MUSTIKLAND.CO.ID - Salah satu fungsi utama genteng tentunya adalah untuk melindungi rumah dari panas dan hujan. Itulah mengapa Anda perlu genteng yang berkualitas tinggi sehingga kuat terhadap paparan terik matahari, guyuran hujan, maupun amukan badai. Untuk memberikan rasa nyaman dan aman, genteng tersebut sebaiknya juga harus bisa membuat rumah terasa sejuk dan kedap suara.

Selain memberikan perlindungan kepada penghuni rumah, genteng juga berperan penting untuk membuat rumah tampak cantik, lho. Pemilihan bentuk, warna, dan jenis genteng yang tepat akan sangat mempengaruhi gaya rumah Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencari tahu genteng macam apa yang paling tepat untuk rumah impian Anda. Untuk itu, pelajari terlebih dahulu jenis maupun bentuk genteng sebelum memasangnya di rumah Anda.

Bentuk Genteng

Bosan dengan bentuk genteng yang itu-itu saja? Nyatanya, ada berbagai macam desain genteng dalam berbagai bentuk yang bisa Anda gunakan untuk membangun rumah impian Anda, lho. Bentuknya pun bisa Anda sesuaikan dengan model rumah yang Anda idamkan selama ini. Berikut beberapa bentuk genteng yang paling populer saat ini:

Saw-tooth


Genteng Berbentuk Saw Tooth

Genteng saw-tooth cocok untuk Anda yang menginginkan bentuk genteng unik dengan pola yang rumit. Genteng skillion yang disusun secara paralel ini memiliki repetisi bentuk yang menarik dan cocok untuk diaplikasikan pada rumah kontemporer. Menariknya lagi, Anda bisa juga memodifikasi dinding pada sisi genteng saw-tooth yang lebih tinggi agar lebih menarik, misalnya saja dengan menambahkan jendela kaca berukuran besar.

Genteng Gable


Genteng Gable

Genteng gable merupakan salah satu geble yang efisien dan cukup fungsional. Apalagi, genteng yang juga disebut sebagai atap pelana karena bentuknya ini sangat ideal untuk atap rumah karena bisa membuat air hujan mengalir dengan baik tanpa menggenang di atasnya sama sekali. Karena itulah, atap rumah berbentuk gable ini cukup banyak digunakan pada rumah-rumah di seluruh dunia.

Genteng Hip


Genteng Hip

Bentuk genteng lain yang cukup umum digunakan di berbagai model rumah adalah genteng hip. Genteng yang sering disebut sebagai atap perisai ini bentuknya tidak jauh berbeda dengan genteng gable, lho. Hanya saja, genteng model ini membagi keseluruhan atap rumah menjadi empat sisi miring.

Genteng Flat


Genteng Flat

Belakangan ini, genteng flat cukup populer digunakan pada bangunan-bangunan modern, mulai dari rumah tempat tinggal hingga gedung tinggi. Model atap rumah semacam ini akan membuat rumah terlebih lebih cantik dan memberikan kesan yang lebih kontemporer.

Jenis Genteng

Selain harus menentukan bentuk genteng, Anda juga perlu menentukan jenis genteng macam apa yang akan digunakan. Selain genteng yang terbuat dari tanah liat ataupun genteng seng, ada cukup banyak lagi pilihan genteng yang tersedia sehingga sering membuat Anda bingung dalam memilihnya. Berikut beberapa jenis yang paling sering direkomendasikan.

Genteng Kaca


Genteng Berbahan Kaca

Genteng kaca sangat cocok digunakan pada bentuk genteng flat untuk memberikan kesan modern dan aestetik. Meskipun demikian, genteng jenis ini jarang digunakan di keseluruhan rumah. Karena kaca tergolong ringkih, kaca yang digunakan biasanya harus tebal dan tidak mudah retak meski diinjak. Harganya pun tidaklah murah. Itulah mengapa atap kaca ini biasanya hanya digunakan pada area tertentu saja yang membutuhkan penerangan alami.

Genteng Keramik


Genteng Berbahan Keramik

Meskipun dinamakan genteng keramik, genteng jenis ini pada dasarnya dibuat dari tanah liat sebagaimana genteng-genteng pada umumnya. Genteng ini tergolong kuat dan tahan lama hingga dapat menahan berat badan manusia. Pada proses akhir pembuatannya, genteng jenis ini diberi tambahan lapisan pewarna glarzur yang membuatnya berbeda dari genteng pada umumnya. 

Genteng Metal


Genteng Berbahan Metal

Pilihan jenis genteng lainnya yang tidak hanya kuat tetapi juga dapat mempercantik rumah Anda adalah genteng berbahan logam atau yang lebih dikenal sebagai genteng metal. Genteng ini berbentuk lembaran yang mirip seng yang harus ditanam pada balok gording rangka atap dengan sekrup. Karena ukurannya yang lebar, Anda tidak memerlukan material dalam jumlah besar sehingga lebih hemat. Pemasangannya pun tergolong mudah dan cepat.

Genteng Beton


Genteng Berbahan Beton

Jika dilihat sekilas, bentuk genteng beton tidak jauh berbeda dengan genteng tanah liat. Meskipun demikian, warnanya cenderung lebih kalem dan modelnya juga cukup banyak pilihan sehingga cocok dipasang pada rumah bertema minimalis. Kualitasnya tentu saja telah teruji awet dan tahan dalam berbagai cuaca.

Genteng Kayu Uli


Genteng Berbahan Kayu Uli

Genteng yang terbuat dari bahan kayu uli biasanya dapat ditemukan pada rumah-rumah mengusung konsep sederhana ataupun tradisional. Bentuknya yang panjang dengan ujung lancip berbentuk segitiga tersebut memberikan kesan alami yang unik pada rumah Anda. Selain itu, genteng jenis juga dapat mengalirkan sirkulasi udara yang baik, lho.

Genteng Monier


Genteng Berbahan Monier

Standar kualitas genteng monier dapat dikatakan lebih tinggi dari model genteng lainnya. Dengan ukuran panjang 42 cm, lebar 33 cm, berat pada 5,2 kg/keping membuat genteng monier dapat memberikan perlindungan yang maksimal. Tak hanya itu, genteng monier dibuat dengan teknologi True Flat yang menjamin bentuknya presisi sehingga jika dipasang terlihat konsisten dan sempurna.

Itulah beberapa bentuk dan jenis genteng yang cukup populer belakangan ini. Apalagi, genteng-genteng yang dijelaskan di atas dapat membuat tampilan rumah Anda berbeda dengan rumah-rumah pada umumnya.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.