MUSTIKALAND.CO.ID - Salah satu bagian dari bangunan yang memerlukan perawatan ekstra adalah dinding. Fungsinya sebagai pelindung bangunan perlu diberikan perlindungan serta perawatan khusus. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga dan merawat dinding adalah dengan memberikan pelapis dinding. Adapun material yang bisa Anda gunakan sebagai pelapis dinging diantaranya keramik, marmer, panel, aluminium enamel, wallpaper, kayu, karpet hinga cermin. Selain berfungsi sebagai pelindung pelapis dinding ini sekaligus bisa meningkatkan estetika sebuah hunian. Supaya Anda bisa memilih pelapis dinding yang sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut 5 rekomendasi pelapis dinding yang bisa Anda coba.

Pelapis Dinding dari Kayu

Pelapis Dinding dari Kayu

Selain untuk kebutuhan furniture, kayu juga bisa digunakan sebagai pelapis dinding. Kayu menjadi pelapis dinding yang paling banyak digunakan, selain menampilkan kesan alami penggunaan kayu sebagai pelapis dinding menambah suasana hangat pada sebuah rumah. Adapun jenis kayu yang biasa digunakan sebagai pelapis yaitu, Teakblock, Plywood dan panel MDF. Namun, bila Anda menginginkan kayu yang awet hingga berpuluh puluh tahun, Anda bisa memilih kayu jati sebagai solusinya.

Pelapis Dinding dari Karpet

Pelapis Dinding dari Karpet

Pernah melihat dinding yang dilapisi karpet? Anda mungkin akan kesulitan menemukan pelapis dinding dengan material karpet. Pasalnya material ini digunakan dirumah-rumah pribadi, melainkan material ini kebanyak digunakan pada banguna komerisla seerti bioskop, studio musik dan sejenisnya. Sifatnya yang mampu meredam suara sangat berguna . Karpet yang digunakan sebagai peredam biasanya terbuat dari fiber mineral akustik, rockwool dan panel absorber.

Bila pekerjaan Anda menyebabkan stres, terutama saat kebisingan berlangsung pada ruang kerja yang mana menuntut konsentrasi tinggi, Anda bisa menghadirkan ruang yang tenang, hening dna jauh dari kebisingan dengan melapisi dinding ruangan tersebut menggunakan karpet. Dengan memasang peredam suara, Anda bisa terhindar dari stres.

Pelapis Dinding dari Panel

Pelapis Dinding dari Panel

Ingin rumah Anda terlihat lebih cantik? Trik berikut ini mungkin bisa Anda coba terapkan. Adapun trik yang dapat menyulap ruangan akan menjadi tampak lebih modis dan cantik adalah dengan memberikan lapisan berupa panel ke dinding rumah Anda. Penggunaan panel untuk melapisi dinding sudah mulai banyak digunakan di Indonesia. Umumnya sekarang ini panel yang banyak diminati adalah panel berprofil yang memiliki beberapa garis di beberapa bagian. Selain memiliki dimensi panel ini juga memberikan kesan mewah. Material panel sendiri biasanya terbuat dari kaca, cutting stiker dan polikarbonat.

Pelapis Dinding dari Marmer

Pelapis Dinding dari Marmer

Jika Anda memiliki budget lebih, tidak ada salahnya bagi Anda untuk melapisi dinding rumah Adda dengan marmer. Batuan metamorf ini terbentuk dengan beberapa unsur seperti mineral karbonat rekristalisasi, kalsit atau dolomit yang kemudian mengalami sebuah proses yang disebut metamorfosis. Berkat proses ini marmer menjadi salah satu batu dengan corak yang sangat indah.

Biasanya penggunaan material marmer pada sebuah rumah dimaksudkan untuk menciptakan kesan mewah, eksklusif dan indah. Pengaplikasian marmer sebenarnya tidak hanya untuk lantai saja, namun beberapa elemen seperti dinding juga bisa diaplikasikan. Meski termasuk dalam bebatuan, namun marmer memiliki sifat lunak. Oleh karenanya marmer mudah sekali lecet, tergores bahkan terkelupas.

Sifat ini pula yang membuat marmer memiliki umur yang cukup pendek. Selain itu, salah satu kekurangan marmer adalah jika bersentuhan dengan zat asam seperti saus, produk pembersih atau bahkan minuman, biasanya marmer akan berubah warna. Celakanya perubahan ini bersifat permanen, jika sudah begini marmer tidak bisa diperbaiki dan harus diganti dengan yang baru.

Pelapis Dinding dari Wallpaper

Pelapis Dinding dari Wallpaper

Jika Anda sedang mencari referensi pelapis dinding yang bagus, murah dan efisien, mungkin Anda bisa mencoba memilih wallpaper sebagai opsinya. Diantara pelapis dinding yang lain, bisa dibilang wallpaper termasuk yang paling murah. Selama ini, banyak orang yang menghindari penggunaan wallpaper karena dianggap mudah mengelupas. Padahal, Anda bisa menggunakan wallpaper yang aman untuk dinding sekaligus mencegah rembesan. Pengaplikasiaanya pun cukup mudah, cukup menempelkannya ke dinding menggunakan lem perekat. Penggunaaan wallpaper kurang cocok digunakan di luar ruangan, ini karena wallpaper rentan terhadap pemudaran jika terkena matahari. Wallpaper layaknya hiasan dinding dari kertas atau plastik.

Pelapis Dinding dari Cermin

Pelapis Dinding dari Cermin

Selain wallpaper, pelapis dinding yang juga banyak digunakan saat ini adalah cermin. Benda yang dapat memantulkan bayangan dengan sempurna ini banyak diminati karena mampu merefleksikan bayangan yang ada di hadapannya sehingga nampak lebih luas dari aslinya. Pemilihan desain, ukuran dan penempatan perlu diperhatikan agar pengaplikasian nya tidak sia-sia. Misalnya, Pada ruangan sempit, Anda bisa menempatkan cermin di sudut ruangan, ini sangat membantu karena dapat menciptakan ilusi luas. Jangan lupa letakan beberapa perabot di salah satu sudut untuk menciptakan ilusi.

Terkait ukuran, jangan karena ingin mendapatkan kesan luas lantas Anda menempatkan cermin dengan ukuran yang terlalu besar. Pastikan cermin yang akan Anda tempatkan memiliki perbandingan yang sesuai dengan ukuran ruangan. Sifatnya yang mudah pecah perlu Anda antisipasi dengan menjauhkannya dari anak-anak. Kalau dirasa sulit, sebisa mungkin anak-anak Anda saat bermain di sekitar dinding yang dilapisi dengan cermin. Jika pengaplikasiannya tepat, selian terasa lebih luas, rumah Anda juga terlihat istimewa.

Pelapis Dinding dari Keramik

Pelapis Dinding dari Keramik

Mungkin Anda pernah melihat sebuah rumah yang seluruh dindingnya dilapisi  dengan keramik. Anda pun mungkin bertanya-tanya, apakah maksud pemasangan tersebut. Ada dua kemungkinan mengapa seseorang memilih melapisi dinding rumahnya menggunakan keramik. Pertama untuk mengatasi masalah jamur pada dinding, pada area seperti kamar mandi risiko munculnya jamur semakin besar. Dengan melapisi dinding kamar mandi dengan keramik, cipratan air tidak akan langsung mengenai dinding, hingga dinding tetap kering.

Kedua, penggunaan keramik pada seluruh dinding rumah kemungkinan dimaksudkan untuk menghalau panas sinar matahari yang diserap dinding. Sebagai konduktor, dinding adalh penyerap panas terbaik. Adanya keramik sebagai pelapis dinding akan membuat panas sinar matahari tidak akan langsung mengenai dinding. Dengan begitu, Dinding tidak akan mengeluarkan panas di malam hari.

Pelapis Dinding dari Gypsum

Pelapis Dinding dari Gypsum

Selain dikenal sebagai material atap plafon, Gypsum juga banyak dimanfaatkan sebagai partisi dan pelapis dinding. Pengaplikasian Gypsum sebagai pelapis dinding relatif mudah, cukup dengan memberikan lapisan lem khusus terlebih dulu sebelum menempelkan ke dinding. Sifatnya yang tidak tahan terhadap air patut Anda waspadai saat menempatkan material ini. Sebaiknya dinding yang akan dilapisi dengan Gypsum berada di area kering dan aman dari air.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.