MUSTIKALAND.CO.ID - Olahraga bisa dilakukan siapa saja, baik tua, muda, bahkan anak-anak. Olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan  tubuh tiap hari. Khususnya, untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Faktanya, bagi anak-anak olahraga bukan saja bermanfaat untuk kesehatan fisik, namun juga baik untuk perkembangan mental dan kognitifnya.

Olahraga yang biasa dilakukan orang tua belum tentu cocok untuk anak-anak. Oleh karenanya, ada jenis-jenis olahraga yang sesuai dengan usia pertumbuhan anak-anak. Artikel ini akan membahas detail tentang manfaat dan jenis olahraga yang baik bagi anak-anak. Simak ulasan berikut!

Manfaat Olahraga Bagi Anak

Manfaat Olahraga Bagi Anak

Olahraga memang sudah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Mulai dari mengurangi resiko terkena penyakit berat, hingga menjaga kesehatan mental manusia. bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun dapat merasakan manfaat dari olahraga terutama di masa tumbuh kembangnya. Berikut beberapa manfaat olahraga anak:

Baca Juga: 10 Rekomendasi Olahraga Menyenangkan Bersama Keluarga

Manfaat untuk Fisik

Tubuh yang jarang atau malas bergerak akan mudah mengalami malas dan letih. Bagi anak yang senang berolahraga, berat badannya lebih terkontrol sehingga mengurangi resiko diabetes. Otot-otot mereka juga terlihat kuat. Anak-anak akan terlihat bugar, bersemangat, dan tak mudah terserang penyakit metabolik. Dari dalam tubuh, bagian cairan, tulang, organ, juga akan semakin padat.

Manfaat untuk Kognitif dan Psikologis

Selain fisik, anak yang senang berolahraga juga akan lebih baik secara psikologis dan kognitifnya. Biasanya mereka memiliki daya ingat yang kuat dan kemampuan berkonsentrasi yang baik. Selain itu, anak akan menjadi lebih percaya diri dan mencegah depresi. Karakter anak akan secara bertahap terbentuk. Yang terpenting, anak-anak akan terhindar dari sifat nakal karena energinya tersalurkan lewat olahraga.

Tentunya manfaat-manfaat ini akan terwujud jika didukung baik oleh partisipasi aktif dari orang tua. Orang tua harus ikut membantu anak dengan berolahraga bersama atau sekedar menemaninya. Selain itu, unsur lingkungan yang kondusif dan nyaman juga bisa menentukan keinginan anak melakukan olahraga. Salah satunya dengan memilih tempat tinggal yang asri dan nyaman, seperti hunian Mustika Village Sukamulya.

Mustika Village Sukamulya berada di kawasan seluas +/- 35 ha di Desa Sukamulya. Kawasan ini menerapkan hunian asri berkonsep SAFE (Smart-Active-Function-Eco), dimana penghuninya dapat merasakan bersih dan sejuknya udara, ruang tinggal yang nyaman dan aman, serta komunitas yang baik.

Selain itu terdapat berbagai fasilitas yang cukup lengkap seperti adanya taman hijau dan area berniaga. Anda juga mendapat kemudahan akses menuju fasilitas umum yang dekat, ragam transportasi, kawasan industri,dan jalan tol. Terdapat tiga tipe hunian yang pasti sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.


Harga yang ditawarkan untuk mendapatkan hunian impian ini hanya dimulai dari 160 juta-an saja. Dp yang dibayarkan pun sangat ringan yakni 2 juta rupiah. Untuk bisa mendapatkan informasi lebih lanjut kamu bisa menghubungi customer service Mustika Land.


Selain Sertifikat Hak GunaBangunan sudah siap, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) telah ada dan PBB juga sudah pecah. Menariknya lagi, di sini kamu terbebas dari biaya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan balik nama serta pajak. Jadi, tunggu apalagi, segera miliki rumah impian di Mustika Village Sukamulya.

Jenis Olahraga untuk Anak Sesuai Usianya

Jenis Olahraga untuk Anak Sesuai Usianya

Olahraga untuk anak yang belum bersekolah bisa dilakukan di rumah didampingi orang tua sembari menyesuaikan waktu senggangnya. Sementara, untuk olahraga anak PAUD dan SD dapat  dilakukan di sekolah bersama guru dan juga di rumah bersama orang tua. Nah berikut beberapa jenis olahraga yang sesuai dengan usia anak.

Baca Juga: Macam-Macam Olahraga Ringan di Rumah Saat Pandemi

 Jenis Olahraga untuk Anak Usia 1-4 Tahun

Umumnya, anak usia 1 tahun atau lebih sudah dapat berjalan bahkan berlari kecil. oleh karenanya, diperlukan olahraga ringan yang dapat memperkuat otot-ototnya. Aktivitas fisik tentu diperlukan untuk melatih semua kemampuannya. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan diantaranya berlari, berjalan, memanjat tangga, dan menari. Olahraga ini bisa menjadi olahraga ringan yang mudah dilakukan secara aktif bersama teman ataupun orang tua di rumah.

Jenis Olahraga untuk Anak Usia 5-10 Tahun

Pada usia ini, anak semakin lincah dan mudah melakukan banyak aktivitas. Umumnya mereka sudah dapat melakukan banyak jenis olahraga yang lebih bervariasi untuk mulai melatih kemampuan berpikirnya. Anak-anak bisa melakukan kegiatan berlari, bersepeda, berenang, bermain bersama teman-teman. Salah satunya bermain sepakbola yang mampu melatih cara kerja mereka dalam team.

Jenis Olahraga untuk Anak Usia 11-20 Tahun

Menginjak usia remaja, anak-anak akan semakin aktif dan bisa melakukan gerakan secara kompleks. Mereka juga biasanya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah untuk menambah kegiatan. Hampir seluruh jenis olahraga dapat dilakukan anak di usia remaja seperti ini mulai dari olahraga ringan senam, lompat tali, renang, olahraga perut, hingga kegiatan bela diri.

Yang perlu diperhatikan oleh orang tua adalah menjaga tubuh anak agar tetap terhidrasi dengan baik setelah selesai melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Caranya, dengan mengkonsumsi air putih sebelum, selama, dan setelah olahraga minimal 200-250 cc atau setara satu gelas setiap 20 menit berolahraga.  Selain itu, untuk anak usia di atas 5 hingga remaja perlu diajarkan melakukan pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan setelah berolahraga untuk mengurangi resiko cedera.

Nah, itu dia manfaat dan jenis olahraga untuk anak yang perlu anda ketahui. Anda juga bisa mengoptimalkan kesehatan anak secara fisik dan jiwa dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi, serta menambahkan suplemen jika diperlukan.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.