MUSTIKALAND.CO.ID - Udara segar sangat dibutuhkan saat kita tinggal di perumahan yang berada di tengah kota. Sebab, udara yang kita hirup sehari-hari sudah banyak mengandung polusi udara dari berbagai sumber. Mulai dari asap knalpot kendaraan, sampai asap dari kegiatan industrial.


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan udara segar. Seperti menanam tanaman di sekitar rumah, menggunakan alat, sampai melakukan rutinitas yang bisa membantu rumah agar bisa mendapatkan sirkulasi udara segar yang baik. Cara-caranya tidak susah kok! Untuk Anda yang ingin tahu apa saja tips untuk menjaga udara tetap segar di perumahan, simak ulasan berikut.

Manfaat Udara Segar

Manfaat Udara Segar


Sebelum lebih jauh membahas tips menjaga udara segar di perumahan, ada baiknya Anda tahu terlebih dahulu apa saja manfaat udara segar buat tubuh. Seperti yang diketahui udara segar sendiri adalah udara yang masih bersih, tidak terlalu banyak bercampur dengan berbagai campuran zat lain yang bisa membahayakan tubuh, tidak menyebabkan sesak dan yang paling penting nyaman saat kita hirup. 


Udara segar mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari meningkatkan sistem imun, mengusir stres, sampai meningkatkan energi. Kok bisa? Ya, bayangkan saja Anda menghirup udara yang penuh dengan polusi terus menerus baik itu di rumah, jalanan, sampai di tempat kerja. 


Maka Anda akan merasa tidak nyaman dan bisa menyebabkan stres. Saat stres, semangat bisa menurun bahkan imun pun ikutan menurun. Tentu nggak mau kan? Maka itu, udara segar sangatlah penting untuk kehidupan kita.

Menanam dan Memelihara Tumbuhan


Menanam dan Memelihara Tumbuhan


Udara segar yang kita hirup sehari-hari tidak begitu banyak mengandung oksigen, sedangkan kita butuh oksigen agar udara lebih segar. Maka itu, tips pertama yang bisa dilakukan untuk menambah rasa segar udara di perumahan adalah menanam tumbuhan di lahan yang Anda punya karena udara yang dihasilkan disebut oksigen.


Tidak perlu menanam tumbuhan besar seperti beringin atau pohon-pohon besar lain. Cukup menanam tumbuhan yang bisa ditanam di lahan sempit, seperti tanaman hias. Banyak tanaman hias yang bisa membantu meregenerasi oksigen di dalam rumah. Bukan cuma itu, beberapa tanaman hias juga bisa menyaring polusi di dalam rumah lho! Misalnya dracaena, spider plant, sampai chinese evergreen. Jangan cuma ditanam, tapi ingat untuk selalu merawatnya ya!

Menggunakan Air Purifier


Menggunakan Air Purifier


Udara di dalam rumah bisa dibersihkan menggunakan alat bernama air purifier. Bukan cuma bisa membersihkan udara yang sudah terkontaminasi kimiawi, air purifier juga bisa mengurangi penyakit yang tertular melalui udara. Bau-bauan tidak sedap yang ada di dalam rumah pun bisa dinetralisir oleh alat ini. Maka itu, nggak ada salahnya Anda menginvestasikan uang pada air purifier agar udara di dalam perumahan semakin segar.

Rajin Membuka Ventilasi Udara


Rajin Membuka Ventilasi Udara


Rumah yang dilengkapi dengan ventilasi udara tentu jauh lebih baik daripada yang minim atau tidak sama sekali. Ventilasi udara bisa bermacam-macam, contohnya jendela, pintu, sampai ventilasi dari atap rumah. Fungsi ventilasi udara sendiri adalah agar sirkulasi udara di dalam rumah bisa berjalan dengan baik, udara segar dari luar rumah masuk menggantikan udara di dalam rumah yang seharusnya dibuang.


Udara segar biasanya terdapat pada waktu pagi hari, jadi rajinlah membuka ventilasi udara saat pagi. Akan lebih baik kalau Anda berada di perumahan dengan ruang terbuka hijau sehingga udara segar semakin mudah diperoleh saat pagi hari.


Contohnya saja di Mustika Village Karawang yang punya ruang terbuka hijau dengan ukuran luas di beberapa titik. Pastinya udara segar akan semakin mudah didapat dan udara sekitar perumahan akan terhindar dari polusi.

Rutin Membersihkan Rumah


Rutin Membersihkan Rumah


Debu bisa menjadi salah satu penyebab polusi udara di dalam rumah. Maka itu, Anda sangat perlu untuk rutin membersihkan rumah agar terhindar dari debu dan kotoran lain, seperti bulu hewan peliharaan dan lainnya. Udara segar yang dibutuhkan kita sebagai manusia dapat diperoleh dari rumah yang bersih. Selalu bersihkan benda-benda yang bisa menyebabkan debu dan kotoran lain menumpuk.


Bersihkan tempat atau benda yang membuat debu mudah menempel, seperti karpet, sofa, saluran udara, benda-benda yang berada di atas dan jarang terjangkau, bahkan sampai dinding pun harus dibersihkan. Semakin dibiarkan menumpuk, maka akan semakin berpolusi udara di dalam rumah.

Kurangi Benda yang Bisa Menyebabkan Polusi Udara

Kurangi Benda yang Bisa Menyebabkan Polusi Udara


Secara tidak sadar, kamu mungkin sudah banyak menggunakan benda-benda yang menjadi penyebab polusi udara di dalam rumah. Coba lihat, apakah kamu memilih menggunakan lapisan lantai dari karpet daripada kayu? Padahal, lantai kayu dapat mengurangi polusi udara di dalam rumah.


Produk-produk yang Anda gunakan sehari-hari pun punya potensi menyebabkan polusi udaar. Seperti produk yang beraroma terlalu menyengat, sampai produk pembersih. Anda bisa menggunakan produk atau benda organik atau menyimpan produk yang mengandung bahan kimia di tempat tertutup rapat kemudian disimpan di luar rumah atau garasi.

Meski tidak bisa sepenuhnya dihilangkan, polusi udara di sekitar lingkungan bisa dikurangi dengan berbagai cara. Kalau Anda melakukan tips di atas, dijamin udara segar akan terasa di rumah. Menghirup udara segar di sekitar perumahan artinya Anda akan merasakan kenyamanan dan bisa meningkatkan kesehatanmu.


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.