MUSTIKALAND.CO.ID - Jumlah penduduk semakin meningkat tiap tahunnya sehingga pemukiman sangat padat dan banyak gedung-gedung menjulang. Betapa gersangnya sebuah wilayah jika hanya ada rumah, gedung perusahaan maupun pabrik-pabrik. Salah satu hal yang bisa mengalihkan kegersangan itu adalah adanya ruang terbuka hijau.


Lantas, Apa itu ruang terbuka hijau, apa tujuan, fungsi dan manfaat adanya kawasan ruang terbuka hijau bagi sebuah kota? Yuk cari tahu jawabannya disini!

Pengertian Ruang Terbuka Hijau


Ruang terbuka hijau adalah sebuah lahan yang terbentang luas dan ditumbuhi banyak tumbuhan dan pohon yang bisa hidup selama bertahun-tahun serta dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang fungsi ruang terbuka hijau (RTH) tersebut. Itu adalah pengertian menurut ahli sedangkan pengertian menurut UU adalah area memanjang yang ditumbuhi tanaman, baik secara alamiah maupun buatan. 

Tujuan Ruang Terbuka Hijau


Ruang terbuka hijau memiliki tujuan untuk menjaga ketersediaan lahan untuk resapan air dan menyeimbangkan lingkungan alam dan lingkungan binaan untuk kesejahteraan masyarakat. Selain itu agar tatanan perkotaan bisa terlihat nyaman, asri, indah, dan segar. RTH juga bertujuan untuk mencegah erosi serta badai. RTH juga menciptakan kualitas visual dari keasrian tumbuhan yang ditanam. Semakin banyak ruang terbuka yang ditanami banyak tanaman maka akan meningkat tingkat visual berupa keindahan tatanan tumbuhan hijau dari vegetasi tersebut. Dengan demikian pohon maupun bunga yang ditanam harus dipilih dan diperhatikan betul untuk tatanan di perkotaan karena mempengaruhi nilai keindahannya. 

Fungsi Ruang Terbuka Hijau


Ada empat fungsi ruang terbuka hijau yang perlu kamu ketahui. Dari segi ekologis, RTH memiliki fungsi sebagai paru-paru kota atau wilayah karena dapat meningkatkan penyerapan karbondioksida dan produksi oksigen. Selain itu dapat menurunkan suhu dengan keteduhan kesejukan tanaman serta meredam kebisingan. Sedangkan dari segi estetis, RTH dapat memperindah pemukiman, perkantoran, kota, komplek rumah dan semua tempat yang dilengkapi dengan RTH. Jelas lebih enak memandang daerah kota atau pemukiman yang asri dan terasa sejuk dari pada daerah yang gersang tanpa ruang terbuka.

Fungsi ruang terbuka hijau dari segi pendidikan adalah dapat menjadi sarana belajar. Jika RTH dilengkapi dengan bangku dan meja taman, maka siswa dapat belajar di lingkungan terbuka yang asri. Fungsi yang terakhir adalah fungsi ekonomis. Jika menanam tanaman yang menghasilkan bunga, biji-bijian, atau buah yang dapat dijual makan dapat menghasilkan perputaran ekonomi yang baik. Selain itu dapat menarik perhatian wisatawan jika RTH ditata dengan rapi.

Manfaat Ruang Terbuka Hijau


Banyak sekali karya ilmiah yang membahas tentang ruang terbuka hijau karena manfaatnya yang banyak. Menurut Permendagri No.1 Tahun 2007, RTH memberikan kesegaran, kenyamanan, dan keindahan lingkungan serta lingkungan yang sehat dan bersih serta dapat memberikan hasil berupa produk kayu, bunga, dan buah. Selain itu terdapat manfaat secara langsung dan tidak langsung. Manfaat yang langsung bisa kita rasakan adalah keindahan dan kenyamanan yang diciptakan kemudian mendapatkan produk-produk yang bisa dijual. Manfaat tidak langsung yang dapat dirasakan dalam jangka waktu panjang adalah pembersih udara yang efektif, pemeliharaan persediaan air tanah, pelestarian fungsi lingkungan dengan isi flora dan fauna yang ada.

Terdapat beberapa konsep tata letak ruang hijau terbuka yang dapat memberikan manfaat seperti konsep Eco Cultural City yang mengusung tema budaya sehingga memberikan manfaat dari segi pelestarian budaya kemudian konsep untuk pengelolaan sampah terpadu yang dapat membantu pengurangan limbah sampah. Limbah sampah ini dapat dimanfaatkan untuk RTH yang ada di wilayah tersebut. Contohnya limbah sampah basah dari pasar dapat dimanfaatkan menjadi pupuk untuk tanaman atau limbah seperti kursi bekas dapat diperbaiki kemudian dijadikan fasilitas untuk RTH tersebut.

Pentingnya RTH di Perumahan


Ruang terbuka hijau sangat dibutuhkan di area perumahan karena seperti yang dikatakan di atas, alangkah lebih indah jika sebuah pemukiman memiliki area yang asri dan segar serta nyaman. Terdapat peraturan untuk pembangunan ruang terbuka hijau di area perumahan. Developer harus menyediakan minimal 30 persen ruang terbuka hijau. Hal ini diatur pada Perpres No 60 tahun 2020 tentang Tata Ruang Kawasan Perkotaan Jabodetabek-Punjur.

Ruang terbuka hijau ini bermanfaat untuk mengurangi polusi yang dihasilkan di perumahan. Produksi oksigen yang banyak dapat mengurangi polusi dan juga kerimbunan tanaman dapat memberikan kesejukan. Tumbuhan juga dapat menurunkan suhu panas yang berlebihan sehingga perumahan tetap terasa asri dan nyaman. RTH yang asri dan dipenuhi bunga-bunga yang indah juga dapat memberikan efek damai di hati dan pikiran karena bisa mengalihkan pikiran dari pekerjaan yang penat meskipun hanya sebentar. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini, kita dihimbau untuk tidak berkumpul di tempat yang sangat ramai seperti cafe, restoran atau mall. RTH bisa jadi salah satu alternatif untuk melepas penat dan refreshing tanpa harus ke daerah yang sangat ramai.


Sekarang kamu sudah tahu apa itu ruang terbuka hijau serta fungsinya. Kamu juga bisa mendapatkan informasi-informasi yang lebih mendalam dalam bentuk pdf dari makalah-makalah ilmiah yang ada. Betapa pentingnya ruang terbuka hijau di perkotaan yang bisa menimbulkan rasa penat akibat pekerjaan. RTH adalah salah satu upaya untuk menyelamatkan bumi di era globalisasi ini sehingga semakin banyak upaya untuk membangun ruang terbuka yang asri, indah dan bermanfaat. Jangan lupa untuk tetap menjaga keindahan dan kebersihan jika ada ruang terbuka hijau di wilayahmu. 


Jika kamu ingin memiliki hunian dengan area RTH, kamu bisa mendapatkan nya di bisa menemukannya di kawasan Mustika Park Place. Kawasan ini memiliki lingkungan yang sehat karena diselimuti oleh tanaman hijau. 


Selain itu, Mustika Park Place juga memiliki berbagai macam fasilitas menarik dan lengkap seperti danau resapan, club house (kolam renang, lapangan basket). Kawasan ini tentu cocok bagi Kamu yang ingin memulai hidup, lingkungan serta rumah yang sehat.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.