Pasar merupakan sebuah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Pasar sendiri terbagi menjadi dua, yakni pasar tradisional dan pasar modern. Di zaman yang serba online, pasar tradisional masih bisa Anda temukan di kota-kota besar, terutama Bekasi dan di Bekasi pula sudah banyak tersedia pasar modern.

Pasar tradisional identik dengan kondisi pasar yang kotor, becek, dan ramai hiruk pikuk suara penjual dan pembeli. Sedangkan pasar modern terkenal dengan kebersihan, keteraturan, serta kenyamanan. Tapi untuk urusan harga lebih murah, pasar tradisional tetap menjadi pilihan utama.

Bekasi memiliki banyak sekali pasar tradisional dan modern yang bisa Anda kunjungi, Berikut beberapa rekomendasi pasar di Bekasi yang bisa Anda kunjungi.


  1. Pasar Baru Bekasi

Pasar Bekasi pertama dalam artikel ini adalah Pasar Baru Bekasi yang berlokasi di Kecamatan Bekasi Timur. Pasar Baru terletak tidak jauh dari terminal Bekasi sehingga Anda bisa memanfaatkan angkutan umum menuju ke pasar ini.

Pasar di Bekasi Timur ini menyediakan kebutuhan pokok, seperti sayuran, daging, bumbu dapur, dan sebagainya. Tetapi, tidak hanya itu saja, ada juga kebutuhan lain seperti, pakaian, tas, toko elektronik, toko emas, dan masih banyak lagi.

Di pasar Baru Bekasi juga tersedia pakaian-pakaian bekas atau thrift yang bisa Anda manfaatkan jika sedang berhemat. Anda dituntut untuk pintar dalam hal tawar menawar karena harga bisa saja menjadi lebih murah.

Anda tidak perlu khawatir akan fasilitas di pasar Baru Bekasi karena di sini sudah tersedia mushola dan mck serta ruang parkir yang luas untuk motor dan mobil Anda.


  1. Pasar Taman Wisma Asri

Selanjutnya ada pasar Taman Wisma Asri yang bisa Anda kunjungi jika berada di kawasan Bekasi Utara. Anda disarankan untuk tidak membawa kendaraan bermotor apabila ingin ke pasar ini dikarenakan pasar ini terletak dipinggir jalan dan akses parkir yang tidak luas.

Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan transportasi umum yakni angkot 09 atau 09b yang melintasi di depan pasar ini. Pasar tradisional di Bekasi ini menyediakan kebutuhan pokok yang cukup lengkap, seperti bumbu dapur, sayur mayur, daging, dan pakaian.


Baca juga: 9 Rekomendasi Coworking Space Terbaik di Bekasi!


  1. Pasar Kranji

Masyarakat Bekasi pasti mengenal pasar Kranji yang ramai dikunjungi baik itu di pagi, siang, bahkan malam hari. Pasar Kranji dikenal sebagai pasar yang komplit untuk urusan kebutuhan bumbu dapur, sayuran, daging, buah, jajanan pasar dan masih banyak lagi.

Pasar yang terletak di Bekasi Barat ini merupakan pasar induk terbesar kedua di Kota Bekasi maka tidak heran kalau pasar Kranji menjadi salah satu pilihan warga Kota Bekasi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.


  1. Pasar Tradisional Bancong

Pasar Bekasi selanjutnya adalah pasar Tradisional Bancong yang berlokasi di Cikarang. Pasar Bancong atau biasa disebut Sukatani oleh warga sekitar ini menyediakan macam-macam kebutuhan pokok Anda, seperti daging, ayam, sayuran, dan masih banyak lagi.

Walaupun jalan pasar yang sempit, Anda bisa memarkir kendaraan Anda di sebuah terminal kecil dekat dengan pasar tradisional di Bekasi ini. Tidak perlu khawatir untuk akses menuju ke pasar Sukatani, hanya perlu 5 menit saja jika Anda memiliki hunian di perumahan Mustika Village Sukamulya. Perumahan dengan lokasi yang strategis ini memungkinkan Anda untuk pergi ke beberapa tempat dengan mudah.

Informasi lebih lanjut mengenai perumahan Mustika Land, bisa Anda lihat selengkapnya di sini.


  1.  Pasar Proyek Bekasi

Pasar Proyek Bekasi merupakan pasar tradisional yang berlokasi di Bekasi Timur. Di pasar ini, Anda dapat memenuhi tidak hanya kebutuhan pokok, tapi juga kebutuhan lain, seperti pakaian, emas, obat-obatan dan masih banyak lagi.

Harga yang bersaing dan bisa ditawar merupakan salah satu alasan warga Bekasi terutama Bekasi Timur memilih pasar Proyek sebagai pasar andalan ketika persediaan bahan pokok di rumah sedang habis.


  1.  Pasar Babelan Bekasi

Pasar tradisional Bekasi berikutnya adalah pasar Babelan yang bisa Anda kunjungi di daerah Bekasi Utara. Pasar Babelan memiliki dua fokus utama dalam menjual, yang pertama menjual bahan-bahan pokok, seperti sayuran, daging, buah, dan masih banyak lagi. Kedua, tersedianya pasar kambing yang beroperasi pada hari Kamis dan Minggu saja.

Anda dapat berbelanja di pasar Babelan dengan nyaman dikarenakan pasar ini memiliki lahan parkir yang luas serta bangunannya telah direvitalisasi oleh pemerintah Bekasi. 


  1.  Pasar Induk Cibitung

Pasar induk Cibitung merupakan pasar terbesar di Kabupaten Bekasi. Anda dapat membeli berbagai kebutuhan pokok, seperti sayur, daging, buah, serta pakaian impor dan ekspor.

Tidak hanya warga Bekasi saja yang menjadikan pasar induk Cibitung sebagai pilihan utama untuk berbelanja, tetapi juga warga sekitarnya, seperti Jakarta. Anda akan sedikit terganggu saat sedang berbelanja dikarenakan pasar Induk Cibitung sedang mengalami revitalisasi pasar yang telah dimulai sejak Agustus 2021.

Untuk urusan harga, pasar induk Cibitung terkenal dengan harganya yang lebih murah dari pasar-pasar tradisional lainnya dan kelengkapan kebutuhan pokok di sini menjadi salah satu daya tarik para pembeli.


  1. Pasar Modern Sinpasa

Tidak hanya memiliki banyak pasar tradisional, Bekasi juga memiliki pasar modern yang mulai bermunculan. Salah satu pasar modern di Bekasi adalah pasar modern Sinpasa yang sudah berdiri sejak Mei 2013.

Pasar di kawasan Summarecon ini memiliki luas sekitar 3400 m2 dan tersedia 164 kios dan 91 lapak, sehingga tersedia banyak sekali pilihan kebutuhan yang bisa Anda pilih. Anda akan merasakan sensasi berbeda ketika berbelanja di pasar modern karena kebersihan dan keteraturan yang jauh lebih bagus dari pasar tradisional.

Kekurangan dari pasar modern adalah harga barang telah ditentukan oleh pasar itu sendiri. Jadi, Anda tidak dapat melakukan tawar menawar harga kepada penjual, tetapi kenyamanan yang ditawarkan bisa menjadi poin plus untuk berbelanja di pasar modern.


Baca juga: Ini Dia Tempat Nongkrong Bekasi yang Asyik dan Millenial!


Pasar modern Sinpasa menyediakan kios-kios, seperti pakaian, kecantikan, alat tulis, aksesoris wanita, tas, dan masih banyak lagi. Sehingga Anda dapat membeli kebutuhan-kebutuhan tersebut sekaligus kebutuhan pokok.

Salah satu keunggulan memiliki hunian di salah satu perumahan Mustika Land adalah dekat dengan pasar, baik itu pasar modern maupun pasar tradisional. Contohnya adalah perumahan Mustika Village Sukamulya yang membutuhkan waktu 5 menit saja ke pasar Bancong. Sehingga, Anda tidak perlu menghabiskan waktu di jalan untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga.

Demikian rekomendasi pasar Bekasi, mulai dari pasar tradisional hingga pasar modern. Kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pasar membuat Anda tidak ragu lagi untuk berbelanja di pasar tersebut dan selalu bijak dalam membeli kebutuhan Anda.