MUSTIKALAND.CO.ID - Saat ini umat manusia di seluruh penjuru dunia tengah melakukan perlawanan sengit melawan ganasnya virus Corona. Selama masa pandemi covid-19, ancaman penularan masih terus menghantui penduduk bumi. Jangan biarkan virus menular ini menyerang dan mengganggu aktivitas Anda. Lakukan 5 tips cara menjaga kesehatan di masa pandemi berikut ini agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar.

Gunakan Masker

Gunakan Masker

Dimasa pandemi, kesehatan tubuh adalah prioritas paling utama. Oleh karenanya, melindungi diri dari penularan virus corona menjadi sebuah keharusan. Sebagaimana Anda ketahui bahwa salah satu jalan penularan virus corona adalah melalui percikan air liur yang keluar ketika batuk atau berbicara atau yang lebih dikenal dengan nama droplet.

Salah satu ikhtiar yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri dari paparan virus mematikan tersebut adalah dengan menggunakan masker. Sebagai alat pelindung diri, masker terbukti efektif mengurangi resiko penularan virus corona. Penggunaan masker yang benar dapat menghalau percikan air liur yang keluar secara tidak sengaja saat berbicara, batuk atau bersin.

Tidak hanya berhenti pada penggunaan masker saja, Anda juga dapat membatasi penularan dengan rajin mencuci tangan usai menyentuh sesuatu. Anjuran penggunaan masker sebenarnya sudah didengungkan banyak pihak. Bahkan World Health Organization (WHO) telah mengeluarkan pedoman pemakaian masker sata pandemi.

Jika mengacu pada pedoman yang ada di Indonesia, aturan dari World Health Organization (WHO) terbilang sangat ketat. Dimana WHO mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker dobel yang memiliki 3 lapisan atau 3 layer. Kemudian, masker yang dipakai harus menutupi mulut , dagu dan hidung secara menyeluruh. Serta, tidak boleh menggunakan masker yang memiliki rongga udara. Intinya, semakin baik kualitas masker yang Anda pakai, semakin efektif pula hasilnya.

Olahraga Teratur

Olahraga Teratur

Biasakan olahraga teratur dengan durasi antara 30-60 menit setiap harinya untuk setiap sesi latihan. Jika tidak bisa setiap hari, Anda bisa melakukannya seminggu 3 kali. Anda tidak perlu berolahraga secara berlebihan. Lakukanlah olahraga sesuai dengan kemampuan tubuh. Sebab, berlebihan dalam olahraga hanya akan membuat tubuh lelah hingga mudah terserang penyakit.

Olahraga ringan, seperti yoga, treatmel, skipping dan senam bisa Anda jadikan pilihan membantu mengoptimalkan sistem imunitas tubuh. Jenis olahraga ini bisa Anda lakukan dirumah tanpa perlu khawatir tertular virus corona. Jadikan pandemi bukan sebagai halangan untuk tetap berolahraga, sebaliknya jadikan situasi ini sebagai motivasi untuk terus meningkatkan kebugaran tubuh dengan olahraga secara teratur.

Atur Pola Makan Seimbang

Atur Pola Makan Seimbang

Tidak hanya olahraga teratur yang memiliki manfaat menjaga kesehatan di masa pandemi. Mengatur  pola makan juga dapat membantu menjaga imunitas Anda dan menurunkan resiko terkena paparan virus corona. Pasalnya, dengan pola makan yang benar Anda akan mendapatkan asupan nutrisi, kalori dan energi yang cukup untuk kebutuhan aktivitas harian.

Untuk menjaga kestabilan imun, Anda perlu menghindari mengkonsumsi gula, garam dan lemak secara berlebih. Bukan karena tidak sehat, tapi mengkonsumsinya dengan porsi yang tidak tepat hanya akan memicu munculnya penyakit kronis.

Perhatikan pula konsumsi air putih harian Anda, apakah kebutuhan cairan tubuh Anda sudah terpenuhi atau belum. Jika belum, minumlah air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda untuk mencegah dehidrasi. Idealnya, 8 gelas perhari untuk dewasa dan 5-6 gelas perhari untuk anak-anak.

Meski tidak ada makanan, suplemen bahkan obat yang dapat menyembuhkan covid, paling tidak cara ini bisa Anda lakukan sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan tubuh selama masa pandemi covid-19.

Cukup Tidur

Cukup Tidur

Ada kalanya Anda merasa stres dengan kondisi dunia yang tengah sakit karena pandemi. Stres dan kecemasan berlebihan karena khawatir akan kesehatan diri sendiri biasanya menyebabkan seseorang susah tidur. Bila hal ini dibiarkan, bukan tidak mungkin penyakit berupa gangguan jantung, serangan jantung bahkan gagal jantung akan dengan mudahnya menyerang tubuh Anda.

Kurang tidur juga rentan dengan penurunan imunitas, mudah sakit, performa seks dan daya ingat menurun, penuaan dini hingga munculnya jerawat pada wajah. Terlebih bagi orang yang sedang mengalami masa pubertas. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kondisi ini. Diantaranya, dengan mengatur jadwal tidur secara teratur. Kemudian menyibukan diri dengan aktivitas sebelum tidur yang dapat membantu Anda lebih mudah tertidur.

Berpikir Positif

Berpikir Positif

Tidak perlu panik, jika Anda sudah melakukan upaya menjaga diatas, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah berpikir positif. Percaya atau tidak, berpikir positif dapat menimbulkan sikap tenang menghadapi setiap kondisi, termasuk masa pandemi seperti sekarang ini. Betul, bahwa berpikir positif tidak akan serta merta menyudahi pandemi ini.

Anda pun tidak dapat mencegah penyebaran penularan virus corona. Namun, sikap tenang yang dihasilkan dari pikiran positif akan membuat situasi menjadi lebih stabil. Tidak hanya kesehatan tubuh saja yang akan terjaga, kesehatan mental Anda juga terkendali.

Itulah 5 cara menjaga kesehatan tubuh yang sangat dianjurkan di masa pandemi. Kami yakin Anda sudah membaca banyak artikel yang membahas tentang bagaimana cara menjaga kesehatan di masa pandemi. Namun, artikel ini bisa Anda jadikan pelengkap referensi yang sudah Anda ketahui.

Bila Anda membutuhkan tempat tinggal yang asri dan sejuk untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk pandemi. Untuk mendapatkan solusi lengkapnya, Anda bisa menghubungi melalui untuk meminta informasi seputar dunia.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].