MUSTIKALAND.CO.ID - Setiap bangunan memiliki fungsinya sendiri, namun bagi orang awam bagunan atau gedung bertingkat punya fungsi yang sama. Tahukah Kamu bahwa mengenali perbedaan dari setiap bangunan seperti gedung apartemen, kondominium, dan flat sangat penting sehingga Kamu tidak dianggap kurang pengetahuan di era modern seperti sekarang ini. Jadi Kamu perlu memahami betul perbedaan ketiganya terlebih bagi Kamu yang sangat tertarik untuk mempelajari macam properti, fungsinya dan mungkin juga berbisnis.


Bisnis properti menjadi pilihan yang menarik untuk banyak orang sehingga tidak sedikit pula yang berinvestasi pada gedung apartemen, kondominium dan flat. Namun, sebelum memutuskan untuk berinvestasi ada baiknya jika mengetahui perbedaannya bukan? Tenang, jika belum tahu betul, tidak perlu khawatir! Kali ini, kami akan memberikan informasi sekaligus memberikan penjelasan singkat mengenai fungsi dari masing-masing gedung sesuai dengan namanya. Yuk simak bersama ulasan menariknya berikut ini!

  1. Apartemen

Apartemen

Pengertian


Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi atau pengertian gedung apartemen atau apartemen adalah tempat tinggal yang terdiri atas ruang duduk, kamar tidur, kamar mandi, dan sebagainya yang ada pada satu lantai bangunan. Sehingga bisa disimpulkan, definisi apartemen adalah merupakan satu lantai yang multifungsi karena Kamu bisa melakukan banyak hal dalam satu lantai saja. Tidak heran jika banyak orang memilih gedung apartemen sebagai tempat tinggal dibandingkan tempat lainnya.

Karakteristik


Seperti yang Kamu bayangkan, karakteristik apartemen dibangun vertikal lebih dari dua lantai. Setiap lantainya memiliki beberapa unit hunian yang bisa disewa maupun beli. Biasanya apartemen dibangun pada tempat atau lokasi strategis lagi mewah misalnya saja dekat dengan berbagai fasilitas umum, gedung perkantoran dan infrastruktur. Biasanya, bangunan apartemen ini dibuat sangat kuat sehingga dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama bahkan tahan akan cuaca ekstrim yang melanda.

Fungsi


Setiap bangunan tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda begitu pula dengan apartemen. Fungsi utama sebuah apartemen adalah sebagai tempat tinggal sehingga biasanya pihak pendiri apartemen akan memberikan berbagai macam fasilitas pendukung lainnya agar penyewa maupun pembeli apartemen tersebut merasa nyaman selama berada di lingkungan apartemen. 


Selain itu, apartemen juga memiliki fungsi lain yakni pendukung dan pelengkap seperti hiburan, mengaplikasikan hobi hingga mendapatkan fasilitas ruang publik, kebersihan bahkan juga keamanan. Sehingga, tidak sembarang orang dapat memasuki area apartemen. Oleh karena itulah, apartemen termasuk salah satu hunian mewah.

  1. Kondominium

Kondominium

Pengertian


Berbeda dengan gedung apartemen yang suda cukup familiar, tidak sedikit dari Kamu pasti baru pertama kali mendengar atau membaca istilah kondominium sehingga belum mengerti betul pengertian hingga fungsinya. Kondominium berasal dari bahasa Inggris condominium yang merupakan gabungan dari kata latin “con” yang artinya bersama atau bergabung dengan “donium” yang berarti kepemilikan atau pengendalian.

Bukan Jenis Hunian!


Selain belum mendengar, mungkin banyak dari Kamu yang salah mengartikan bahwa kondominium merupakan jenis hunian. Ternyata persepsi ini kurang tepat dan inilah yang membedakannya dari apartemen. Kondominium sebenarnya adalah bentuk lain dari hak guna perumahan atau ihwal kepemilikan yang biasanya dikenal sebagai hak guna suatu bangunan atas rumah susun. Penekanan hak inilah yang membedakannya bukan pada fisik bangunan itu sendiri.

  1. Flat

Flat

Pengertian


Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, flat adalah tempat tinggal yang terdiri atas ruang duduk, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur, dibangung secara berderet-deret (bergandeng-gandeng) pada setiap lantai bangunan bertingkat; apartemen; rumah pangsa; bangunan bertingkat, terbagi dalam beberapa tempat tinggal (masing-masing untuk satu keluarga). Ungkapan flat ini sangat jarang digunakan di Indonesia dan cenderung sering digunakan pada negara lain seperti Inggris, Amerika Utara hingga Asia Tenggara. Pada dasarnya apartemen dan flat memiliki karakteristik dan fungsi yang sama layaknya apartemen.

Perbedaan di Setiap Negara


Pengertian flat di setiap negara berbeda tergantung pada penduduk setempat yang menggunakannya. Dikutip dari dekoruma.com, di negara Malaysia misalnya, istilah flat ini kerap diremehkan karena mengacu pada unit hunian vertikal yang digunakan oleh kalangan menengah ke bawah sehingga kerap juga disematkan sebagai rumah susun sedangkan apartemen berfungsi sebaliknya yakni hunian kelas atas atau elit. Jika di Indonesia justru banyak yang berspekulasi bahwa kondominium merupakan hunian vertikal yang elit dan memiliki level yang lebih tinggi dari apartemen. Singkatnya, tinggal di kondominium lebih bergengsi dibanding apartemen.


Lain lagi di Korea, di negara Oppa ini sebagian besar warganya justru lebih memilih tinggal di gedung apartemen ketimbang tinggal di rumah. Harga rumah yang gak karuan mahalnya menjadi salah satu alasan bagi warga Korea memilih tinggal di apartemen.


Nah, itulah berbagai pengertian dan perbedaan dari gedung apartemen, kondominium, dan juga flat apartemen. Kini, Kamu tidak perlu khawatir lagi jika ada orang yang bertanya perbedaan ketiganya. Semoga setelah ini, pengetahuanmu tentang dunia properti akan semakin banyak dari sebelumnya. Informasi yang bermanfaat ini juga bisa Kamu sebarkan kepada teman yang masih belum mengerti betul perbedaan ketiganya. Pastikan untuk memahami hal pengertian, karakteristik hingga fungsinya sebelum memutuskan untuk membeli ya!


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.