MUSTIKALAND.CO.ID - Sudahkah Anda tahu apa manfaat yoga bagi kesehatan? Yoga merupakan sebuah aktivitas fisik atau olahraga yang menggabungkan gerakan, kekuatan, pernapasan dan meditasi. Berbeda dengan bersepeda yang membutuhkan peralatan mahal, yoga bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang lebih menyukai olahraga sederhana tanpa memerlukan aksesoris dan peralatan mahal. Berdasarkan sebuah studi, yoga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan fisik dan mental baik untuk pria, wanita serta remaja. Itulah mengapa kini minat masyarakat terhadap yoga semakin tinggi. Lantas, apa saja manfaat yang bisa dirasakan dari latihan yoga? 

Manfaat Yoga Untuk Wanita

Manfaat Yoga Untuk Wanita

Yoga disebut-sebut banyak membawa manfaat bagi wanita, salah satunya karena wanita lebih rentan mengalami insomnia, benarkah demikian? Berikut beberapa manfaat yoga yang baik untuk kesehatan wanita:

Meningkatkan Kualitas Tidur

Penelitian menyebut bahwa lebih dari 45 persen orang dewasa di seluruh dunia mengalami gangguan susah tidur atau insomnia. Jika Anda adalah satunya, maka Anda bisa menggunakan yoga sebagai salah satu alternatif untuk memperbaiki kualitas tidur Anda di malam hari. Umumnya, susah tidur yang dialami banyak orang berkaitan dengan stres hingga kecemasan. 


Nah, dengan melakukan yoga tubuh Anda akan menjadi lebih rileks dan pikiran jadi lebih tenang. Adapun posisi yoga yang dianjurkan untuk mengatasi insomnia diantaranya, Nadi shodhana,  Uttanasana, Viparita karani, Uttana shishosana dan Supta matsyendrasana. Beberapa posisi diatas diyakini mampu membuat kualitas tidur Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya. 


Baca Juga: Rekomendasi Desain Kamar Tidur Minimalis, Tetap Tampil Estetik

Menurunkan Berat Badan

Anda tentu sudah familiar dengan salah satu manfaat yoga yang satu ini. Namun, yang menjadi pertanyaan bagaimana cara yoga menurunkan berat badan? Menurut Beth A. Lewis, seorang profesor dari University of Minnesota School of Kinesiology, Amerika Serikat mengatakan bahwa jika berjalan kaki selama satu jam dapat membakar kalori sebanyak 266 kalori. Maka satu jam latihan yoga yang Anda lakukan dapat membakar sebanyak 288 kalori. Tentu saja semakin banyak kalori yang terbakar maka semakin banyak pula lemak yang ada di tubuh Anda menghilang.

Tingkatkan Gairah Hubungan Intim

Manfaat yoga berikut ini mungkin lebih banyak dibutuhkan wanita. Mengapa? ini karena secara umum gairah bercinta wanita lebih rendah daripada pria. Bahkan, sebuah penelitian menyebut bahwa 40 wanita yang melakukan yoga selama 12 minggu telah memiliki kehidupan seks yang jauh lebih baik dari sebelumnya. 


Adapun gerakan atau posisi yoga yang dipercaya mampu meningkatkan kualitas hubungan intim diantaranya, Pelvic Tilts, Happy Baby Pose, Reclining Pigeon, Cat Pose & Cow Pose, Reclining Bound Angle, Dead Bug dan Downward Facing Dog. Tentunya manfaat tersebut hanya bisa Anda rasakan jika Anda melakukannya secara rutin atau setiap hari jika diperlukan.

Menambah Rasa Percaya Diri

Mungkin Anda merasa heran bagaimana mungkin yoga bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang, dan apa hubungannya yoga dengan percaya diri. Menurut Dr. Pulkit Sharma, seorang Clinical Psychologist and Psychoanalytic Therapist dari India gerakan atau pose yang menantang dalam yoga membantu memfasilitasi seseorang dalam membangun dan menyemangati rasa percaya diri.


Baca juga: 5 Tips Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Di Masa Pandemi

Memperbaiki Performa Seksual

Sama halnya dengan wanita, bagi pria yoga juga bermanfaat memperbaiki performa seksual. Anda mungkin berpikir bahwa performa seksual Anda baik-baik saja, tapi Anda akan tercengang saat tahu bahwa yoga dapat menyalakan gairah seks Anda. Ya, selain gerakan yoga akan membantu menstimulasi otot-otot seks Anda, saat melakukan yoga peredaran darah akan lancar dan anda akan merasakan rileks hal inilah yang akan membuat performa seks anda meningkat. 

Manfaat Yoga Untuk Pria

Manfaat Yoga Untuk Pria

Jika wanita lebih rentan dengan insomnia, maka menurut penelitian pria lebih rentan terkena  depresi akibat stres berkepanjangan. Lantas, apakah benar yoga dapat menghilangkan stres? Untuk mengetahui jawabannya, ada baiknya Anda membaca beberapa manfaat yoga untuk pria berikut ini:

Membenahi Stamina

Selain memperbaiki performa seksual, yoga juga ampuh menambah stamina pria. Dibanding angkat beban yang dapat membuat Anda lelah, perpaduan antara gerakan, meditasi dan relaksasi yang ada dalam yoga justru membuat stamina tubuh Anda meningkat. Untuk meningkatkan stamina, sebagai pemula Anda bisa mencobanya dengan intensitas rendah dan durasi yang lebih singkat. Jika Anda melakukannya secara rutin tubuh akan memproduksi energi yang cukup untuk mendukung segala aktivitas Anda. 

Kurangi Stres

Selain kesehatan fisik, yoga juga dipercaya mampu memperbaiki kesehatan mental seseorang, misalnya, stres. Stres tentu membawa dampak buruk bagi kesehatan, seperti munculnya gangguan tidur, kelelahan, kecemasan hingga depresi. Stres yang dibiarkan berkepanjangan bisa menyebabkan meningkatnya produksi sitokin. Produksi sitokin berlebih inilah yang bisa mengakibatkan kerusakan di dalam tubuh dalam jangka panjang. 


Dalam prakteknya, yoga memiliki 3 komponen yang digabung menjadi satu, yaitu pose, pernapasan dan meditasi. Dimana ketiganya diyakini dapat membantu proses relaksasi dan meredakan stres. Macam-macam gerakan yoga yang dapat mengatasi stres diantaranya, Forward Bend, Standing Forward Bend with Opener Shoulder, Wide-Legged Standing Forward Bend, Side Stretch dan Savasana.


Baca Juga: 11 Desain Taman Kering Indoor yang Bisa Lepaskan Stress

Memperlancar Aliran Darah

Umumnya, orang yang peredaran darahnya tidak lancar akan sering mengalami nyeri, kram otot, mati rasa, varises hingga kesemutan pada area lengan dan kaki. Untuk menghindari hal tersebut Anda perlu melakukan olahraga yoga. Pasalnya, melakukan yoga secara rutin bermanfaat dalam memperlancar aliran darah dan membantu menjaga kestabilan darah. Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, Anda perlu melakukan yoga setidaknya 30-50 menit setiap dalam sekali latihan. 

Sarana Relaksasi

Manfaat lain dari yoga yaitu membantu merelaksasi tubuh. Berbagai penelitian menyebut bahwa yoga yang menggabungkan antara pernapasan dan peregangan otot dapat membantu merelaksasi tubuh. Adapun gerakan yoga yang dapat merelaksasi tubuh diantaranya Balasana (Child Pose), Viparita Karani (Kaki ke Atas di Dinding), Makarasana (Crocodile Pose), Supta Matsyendrasana (Reclining Fish Pose), Supta Baddha Konasana (Bound Angle Pose) dan Savasana (Corpse Pose). 

Manfaat Yoga Untuk Remaja

Manfaat Yoga Untuk Remaja

Tidak hanya orang dewasa, yoga juga bermanfaat mengatasi berbagai masalah pada anak remaja, bila dilakukan secara rutin yoga dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

Meningkatkan Konsentrasi

Mungkin banyak orang melihat yoga sebagai olahraga fisik semata, padahal tidak demikian. Lebijdari itu yoga Adapun gerakan yang dapat meningktakan konsentrasi diantaranya Setu Bandhasana (pose jembatan), Vrikshasana (pose pohon), Garudasana (pose elang) Virabhadrasana (pose pejuang) dan Natarajasana ( pose menari).

Meningkatkan Rasa Optimis

Sejalan dengan pertumbuhan fisik dan mentalnya terkadang seorang anak dihadapkan dengan situasi dimana ia merasa tidak yakin dengan kemampuan yang dimilikinya. Untuk dapat membantu menumbuhkan rasa optimis tersebut Anda dapat berlatih yoga setiap hari.  Hal ini serupa dengan studi yang dilakukan Dr. Kenneth Ginsburg, M.D., M.S., Ed, yang menemukan bahwa sikap optimis dapat membentuk karakter anak di masa depan. 


Baca juga: 15 Manfaat Renang yang Baik untuk Psikologis dan Kesehatan

Memperbaiki Postur Tubuh

Aktivitas yang cukup padat di usia remaja, seperti membawa tas punggung dengan beban yang berat terkadang membawa dampak buruk pada kesehatan anak misalnya sakit punggung, leher dan bahu. Jika sudah begini yoga bisa menjadi salah satu alternatif alami yang dapat mengatasi keluhan tersebut. Melalui gerakan-gerakan yang ada dalam yoga tulang punggung yang mengalami cedera dapat kembali normal.

Itulah beberapa manfaat yoga yang baik bagi kesehatan pria, wanita dan remaja yang perlu Anda ketahui. Meski dalam prakteknya untuk dapat merasakan manfaat yoga Anda perlu melakukan latihan setiap hari atau secara intensif, namun hal tersebut sepadan dengan apa yang akan Anda dapatkan nantinya. Supaya Anda terhindar dari cedera, pastikan Anda di dampingi oleh instruktur profesional yang memiliki banyak pengalaman.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.