MUSTIKALAND.CO.ID - Ada banyak cara yang bisa lakukan untuk mendapatkan tubuh sehat. Mulai dari menerapkan pola hidup sehat, menjaga pola makan, berolahraga hingga mengkonsumsi minuman kesehatan yang berasal dari tanaman obat. Memang, tanaman obat telah lama dikenal memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Bahkan, menurut Journal of Advance Pharmaceutical Technology & Research 11 persen dari obat-obatan yang ada di seluruh dunia berasal dari tanaman obat. Berikut 10 tanaman obat baik bila Anda konsumsi bersama keluarga. 

Jahe

Jahe

Jenis tanaman obat yang pertama ada jahe. Zingiber officinale Rosc atau yang lebih dikenal dengan jahe  merupakan tanaman rempah yang biasa digunakan sebagai bahan minuman tradisional. Sebagaimana diketahui, tanaman berbentuk layaknya jari ini memiliki banyak manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Bila diminum secara rutin, kandungan gingerol, antioksidan dan anti radang dapat membantu mengatasi keluhan, seperti sakit perut, batuk, pusing, muntah, masuk angin dan masih banyak lagi yang lainnya. Meski memiliki banyak manfaat bagi tubuh, namun konsumsi jahe secara berlebih dapat menimbulkan efek samping, seperti kembung dan heartburn.


Baca Juga: 6 Jenis Tanaman Hias Hidroponik yang Wajib Ada di Rumah Anda

Kencur

kencur

Jenis tanaman obat keluarga selanjutnya yang juga memiliki banyak manfaat adalah kencur. Tanaman obat yang memiliki nama latin Kaempferia Galanga ini identik dengan minuman kesehatan jamu beras kencur. Jika jahe berkhasiat meredakan batuk dan masuk angin maka kencur dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan dan kesuburan pria.

Kunyit

Kunyit

Sudah tahu khasiat dan manfaat kunyit? Ya, tanaman yang berasal dari India ini memang dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Adapun manfaat tanaman anti inflamasi ini diantaranya, meningkatkan imun tubuh, melancarkan pencernaan, mengobati kanker, mencegah diabetes hingga mengobati radang sendi dan penyakit Alzheimer.

Baca Juga: 9 Jenis Tanaman Hidroponik Rumahan yang Mudah Dibudidayakan

Serai

Serai

Selain menjadi salah satu bumbu dapur, serai umumnya banyak digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah kulit. Tidak hanya itu, dari berbagai penelitian yang dilakukan menyebut bahwa serai adalah sumber terbaik senyawa fenolik dan flavonoid. Sifat anti inflamasinya yang tinggi juga membantu meredakan bengkak, menurunkan demam dan melancarkan menstruasi. 

Sirih

Sirih

Pernah melihat nenek, kakek atau bahkan orang tua Anda mengunyah daun sirih? Bisa dibilang mengunyah sirih atau yang lebih dikenal dengan istilah nyirih merupakan tradisi nenek moyang kita di masa lalu. Melalui tradisi ini pula orang mengenal manfaat sirih yang dapat menyehatkan gigi dan mulut. Meski kegiatan nyirih sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut.

Namun sebuah penelitian menyatakan bahwa mengunyah sirih bisa menyebabkan kanker mulut dan kerongkongan. Namun Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, yang menyebabkan kanker bukanlah sirihnya, melainkan campuran, seperti daun pinang kapur dan tembakau lah yang memicu terjadinya kanker mulut. 

Kayu manis

Kayu manis

Mungkin tidak banyak orang yang tahu akan manfaat kayu manis. Padahal, cinnamon atau kayu manis punya banyak manfaat yang tidak kalah dari tanaman obat lain. Berdasarkan penelitian, kayu manis berkhasiat meredakan nyeri sendi, mengatasi rematik, mengatasi saluran pernapasan sehingga menurunkan resiko penyakit diabetes. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua jenis kayu manis dapat menurunkan diabetes, hanya kayu manis berjenis Cassia saja yang paling efektif mengobati diabetes.

Baca juga: 10 Jenis Tanaman Vertical Garden, Bikin Rumah jadi Estetis

Seledri

Seledri

Pernah mengkonsumsi jus seledri? Seledri mengandung banyak yang vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnezium, zat besi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Olahan seledri menjadi jus juga berkhasiat menurunkan tekanan darah hingga mencegah penyakit kronis, seperti jantung dan ginjal. Kendati begitu, mengkonsumsi seledri dalam kondisi utuh tetap lebih baik. Pasalnya nutrisi yang tersimpan di dalam buah dan sayur akan terserap secara optimal bila dikonsumsi secara utuh.

Pasak Bumi

Pasak Bumi

Kejantanan tentu sangat penting bagi hubungan suami istri, bahkan saking pentingnya tak sedikit orang yang rumah tangga kandas karena masalah ini. Nah bila Anda memiliki masalah dengan kejantanan, Anda bisa mengatasi gangguan tersebut dengan rutin mengkonsumsi pasak bumi. Tanaman obat dengan nama latin Eurycoma Longifolia ini diyakini mampu meningkatkan sperma, ereksi dan gairah seksual pria. Lebih dari itu, senyawa aktif yang terkandung di dalam pasak bumi berkhasiat menambah stamina dan melancarkan peredaran darah.

Temulawak

Temulawak

Temulawak atau Curcuma Xanthorrhiza adalah jenis tanaman obat keluarga asli indonesia berbentuk silinder yang kaya akan kandungan nutrisi, seperti protein, pati, selulosa, zat besi, karbohidrat, mangan, lemak, magnesium dan mineral. Melalui berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, selain sebagai bumbu dapur temulawak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya  meningkatkan nafsu makan, menjaga kesehatan hati dan mengatasi osteoarthritis.

Baca juga: 9 Tanaman Hias Gantung yang Cocok di Outdoor

Kumis Kucing

Kumis Kucing

Kumis kucing adalah salah satu tanaman obat bunga yang khasiatnya tidak kalah dari tanaman obat lain. Tanaman obat dengan nama  Java tea ini dinamakan kumis kucing karena tanaman ini memiliki manfaat menghilangkan nyeri otot, meredakan batuk, menghancurkan batu ginjal, mengobati infeksi kandung kemih dna masih banyak lagi.

Begitu pentingnya tanaman obat ini untuk kesehatan, Anda bisa mengkonsumsi kumis kucing dengan cara direbus atau dihaluskan dengan blender. Bila Anda kurang menyukai rasanya, Anda bisa menambahkan madu untuk menetralisir rasa.


Itulah beberapa manfaat tanaman obat yang baik untuk kesehatan. Jika dikonsumsi secara teratur, bukan tidak mungkin Anda akan merasakan manfaat dari tanaman obat tersebut. Adapun cara mengkonsumsinya bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda masing-masing. Meski membawa manfaat bagi kesehatan namun pastikan Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Mari budayakan mengkonsumsi berbagai jenis tanaman obat selagi masih muda di dapat.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.