MUSTIKALAND.CO.ID - Merawat tanaman hias hidroponik di dalam rumah bisa menjadi salah satu hiburan untuk melepas penat. Selain dapat mengalihkan fokus untuk sesaat, Anda juga dapat merasakan kebahagiaan saat menikmati dedaunan dan bunga-bunga cantik yang menghiasi rumah Anda. 

Apalagi, tanaman hidroponik juga dapat digunakan sebagai tanaman hias untuk meningkatkan kualitas udara di dalam rumah, loh. Itulah mengapa, jumlah orang yang menggandrungi berbagai jenis tanaman hidroponik tidaklah sedikit.

Tanaman hias hidroponik rumahan memiliki banyak keunggulan. Selain mudah dirawat, Anda tidak perlu lagi repot-repot menggunakan media tanam tanah yang cenderung dapat mengotori rumah. 

Apalagi, media tanam hidroponik lebih jarang mengundang binatang tanah ataupun mikroorganisme yang berbahaya bagi kesehatan. Pupuk tanaman hias hidroponik pun lebih higienis dan mudah untuk didapatkan.

Nah, berikut beberapa contoh tanaman hidroponik yang paling banyak direkomendasikan untuk ditanam di dalam ruangan.

Aglaonema


Tanaman Aglaonema

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman aglaonema, atau yang lebih terkenal dengan nama “sri rejeki”. Tanaman satu ini bisa Anda temukan di hampir semua rumah tetangga atau kerabat Anda. Tanaman yang terdiri dari berbagai jenis dan corak daun ini akan terlihat sangat cantik apabila diletakkan di salah satu sudut rumah Anda. 

Selain tidak memerlukan banyak cahaya matahari, tanaman sri rejeki juga bisa ditanam dengan media tanam apa saja. Keunggulan lain dari tanaman hias satu ini adalah kemampuannya dalam menyerap racun atau polusi udara lain yang tersebar di dalam rumah.

Anggrek


Tanaman Anggrek

Bunga yang cocok untuk hidroponik ini sangat cocok apabila Anda pajang di teras rumah Anda. Bukan rahasia lagi kalau anggrek merupakan salah satu bunga yang paling cantik dan disukai oleh sebagian besar orang. Apalagi, setiap jenis anggrek memiliki pesona, warna, dan bentuk bunga yang berbeda. 

Anda pun dapat memilih media tanam apa pun yang menurut Anda dapat menambah keindahan tanaman ini, misalnya saja arang, sabut kelapa, kayu pakis, batu, hingga pecahan genting. Hanya saja, harga tanaman anggrek memang tergolong lebih mahal dan sulit untuk didapatkan dibandingkan tanaman-tanaman hias lainnya.

Lidah Buaya


Tanaman Lidah Buaya

Tanaman hias hidroponik yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dan gratis adalah lidah buaya. Sebagian besar orang cenderung membiarkan tanaman ini tumbuh di halaman rumah mereka begitu saja, padahal Anda sangat bisa loh menjadikan tanaman lidah ini sebagai tanaman hias yang tidak kalah cantiknya dibandingkan kaktus apabila ditanam dengan menggunakan media tanam arang sekam, cocopeat, atau hidrogel. 

Perawatan tanaman hias yang pada dasarnya tidak membutuhkan banyak air ini juga tergolong mudah. Anda hanya perlu menyiramnya ketika media tanamnya sudah mulai tampak kering saja. Selain itu, gel lidah buaya juga memiliki banyak manfaat, baik untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh.

Sirih Gading


Tanaman Sirih Gading

Bagi Anda yang menginginkan tanaman hias gantung hidroponik, maka tanaman sirih gading sangat cocok untuk Anda. Apalagi, sri gading merupakan salah satu tanaman yang dapat bertahan hidup di media tanam apa saja. Tanaman rambat satu ini akan terlihat sangat cantik apabila Anda gantungkan dan rambatkan di mana saja. Jika tidak ingin ribet, Anda bahkan bisa saja meletakkan tanaman ini di dalam gelas berisi air dan menggantungkannya di sudut rumah Anda.

Bambu Rejeki


Tanaman Bambu Rejeki

Jenis tanaman hias dengan media air lainnya adalah bambu rejeki atau yang juga dikenal dengan nama bambu keberuntungan atau bambu hoki. Tanaman yang cukup digemari di negara-negara Asia Timur ini dipercaya dapat membawa keberuntungan apabila diletakkan di dalam rumah. 

Perawatannya pun cukup mudah dan murah. Anda hanya perlu menempatkannya di dalam pot keramik atau gelas kaca yang berisikan air bersih. Meskipun demikian, pastikan Anda tidak memberinya air yang berlebihan untuk menjaga umur bambu rejeki karena tanaman ini pada dasarnya tidak memerlukan banyak air.

Bunga Matahari


Tanaman Bunga Matahari

Tanaman bunga yang cocok untuk hidroponik lainnya adalah bunga matahari. Bunga yang biasa ditemukan di lahan yang luas ini ternyata juga bisa tumbuh dengan media tanam arang sekam ataupun pasir malang sebagai pengganti tanah. Sayangnya, bunga ini membutuhkan sinar matahari penuh sehingga tidak dapat ditempatkan di dalam ruangan. Meskipun demikian, tanaman ini sangat cocok untuk mempercantik teras atau balkon rumah Anda, loh.

Itulah beberapa contoh tanaman hias hidroponik yang dapat Anda tanam di rumah. Perawatannya yang mudah itu cocok sekali untuk Anda yang tidak punya banyak waktu tetapi membutuhkan aktivitas tambahan untuk mengalihkan pikiran. Tanaman mana dulu yang akan mulai Anda tanam?

Memiliki hunian yang asri dan nyaman adalah desain rumah yang paling dicari oleh keluarga muda. Apalagi dengan fasilitas lengkap, ramah lingkungan, dan mengedepankan kenyamanan tentu menjadi impian besar bagi setiap keluarga.

Mustika Village Sukamulya akan mewujudkan impian Anda tersebut melalui berbagai tipe rumah Ueno, Shibuya, hingga Ginza. Rumah berdesain minimalis serta harga yang terjangkau menjadi pilihan #1 bagi keluarga muda hari ini.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.