Tak hanya digunakan sebagai partisi ruangan dalam rumah, partisi kaca juga dapat digunakan pada ruangan kantor. Sifatnya yang semi permanen membuat biaya pemeliharan serta renovasi menjadi lebih murah. Tak hanya berbentuk transparan, buram atau bertekstur partisi kaca juga dapat dikombinasikan dengan kayu atau material lainnya.

Baca Juga: 11 Desain Keren Partisi Minimalis, Buat Ruangan Jadi Lebih Manis!

Partisi Ruangan dari Cermin


Partisi Ruangan dari Cermin

Pemilik hunian minimalis pasti menginginkan ruangan yang terkesan luas serta terang, karena itu penggunaan partisi cermin sangat disarankan. Cermin memiliki sifat memantulkan cahaya, sehingga pada siang hari ruangan menjadi terang meskipun dengan sedikit cahaya matahari.

Agar tidak terlihat rapuh, cermin dapat dikombinasikan dengan material besi maupun kayu. Selain difungsikan sebagai penyangga, material ini mampu meningkatkan keunikan serta keindahan dari partisi cermin itu sendiri.

Partisi Ruangan dari Besi


Partisi Ruangan dari Besi

Beberapa desain interior kini mulai berani menggunakan partisi besi sebagai penyekat ruang pada rumah minimalis. Meskipun tebal dan berat, partisi besi cocok digunakan di rumah minimalis karena desainnya dapat menyesuaikan dengan ukuran ruangan.

Besi hollow frame merupakan material yang banyak digunakan untuk partisi karena mudah dibentuk dan dapat dikombinasikan dengan multiplek, kayu dan glasswool. Untuk perawatannya pun cukup mudah yaitu dengan lap kering seluruh permukaan yang terkena debu secara rutin.

Baca Juga: 6 Inspirasi Desain Ruang Keluarga Minimalis, Bikin Keluarga Anda Makin Harmonis

Partisi Ruangan dari Rotan


Partisi Ruangan dari Rotan

Dibanding menggunakan material dari kayu, beberapa pemilik hunian memilih material rotan untuk digunakan sebagai partisi. Partisi rotan memiliki ciri yang unik yaitu berbentuk anyaman, bersifat semi transparan serta terbuat dari bahan alami.

Untuk pemeliharaannya, partisi rotan sangat mudah diperbaiki dan dilapisi menggunakan cat baru jika terjadi kerusakan. Tak hanya menggunakan cat berwarna coklat, partisi rotan dapat juga diwarnai dengan warna pastel seperti lilac, putih dan pink untuk ruangan berkonsep shabby chic.

Partisi Ruangan dari Kayu Berbentuk Rak Multifungsi


Partisi Ruangan dari Kayu Berbentuk Rak Multifungsi

Partisi berbentuk rak memiliki fungsi ganda yaitu sebagai pembatas antar ruang serta dapat digunakan sebagai tempat untuk meletakkan hiasan seperti buku, bingkai foto maupun tanaman hias. Partisi bentuk ini biasanya banyak diletakkan diantara ruang tamu dengan ruang keluarga, atau antara ruang makan dengan dengan ruang keluarga.

Penggunaan partisi berbentuk rak sengaja digunakan pada rumah minimalis untuk memberikan kesan modern serta dekoratif. Selain itu partisi ini juga digunakan untuk mengarahkan lalu lintas di dalam rumah sehingga letak ukurannya harus disesuaikan dengan bentuk ruangan.

Sebagai tambahan, untuk rumah dengan ukuran ruangan yang terbatas seperti 3 x 3 atau 3 x 4 maka sebaiknya gunakan partisi yang mudah digeser maupun digerakan. Partisi dengan jenis ini sifatnya semi permanen, sehingga ketika membutuhkan ruang besar untuk acara tertentu pembatas ruangan tersebut dapat dipindahkan terlebih dahulu.

Mustika Village Sukamulya merupakan perumahan yang menawarkan berbagai macam rumah dengan desain minimalis. Terinspirasi dari rumah bergaya Jepang, perumahan yang terletak di pinggiran Jawa Barat ini sangat cocok jika ditambahkan partisi antara ruang utamanya.

Bahkan untuk pembelian unit  siap bangun, Mustika Village Sukamulya menawarkan desain menarik termasuk pemilihan partisi yang disesuaikan dengan fungsi serta selera dari konsumen. Jadi tunggu apalagi? Miliki hunian impian dengan desain, harga dan tren terbaru di tahun 2021.


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.