MUSTIKALAND.CO.ID - Ingin membuat suasana rumah menjadi lebih segar dan alami? Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam rangka menghadirkan kesejukan di area sekitar rumah. Salah satunya dengan menanam pohon pelindung. Selain membuat suasana rumah dan sekitarnya terasa lebih teduh, sejuk dan rindang, pohon pelindung juga dapat dijadikan sebagai penghias tanaman sekaligus penyerap polutan. Nah, bagi Anda yang bingung memilih jenis pohon pelindung apa yang cocok di tanam di pekarangan rumah, berikut 9 referensi pohon pelindung yang bisa Anda tanam sesuai dengan manfaat dan kebutuhan Anda.

Pohon Beringin

Pohon Beringin

Ingin menghadirkan suasana sejuk dengan udara segar di sekitar area rumah? Menanam pohon beringin bisa jadi solusinya. Dengan karakter ukurannya yang besar, daun yang lebat dan akar gantung yang banyak pohon bernama latin Ficus Benjamina ini akan membuat suasana rumah Anda menjadi semakin asri di tengah teriknya panas matahari. Namun, sebelum Anda benar-benar menanam pastikan Anda memiliki lahan yang cukup luas untuk menampung pohon tersebut jika semakin besar.

Baca Juga: 9 Tanaman Hias Gantung yang Cocok di Outdoor

Pohon Tanjung

Pohon Tanjung

Selain sebagai perindang jalan dan pelindung dari cuaca panas, pohon tanjung juga difungsikan sebagai pohon hias. Berbeda dengan pohon angsana yang lebih banyak dijumpai di sepanjang jalan perkotaan, pohon tanjung biasanya lebih sering ditemui di sepanjang jalan kawasan pemukiman elit.

Dibanding pohon peneduh lainnya, pohon tanjung lebih disukai karena daunnya tidak mudah rontok dan rantingnya tidak mudah patah. Dengan begitu, jika jenis pohon pelindung ini Anda tempatkan sebagai peneduh rumah, maka Anda tidak akan dibuat capek membersihkan daunnya yang gugur.

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Vertical Garden, Bikin Rumah jadi Estetis

Pohon Angsana

Pohon Angsana

Pohon Angsana termasuk salah satu jenis pohon pelindung yang paling sering digunakan sebagai peneduh jalan. Sama halnya dengan pohon pule, angsana juga memiliki daun lebat, batang pohon yang cukup besar dan mampu mengurangi polutan. Itulah sebabnya mengapa pohon peneduh berbunga ini kerap di tempatkan di sepanjang jalan. Sayangnya, keteduhan serta upaya penghijauan yang dihadirkan pohon ini sering terkalahkan dengan alasan keselamatan pejalan kaki dan pengguna jalan hingga membuat pohon ini banyak ditebang.

Ketapang Kencana

Ketapang Kencana

Salah satu pohon pelindung yang tidak hanya teduh melainkan juga memiliki tampilan yang estetik adalah ketapang kencana. Pohon yang mempunyai nama latin Terminalia mantaly ini memiliki bentuk seperti payung. Sebagai pohon pelindung, tanaman ini umumnya banyak dijumpai di taman-taman perkotaan. Namun tidak jarang pohon ini juga di tanam di pekarangan rumah agar hunian tidak terlihat gersang.

Selain sebagai pelindung, ketapang kencana juga memiliki manfaat lain, diantaranya dapat menyerap polusi, meningkatkan konsentrasi, membuat suasana terasa sejuk dan sebagai tanaman hias. Diantara sekian banyak pohon pelindung harga ketapang kencana bisa dibilang cukup mahal yaitu Rp1 juta untuk ukuran ½ meter dan Rp5 juta untuk ukuran 2 meter.

Pohon Pule

Pohon Pule

Pohon pelindung selanjutnya yang mungkin cukup familiar bagi Anda adalah pohon pule. Pohon ini umumnya sering dijumpai di jalanan perkotaan. Selain dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 50-1.500 mdpl, pohon yang memiliki nama latin Alstonia scholaris ini banyak digunakan untuk penghijaun sekaligus peneduh karena mempunyai daun yang lebat dan rimbun. Dengan karakternya tersebut pohon pule mampu menghadirkan suasana sejuk di tengah panasnya cuaca.

Selain untuk penghijauan dan menghiasi jalanan perkotaan, pohon pule sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman obat. Daun pohon pule berkhasiat menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa sakit, mengobati demam, malaria dan diabetes. Sementara bunga pohon pule dapat menghasilkan minyak esensial dan getahnya dapat digunakan  untuk mengobati bengkak.

Pohon Mahoni

Pohon Mahoni

Pohon dengan nama ilmiah Swietenia Mahagoni ini, adalah pohon tropis yang berasal dari Benua Amerika. Pohon ini kemudian didistribusikan ke berbagai negara untuk dimanfaatkan sebagai tanaman pelindung. Layaknya pohon kelapa, hampir seluruh bagian pohon mahoni dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari biji, buah, daun, batang, akar dan getahnya memiliki nilai nilai ekonomis.

Pohon Tabebuya

Pohon Tabebuya

Beberapa waktu lalu pohon ini sempat menghebohkan jagat maya terkait keberadaanya di jalanan Kota Surabaya. Bentuknya yang mirip pohon sakura terkadang membuat banyak orang salah mengira jika pohon pelindung ini berasal dari Jepang. Padahal pohon pelindung ini berasal dari negara Brazil. Habitat asli tabebuya adalah di tanah kering, namun pohon ini juga bisa beradaptasi di udara tropis dan subtropis seperti di Indonesia.

Tabebuya memiliki banyak jenis dan warna yang menarik perhatian. Setidaknya pohon peneduh ini mempunyai 25 jenis asli dan 100 variasi serta 6 corak warna, diantaranya pink, kuning, putih, oranye, magenta dan merah. Selain tabebuya, pohon peneduh berbunga dengan nama Latin Handroanthus chrysotrichus ini juga memiliki nama lain yaitu istilah bunga terompet, cedar putih, kayu putih, tecoma, dan manjack merah muda.

Layaknya pohon kelapa, bagian pohon ini juga kaya akan manfaat, diantaranya dapat menjernihkan udara, kemudian daunnya bisa diolah menjadi teh yang ampuh mengobati penyakit seperti flu dan demam. Tak hanya teh, daun tabebuya yang sudah membusuk juga bisa dijadikan pupuk alami. Tak ketinggalan, dengan ketinggian yang dapat mencapai 5 - 50 meter batang dari tabebuya bahkan bisa digunakan sebagai bahan dasar furniture.

Pohon Mangga

Pohon Mangga

Satu lagi pohon pelindung yang memiliki banyak manfaat. Jika pohon pelindung lain tidak memiliki buah yang dapat dimakan, maka tidak demikian dengan pohon mangga. Bila dirawat dengan benar, pohon ini bisa menghasilkan buah yang cukup banyak. Bila Anda menghendaki adanya pohon mangga di sekitar rumah Anda. Pastikan pohon tersebut Anda tanam dengan jarak yang cukup aman dari rumah. Pasalnya, akar pohon mangga berpotensi merusak lantai bahkan pondasi rumah.

Pohon Asam Jawa

Pohon Asam Jawa

Sama seperti pohon mangga, pohon asam Jawa juga termasuk pohon peneduh dengan buah yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti membuat minuman, untuk bumbu masakan atau bisa juga langsung dimakan begitu saja. Untuk mengurangi rasa asam, biasanya buah asam dimakan dengan tambahan gula pasir. Selain sebagai pelindung, pohon yang memiliki nama ilmiah Tamarindus indica juga memiliki batang yang dijadikan sebagai bahan utama pembuatan furniture. Umumnya pohon asam Jawa sering digunakan sebagai peneduh d pinggiran jalan. Namun, ada juga yang menanamnya untuk memberikan suasana sejuk di area sekitar rumah.

Itulah 9 pohon pelindung yang sebaiknya Anda ketahui. Tidak hanya berguna untuk penghijauan dan peneduh di tengah teriknya matahari, pohon pelindung di atas juga memiliki segudang manfaat bagi kehidupan. Dengan segudang manfaat yang ada, tidak ada salahnya Anda menempatkan pohon tersebut di pekarangan rumah minimalis Anda. Dengan menanam pohon maka Anda telah turut andil dalam upaya penghijaun dan terciptanya lingkungan yang asri, sejuk dan nyaman.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.