MUSTIKALAND.CO.ID - Salah satu komponen penting dalam sebuah rumah adalah jendela. Tidak hanya berfungsi sebagai jalur cahaya dan sirkulasi udara yang masuk saja, tetapi juga dapat menambah nilai estetika pada ruangan. Kerangka jendela umumnya tak hanya terbuat dari kayu, tetapi juga bisa terbuat dari dari beberapa macam bahan, seperti baja, aluminium, dan fiberglass. Pada kesempatan ini, mari kita bahas tentang jendela yang terbuat dari aluminium.


Seperti pada jendela pada umumnya, terdapat beberapa macam model dan ukuran pada jendela aluminium yang dapat Anda pilih. Sebelum memutuskan untuk memilih jendela jenis ini, Anda harus ketahui dulu apa saja keunggulan dan kekurangan dari jendela aluminium berikut.  

Keunggulan Jendela Aluminium

Jendela aluminium memiliki beberapa keunggulan dibanding jendela lain, apa sajakah kelebihannya? Berikut beberapa di antaranya.

  1. Ringan dan Anti Karat

Keunggulan pertama pada jendela aluminium adalah memiliki berat yang jauh lebih ringan dibanding dengan jendela berbahan kayu atau besi. Bahan ini juga dianggap lebih awet karena tahan terhadap korosi.

  1. Mudah Dirawat

Keunggulan berikutnya adalah mudah dirawat. Cukup dengan cairan atau air sabun untuk dibersihkan sambil sesekali menggosok kusen dan daun jendela dan mengeringkannya dengan kain halus agar terhindar dari jamur.

  1. Estetik

Bahan jenis ini dapat Anda kombinasikan dalam berbagai macam varian warna yang membuat ruangan menjadi lebih indah. Jendela aluminium dapat menambah nilai estetik dari rumah Anda.

  1. Mudah Menstabilkan Suhu

Jendela aluminium membuat suhu di ruangan Anda lebih stabil. Ini dikarenakan perekatan pada jendela aluminium yang lebih kuat, sehingga udara yang masuk akan lebih sedikit saat jendela ditutup. 

  1. Tidak Berubah Bentuk

Anda mungkin mengeluh karena jendela kayu Anda berubah bentuk menjadi memuai atau menyusut, perubahan tersebut disebabkan oleh perubahan cuaca yang terjadi.

Keluhan tersebut tidak akan Anda rasakan dengan jendela aluminium, karena bahan ini tahan terhadap segala jenis cuaca sehingga tidak akan memuai atau menyusut layaknya kayu.

  1. Ekonomis

Jendela aluminium bisa menjadi pilihan jendela Anda karena memiliki harga yang ramah di dompet dibanding jendela dengan bahan besi atau kayu. Anda juga bisa menyiasati pengeluaran dengan membeli jendela aluminium bekas yang masih bagus, baik itu secara langsung atau lewat marketplace yang Anda percayai.


Baca Juga: Bentuk dan Jenis Genteng Populer untuk Tampilan Rumah yang Unik dan Estetik


Kekurangan Jendela Aluminium

Setelah mengetahui keunggulan pada jendela aluminium, Anda juga perlu mengetahui kekurangan yang dimiliki oleh jendela aluminium, beberapa di antaranya antara lain: 

Susah dipasang

Pemasangan jendela aluminium tidak bisa sembarangan dilakukan oleh orang yang belum mengerti. Kenapa? Karena harus menggunakan sekrup fischer yang dibor dan ditanam hingga menembus sisi jendela dan tembok. Jika tidak hati-hati, besar kemungkinan akan merusak dinding Anda.

Bentuk yang Terbatas

Jendela aluminium memiliki bentuk atau model yang terbatas dibandingkan dengan tipe lain. Desain dan tampilan jendela aluminium tidak bisa dibentuk layaknya jendela kayu, sehingga tidak bisa dirubah sesuai kemauan Anda.

Ukuran yang Harus Akurat  

Berbeda dengan jendela kayu, jendela aluminium haruslah memiliki ukuran pada lubang dan jendela yang sesuai agar tidak ada lubang antara jendela dan dinding. 


Baca Juga:
 Teralis Jendela, Si Komponen Penting Dalam Rumah

Cara Memilih Jendela Aluminium

Selanjutnya, Anda juga harus tahu cara memilih jendela aluminium yang baik dan benar. Terdapat beberapa ketentuan sebelum Anda membeli jendela, seperti tipe, ukuran, dan lain sebagainya, antara lain:

Berdasarkan Model

Tipe atau model dari jendela aluminium terbagi menjadi beberapa tipe berdasarkan dari cara membukanya, yakni swing, casement, dan sliding. Simak kelebihan dan kekurangan di bawah ini.

  • Swing

Model jendela aluminium pertama adalah tipe swing. Jendela model ini merupakan jendela yang bisa dibuka dengan 2 cara, yakni didorong atau ditarik. Karena menggunakan engsel layaknya pintu, sehingga bisa dibuka selebar mungkin hingga 180°. 


Kekurangan dari tipe swing adalah tidak adanya penahan terhadap angin kencang, sehingga mudah tertutup sendiri. Jendela aluminium minimalis modern ini sangat cocok Anda tempatkan di tempat yang jarang dilalui angin kencang, seperti lantai dasar.

  • Casement 

Casement merupakan tipe jendela yang dibuka dengan cara mendorong kearah luar. Salah satu kelebihan jendela aluminium ini terletak pada engsel. Jendela casement atau jendela tingkap memiliki engsel yang berada dalam posisi tersembunyi sehingga sulit dibongkar oleh pencuri. Kelebihan lainnya adalah bisa menahan angin yang kencang dibanding model swing. 


Kelemahan dari tipe casement adalah adanya batasan yang mampu ditahan oleh engsel tersembunyi tersebut, sehingga tidak dapat menahan kaca yang lebih besar dan hanya mampu dibuka selebar 90° saja.

  • Sliding

Jenis jendela aluminium selanjutnya adalah sliding. Model ini dapat Anda buka dengan cara digeser ke kanan atau kiri karena menggunakan roda dan rel. Kekurangan dari jendela aluminium sliding adalah roda dan rel yang bisa rusak karena termakan oleh waktu. Jika terjadi, Anda cukup mengganti saja roda atau rel yang bermasalah sehingga bisa digunakan dengan baik kembali.

  • Jendela Mati

Jenis jendela aluminium ini bukanlah jendela yang dapat Anda buka. Jadi, hanya sebagai jendela kaca saja. Fungsi dari jendela ini adalah sebagai memberikan kesan luas atau lega terhadap rumah Anda. 

Kekurangan pada jendela tipe ini adalah ukurannya yang besar, sehingga harga yang dipatok juga relatif lebih mahal daripada jenis yang lain.

Baca Juga: 7 Inspirasi Model Teralis Jendela Minimalis, Bikin Hunian Anda Lebih Bergaya

Berdasarkan Ukuran

Setiap ruangan memiliki jendela nya sendiri, baik itu ruangan kecil, medium, dan juga besar sehingga cocok dengan ruangan Anda dan terlihat bagus. 

  1. Ruangan Kecil

Model jendela aluminium minimalis modern sangat cocok untuk salah satu ruangan rumah Anda yang tidak terlalu besar. Anda dapat memasang jendela berukuran 40 cm x 60 cm di ruangan berukuran sekitar 4 meter x 4 meter.

  1. Ruangan Sedang

Untuk ruangan Anda yang berukuran medium, seperti ruang tamu.  Anda bisa memasang jendela aluminium berukuran 100 cm x 100 cm.

  1. Ruangan Besar

Bagaimana dengan ruangan yang lebih besar? Untuk ruangan ini, Anda dapat memasang jendela yang lebih besar, yakni 160 cm x 120 cm. Jendela aluminium berukuran besar sangat cocok dipasang di hall atau ballroom.

Itulah kelebihan, kekurangan, dan beberapa cara untuk memilih jendela aluminium yang tepat untuk hunian Anda. Jika Anda ingin memperindah rumah, tidak ada salahnya untuk memilih jendela aluminium sebagai salah satu pilihan jendela.

Pilihlah jendela aluminium yang sesuai dengan rumah Anda dan konsultasikan kepada orang yang tepat agar tidak menyesal di kemudian hari. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya!

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].