MUSTIKALAND.CO.ID - Daerah perkotaan identik sebagai kawasan yang gersang dan panas akibat dari minimnya lahan terbuka hijau. Pohon peneduh berperan penting untuk memberikan hawa teduh dan adem. Selain itu, adanya pohon peneduh juga penting untuk memperlancar sirkulasi udara. Jika Anda tinggal di kawasan perkotaan yang panas, tidak ada salahnya untuk mencoba menanam beberapa jenis pohon peneduh rumah berikut ini, agar lingkungan rumah Anda menjadi rindang dan sejuk.

1.      Pohon Beringin

Banyak orang menanam tumbuhan ini di halaman depan rumah untuk menjadi pohon peneduh taman. Pohon beringin memang sudah terkenal dengan batangnya yang besar dan daunnya yang rindang. Tidak heran banyak yang menanam pohon beringin ini di pekarangan rumah, supaya hawa rumah menjadi lebih sejuk.

Baca Juga: 9 Jenis Pohon Pelindung yang Sebaiknya Ada di Depan Rumah

2.      Pohon Cemara

Pohon cemara yang masih masuk ke dalam tumbuhan pinus ini umumnya tumbuh di dataran tinggi. Tetapi, sekarang sudah banyak yang membudidayakan pohon cemara sehingga bisa tumbuh di daerah dataran rendah seperti perkotaan. Bentuknya yang tinggi menjulang dan cantik, banyak yang menilai kalau pohon cemara termasuk pohon rumah minimalis yang cocok untuk memperindah tatanan hunian mereka.

3.      Pohon Kersen

Pohon peneduh depan rumah satu ini terkenal dengan buahnya yang berukuran kecil-kecil dan berwarna merah. Umumnya disebut buah ceri atau kersen. Bentuk pohonnya yang bercabang-cabang dan daunnya yang banyak, menjadikan pohon kersen sangat rindang. Oleh sebab itu, cukup banyak yang menanam pohon ini di pekarangan depan rumah.

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Vertical Garden, Bikin Rumah jadi Estetis

4.      Pohon Akasia

Memiliki batang pohon yang tinggi, bercabang banyak, dan dedaunan yang sangat rimbun, sehingga akasia sangat cocok ditanam sebagai pohon peneduh taman. Flora yang berasal dari Afrika dan Australia ini kayunya sering dimanfaatkan untuk membuat mebel dan kertas. Selain itu, pohon akasia juga bermanfaat sebagai pohon penghijau.

5.      Pohon Bambu

Apabila menginginkan pohon peneduh cepat tumbuh, pohon bambu adalah jawabannya. Pohon ini adalah tanaman yang pertumbuhannya sangat cepat dan dapat mencapai seratus sentimeter dalam waktu 24 jam saja. Meski laju pohon bambu tergolong sangat cepat, tetapi kondisi iklim, kesuburan tanah, dan jenis bambu sangat mempengaruhi laju pertumbuhannya.

6.      Pohon Tanjung

Pohon tanjung adalah tumbuhan asli India dan Sri Lanka. Meski begitu, pohon tanjung sudah masuk ke Indonesia sejak berabad-abad yang lalu. Pohon tanjung kerap menjadi pohon peneduh depan rumah karena dapat tumbuh hingga mencapai 15 meter. Selain itu, tangkai pohon tanjung juga panjang-panjang serta rimbun. Sangat cocok untuk menyejukkan halaman rumah Anda.  

7.      Pohon Mangga

Jenis pohon peneduh ini sangat mudah dijumpai di pekarangan rumah. Pohon mangga  memiliki cabang yang kuat, batangnya besar, dedaunan yang lebat menyerupai kubah, dan dapat tumbuh mencapai lebih dari 30 meter, membuat pohon ini berguna memperindang kawasan tempat tinggal yang gersang. Meski merawatnya cukup mudah, tetapi harus berhati-hati karena pohon mangga rentan terserang hama.

8.      Pohon Ketapang Kencana

Meskipun batang pohon ketapang kencana cenderung kecil dan ramping, tetapi tumbuhan ini sering menjadi pohon peneduh rumah. Bentuk flora ini cantik karena memiliki tajuk yang berlapis-lapis dan berbentuk datar. Banyak yang menggemari pohon ketapang kencana untuk memperindah kebun atau halaman rumah.  

9.      Pohon Flamboyan

Memiliki tajuk yang rindang dan lebar seperti payung. Serta memiliki ciri khas dengan bunga yang berwarna cerah, menambah nilai estetika pohon flamboyan. Pohon yang berasal dari Yunani ini memang sengaja dibudidayakan sebagai tanaman hias. Tidak heran banyak yang menjadikan pohon flamboyan sebagai pohon peneduh taman sekaligus pohon hias. Sayangnya, kerusakan habitat yang parah menyebabkan pohon ini terancam punah.

10.  Pohon Tabebuya

Flora yang berasal dari Brasil ini memiliki rupa yang sangat mirip dengan pohon sakura asal Jepang. Pohon tabebuya memiliki bentuk batang yang besar, tinggi, bercabang banyak, dan dedaunan yang rindang. Ada banyak keuntungan jika Anda memilih menanam jenis pohon peneduh ini. Akar pohon tabebuya tidak akan merusak bangunan walau batangnya keras. Selain itu, bunga indah pada pohon ini juga tidak mudah rontok. Oleh sebab itu, banyak yang menanam pohon tabebuya di halam rumah sebagai tanaman hias sekaligus peneduh.

Itulah sepuluh jenis pohon peneduh yang bisa Anda tanam di halaman rumah. Dengan menanam pepohonan, tidak hanya menambah nilai estetika di tempat tinggal saja. Namun bisa memberikan kesejukan pada kawasan hunian Anda meski berada di kawasan tengah kota yang panas.

Tinggal di lingkungan hunian yang rindang dan teduh tentu menjadi dambaan setiap keluarga. Bisa berolahraga dan jalan-jalan sore di taman hijau yang asri. Ditambah dengan sarana yang lengkap, dekat dengan area niaga, dan mengedepankan konsep eco-friendly, akan membuat keluarga Anda akan betah tinggal di Mustika Village Sukamulya.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.