MUSTIKALAND.CO.ID - Menurut Wikipedia, tangga adalah sebuah konstruksi yang dirancang untuk menghubungkan dua tingkat vertikal yang memiliki jarak satu sama lain. Sebagai sebuah bagian dari rumah, tangga memiliki banyak fungsi. Selain sebagai penghubung lantai atas dan bawah, belakangan tangga juga dapat mempengaruhi tampilan sebuah rumah. Jika Anda memiliki tangga rumah yang kurang menarik, Anda dapat mendekorasikan tangga rumah Anda yang unik, cantik serta minimalis namun tetap fungsional. Nah, untuk mewujudkan hal tersebut, berikut ide tangga rumah minimalis yang bisa diaplikasikan untuk tipe rumah sempit.

Tangga Melayang

Tangga Melayang


Tangga Melayang atau Floating stairs merupakan salah satu konsep desain yang sangat tepat diaplikasikan untuk rumah sempit. Jika dipadukan dengan furniture yang tepat, tangga ini dapat memberikan kesan ringkas dan minimalis pada ruangan. Dalam prakteknya, ada banyak cara yang bisa diterapkan untuk membuat tangga melayang, mulai dari digantung, ditempel pada dinding hingga dengan bantuan railing. Secara visual, tangga jenis ini terlihat seperti tidak memiliki tiang penguat. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk membuatnya, konsultasikan dulu dengan structure engineer. Pasalnya, pemasangan yang salah justru dapat membahayakan keselamatan keluarga. 

Tangga Spiral

Tangga Spiral


Anda tidak perlu khawatir jika memiliki rumah tingkat 2 lantai berukuran kecil. Manfaatkanlah semaksimal agar Anda tetap nyaman dan betah menikmati rumah Anda. Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah membuat tangga spiral. Dilihat dari bentuknya, tangga melingkar atau tangga spiral jelas menjadi solusi bagi rumah sempit. Selain karena hemat ruang, supaya terlihat bagus, estetik dan tahan lama, pilihlah material dan desain yang baik yang disesuaikan dengan area sekitar.

Tangga Kaca

Tangga Kaca


Tertarik memiliki desain tangga rumah yang futuristik dan luar biasa cantik? Tangga rumah dari bahan material kaca seperti ini bisa jadi alternatif pilihan. Penggunaan tangga kaca memang tengah diminati, umumnya tangga jenis ini banyak dipakai pada rumah sempit, misalnya ukuran ruangan 3x3. Selain mampu menciptakan ruangan yang tampak luas bisa menjadi solusi dalam memaksimalkan cahaya yang masuk ke ruangan. 

Tangga Beton

Tangga Beton


Jika Anda kurang tertarik untuk menggunakan tangga berbahan kaca, dan lebih memilih tangga yang kuat, awet, tidak cepat rusak serta berumur panjang maka tangga beton bisa Anda jadikan pilihan. Supaya tangga Anda terlihat kece, Anda bisa menggunakan teknik mempercantik tangga dengan menggunakan lampu atau yang biasa disebut stair light.


Mengingat tangga jenis ini bersifat permanen, sebelum membuat pastikan Anda benar-benar memperhatikan struktur bangunan tangga yang mencakup ukuran lebar dan tinggi anak tangga. Struktur bangunan yang salah akan berdampak pada ketidaknyamanan saat menggunakan tangga tersebut.

Tangga Kayu

Tangga Kayu


Agar suasana rumah Anda menjadi lebih warm atau hangat, Anda bisa menambahkan unsur kayu pada tangga rumah. Dengan desain yang minimalis serta elemen dekor yang tidak berlebihan, tangga rumah seperti ini bisa menjadi sebuah bagian konstruksi yang sangat fungsional. Seperti halnya tangga kaca, tangga jenis kayu juga kerap digunakan pada rumah-rumah mewah. Soal ketahanan, Anda tidak perlu khawatir, bila Anda menggunakan jenis kayu yang berkualitas, seiring berjalannya waktu kayu tersebut akan semakin terlihat menarik.

Tangga dengan Ruang Penyimpanan

Tangga dengan Ruang Penyimpanan


Menyulap tangga dengan fungsi ganda mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang membutuhkan ruang penyimpanan alternatif selain gudang. Namun, jangan asal membuat tangga dengan rak penyimpanan ya, sebisa mungkin buatlah tangga dengan menyesuaikan bentuk ruangan. Tentu saja, ini dimaksudkan agar barang dapat tersimpan dengan rapi. Selain multifungsi, smart furniture seperti ini juga berperan dalam mempercantik ruangan. 

Tangga Cubism

Tangga Cubism


Ingin tangga rumah dengan gaya modern kontemporer? Bisa banget. Hidupkan kembali elemen-elemen kontemporer pada tangga dengan ruang-ruang berbentuk square. Sebagai penunjang konsep modern kontemporer, Anda bisa menambahkan elemen dari kayu dan sedikit sentuhan bernuansa monokrom dari besi. Selain mendapatkan kesan dinamis, tangga model cubism seperti ini tidak akan menghabiskan seluruh bagian ruangan, bisa dibilang hemat ruang.

Tangga Baja

Tangga Baja


Berbeda dengan tangga kayu yang menunjukan kesan hangat, tangga baja justru menonjolkan gaya mentah yang sangat cocok diterapkan pada rumah bergaya industrial. Umumnya, model tangga baja yang sering digunakan pada ruangan sempit yakni tangga baja model U-shape. banyak dijumpai pada space yang terbatas. Bentuknya yang berbalik arah, sangat ideal untuk ruangan kecil. broken white, abu-abu muda, terkadang hitam.

Tangga Emmental

Tangga Emmental


Ingin memiliki tangga rumah yang cantik dan tak biasa? Tangga Emmental jawabannya. Tangga ini merupakan hasil kreasi kaum muda di negara Inggris. Sesuai namanya, tangga ini memiliki bentuk yang mirip dengan keju Swiss yang memiliki banyak lubang atau "mata" yang berukuran besar. Selain sebagai aksen hiasan, lubang-lubang pada tangga emmental juga bisa digunakan sebagai pegangan saat menaiki tangga tersebut.

Tangga Snake

Tangga Snake


Ingin mendapatkan kesan mewah dan elegan? Mengkombinasikan tangga rumah dengan bentuk seperti snake atau ular bukanlah ide yang buruk. Dengan tampilan bersih dari aluminium metallic, desain yang meliuk-liuk seperti ini memberikan tampilan lebih futuristik pada hunian. Namun perlu diingat, terkait faktor keamanan jika Anda memiliki anak kecil dirumah, pertimbangkan lagi untuk membuat tangga snake dirumah.


Itulah 10 ide desain tangga rumah untuk rumah sempit lengkap dengan penjelasannya. Semoga artikel ini dapat Anda jadikan referensi dalam membangun tangga rumah Anda di kemudian hari. 


Jangan lupa intip juga beragam inspirasi-inspirasi seputar ruang bawah tangga di Mustika Land! Desain rumah dengan konsep yang unik juga bisa Anda temukan pada Mustika Village Karawang. Perumahan yang berlokasi di  Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat ini menawarkan aksesibilitas karena memiliki kemudahan 2 akses Pintu Tol Karawang Barat dan Pintu Tol Karawang Timur, KRL Klari Station, Eleveted Toll Way Jakarta, Rencana Bandara Internasional dan HI-Speed Train (Jalur Jakarta - Karawang) dan dekat dengan kawasan industri KIIC, Surya Cipta, Inditaisei, BIC (Bukit Indah City).


Tidak hanya itu saja, kawasan yang mengusung tema konsep SAFE (smart, active, fun & eco) ini terus mengupayakan hunian yang hadir sesuai kebutuhan. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, mulai dari play garden & pocket garden, lapangan multi-fungsi sebagai sarana olah raga, jogging track, jalur sepeda dan masih banyak lagi. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impian Anda bersama Mustika Village Karawang.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.