MUSTIKALAND.CO.ID - Listrik menjadi salah satu penemuan besar sejak beberapa abad lalu. Penemuan ini membawa banyak perubahan di berbagai aspek kehidupan manusia. Dengan menggunakan energi listrik, kita dapat melakukan berbagai macam aktivitas, mulai dari menonton tv, mencuci, mengisi daya baterai, dsb. Energi selalu bisa didapatkan dengan berbagai cara, namun menggunakannya tidak gratis. Pemakaian listrik yang berlebihan akan membuat tagihan membengkak. Jadi sangat penting untuk mengetahui cara menghemat energi listrik dirumah dan menggunakannya dengan bijak.


Ada banyak cara menghemat energi yang perlu kita ketahui sedini mungkin. Bahkan terkadang kita sampai tidak menyadari betapa borosnya kita menggunakan listrik karena hal itu sudah menjadi kebiasaan. Oleh karena itu, mari kita bahas tuntas solusinya!


Mulai dari tempat yang paling sering kita tinggali, yakni rumah. Dari berbagai kebiasaan buruk penggunaan energi yang sering kita lakukan, kami telah merangkum solusinya menjadi 12 cara menghemat energi listrik di rumah. Apa saja itu? Simak pembahasannya!

Gunakan Lampu Hemat Energi


Jika kamu masih menggunakan lampu bohlam, maka mulailah beralih ke lampu LED. Pasalnya lampu LED dapat menghemat penggunaan listrik bahkan hingga 90%. Walau begitu, penerangan yang dihasilkan jauh lebih terang dibanding bohlam, sehingga orang-orang mulai beralih menggunakan lampu LED. Harga jualnya memang lebih tinggi, namun sangat awet dan cocok digunakan dalam jangka waktu panjang.

Matikan Peralatan Elektronik


Pastikan kamu sudah mematikan peralatan-peralatan elektronik sebelum tidur. Contohnya saja seperti televisi. Seringkali saking asiknya menonton acara tv, kita jadi ketiduran dan lupa mematikannya. Hal ini tidak hanya menyebabkan tagihan listrik membengkak, namun juga berbahaya jika sewaktu-waktu terjadi konslet listrik dan hal lainnya.


Hindari mendengarkan lagu sesaat sebelum tidur. Karena jika kamu ketiduran dan lupa mematikannya, maka energi di dalam gawai akan terus berkurang dan menyebabkan daya habis secara tidak efektif. Selain itu, aliran energi pada gawai juga berisiko memapar tubuhmu.

Tidak Boros Menggunakan Air


Tidak hanya rumah kos saja yang menganjurkan penggunaan air secara hemat, kita juga harus menerapkannya di rumah sendiri. Menggunakan air secara berlebihan akan menghabiskan energi listrik secara berlebihan juga. Oleh karena itu, gunakan air secukupnya saja. Supaya tidak banyak menguras energi listrik, kamu juga bisa menyiasatinya dengan menggunakan toren penampungan air. 

Pastikan Pencahayaan dari Jendela Cukup Baik


Salah satu cara menghemat energi listrik dan mengurangi penggunaan lampu ialah dengan memastikan memiliki jendela di rumah dengan ventilasi yang cukup. Selain itu, rumah juga harus berlokasi di area yang mudah mendapatkan pasokan cahaya matahari. Jendela sendiri digunakan untuk memantulkan cahaya matahari, sementara ventilasi digunakan untuk jalur transfer udara. Ini baik untuk kesehatanmu juga. Sayangnya, cara ini agak susah diterapkan di perumahan karena dinding rumah dempet dengan rumah sebelah. Dengan kata lain pasokan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah sangat kurang.

Gunakan AC Seperlunya


Jika dirasa tidak terlalu panas, ada baiknya AC dimatikan saja. Bagaimanapun energi yang dibutuhkan AC tergolong besar. Jika memang harus menggunakannya, maka gunakan saja. Asal kamu tidak lupa mematikan AC jika sudah tidak digunakan, maka tidak masalah. Kamu juga bisa mengakali penggunaan AC dengan menyalakannya sebentar, kemudian mematikan dan menggantinya dengan kipas angin. Dengan begitu kamu masih bisa merasakan udara dingin meski AC sudah dimatikan. 

Pilih Laptop Dibanding PC


PC hanya bisa dinyalakan ketika sudah tersambung dengan listrik secara langsung. Selama kamu menggunakan PC, maka selama itu juga energi listrik akan terus mengalir. Lain halnya dengan laptop. Kamu dapat menggunakannya selama daya masih tersedia. Laptop juga lebih ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Supaya lebih hemat lagi, kamu bisa mengisi baterai laptop kamu di kantor atau cafe sebelum kamu gunakan di rumah.

Isi Daya Secukupnya


Hindari mengisi daya ponsel dan laptop saat sedang digunakan. Hal ini justru akan meningkatkan risiko kerusakan pada baterai. Selain itu, penggunaan semacam ini akan banyak menguras daya listrik. Untuk itu, cukup isi baterai saat sudah akan habis, dan hentikan apabila baterai sudah terisi penuh. Faktanya, mengisi daya ponsel dan laptop dalam keadaan mati nyatanya juga lebih cepat dibanding saat sedang digunakan.

Pilih Mandi dengan Shower


Percaya atau tidak, mandi menggunakan shower lebih hemat dibanding menggunakan bak air. Dengan shower, kamu jadi tidak perlu menampung air terlebih dulu. Selain itu cara ini dinilai lebih efektif dan efisien waktu. Sayangnya, masih saja ada orang yang beranggapan bahwa mandi dengan shower sama seperti mandi kucing, karena kurang bersih.

Matikan Lampu Saat Tidur


Biasakan untuk tidur dalam keadaan lampu mati. Selain menghemat energi, juga untuk faktor kesehatanmu sendiri. Perlu diketahui bahwa otak akan tetap memproses informasi apabila mata masih mendapatkan pantulan cahaya. Hal inilah yang mengurangi tingkat nyenyak tidur seseorang. Jika kamu benar-benar tidak bisa tidur tanpa cahaya, opsi lain bisa dengan menggunakan stiker dinding yang mengandung zat fluoresensi yang dapat menyala di kegelapan.

Tidak Mengandalkan Mesin Cuci


Mencuci dengan menggunakan mesin cuci memang lebih cepat dan efisien, namun mencuci secara manual ternyata lebih menyehatkan. Selain itu, bagi sebagian orang mencuci dengan menggunakan tangan jauh lebih bersih. Jika kamu ingin menghemat energi listrik di rumah, cobalah untuk mengurangi perlahan penggunaan mesin cuci, karena daya energi yang digunakan mesin cuci sangat tinggi.

Matikan Aliran Listrik Saat Pergi


Biasakan untuk mematikan listrik saat kamu pergi. Jangan biarkan perangkat elektronik menyala dalam keadaan ditinggal. Hal ini bertujuan untuk menghemat energi dan meminimalisir kemungkinan terjadinya konslet listrik.

Sampaikan pada Penghuni Rumah Lainnya


Cara menghemat energi di rumah yang terakhir adalah dengan membantu menyampaikan pengetahuan akan pentingnya menghemat energi kepada orang lain. Mulai saja dengan orang-orang terdekatmu, seperti anak, misalnya. Dengan memberitahu anak sedini mungkin, maka mereka akan lebih mudah menyerap pembelajarannya. Kemudian tetangga. Hingga teman-teman dan keluarga.


Itulah 12 cara menghemat energi listrik di rumah. Dari semua yang dipaparkan diatas, apa ada yang sudah kamu terapkan? Bagaimanapun menghemat energi dimanapun sangatlah penting. Tidak hanya untuk menghemat biaya tagihan, menghemat energi secara tidak langsung juga membantu meminimalisir kebutuhan akan energi. Oleh karena itu, ingatlah selalu bahwa listrik perlu digunakan secara bijak, karena jika tidak, maka dunia bisa saja kembali ke zaman purba karena kehabisan energi.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai perumahan Mustika Land silahkan hubungi kami:
Mustika Care
: 0812-8006-5200 (WhatsApp)