Indonesia merupakan negara di dunia yang memiliki sampah plastik terbanyak di dunia. Namun, kita dapat membantu mengurangi pencemaran pada lingkungan dengan mendaur ulang limbah yang ada di sekitar kita  seperti kardus, botol plastik, kertas karton, susu karton dan sebagainya.

Tidak ada salahnya jika sampah yang kita miliki dijadikan kerajinan limbah yang inovatif dan menarik. Apalagi sekarang sebagian besar  supermarket yang sudah tidak menggunakan tas plastik jadi kita harus lebih cerdas untuk mendaur ulang bahan-bahan di rumah. Yuk , sulap sampah menjadi barang bermanfaat di bawah ini.


Manfaat Daur Ulang Limbah

Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat banyak manfaat dari mendaur ulang barang bekas. Di tangan yang kreatif, kerajinan dari limbah dapat diubah menjadi benda yang bernilai dan bermanfaat.Simak manfaat kerajinan dari limbah berikut ini:

  1. Mengurangi pencemaran pada lingkungan

  2. Sebagai benda hias di rumah

  3. Kerajinan bermanfaat

  4. Kerajinan dapat dijual

 

Baca juga: 5 Ide Kreatif Hiasan Dinding Yang Dapat Anda Pilih untuk Rumah Anda

 

 5 Kerajinan Limbah yang Dapat Anda Coba

Tentunya Anda bertanya-tanya, apa saja contoh kerajinan limbah? Inilah kreasi kerajinan dari limbah yang dapat anda coba:

  1. Membuat Kerajinan dari Kertas bekas

Wanita Membuat Kerajinan dari Kertas bekas

Kerajinan dari limbah kertas ini cukup bermanfaat untuk menulis. Membuat kertas dengan tangan di rumah bisa menjadi proses yang cukup sederhana. Anda dapat mengumpulkan kwitansi lama, kertas bekas, surat lama, dan kertas fotokopi dan menciptakan sebuah kertas baru. Anda dapat menyobek semua kertas yang telah dikumpulkan dan blender kertas tersebut. Keluarkan semua hasil isi blender kemudian diamkan seharian pada wadah berukuran persegi empat.

 

  1. Membuat Tote Bag dari Plastik Saset

Membuat Tote Bag dari Plastik Saset

Tentunya terdapat banyak bungkus bekas kopi atau bekas produk rumah tangga.  Membuang saset tersebut setelah habis adalah hal yang biasa kita lakukan. Tapi pernahkah Anda berpikir untuk menjadikan bungkus bekas yang bertumpuk menjadi kerajinan tas? Penting untuk kita ketahui bahwa kerajinan dari plastik ini merupakan kerajinan yang  bernilai sangat tinggi. Bahkan, nilainya mencapai Rp200 ribuan ke atas jika masuk pasar ekspor.

 

  1. Membuat Vas dari Botol Plastik

Membuat Vas dari Botol Plastik

Bosan dengan tampilan pot yang tidak menarik? Inilah kerajinan dari limbah yang mudah dibuat. Coba kumpulkan botol mineral Anda menjadi pot yang lucu.  Botol adalah contoh limbah plastik yang dapat Anda kreasikan. Berikan hiasan dengan pita atau gambar yang Anda sukai agar lebih menarik. Lalu, letakkan kerajinan dari botol ini di ruang tamu atau ruang tamu.


 

Baca juga: Inspirasi Dekorasi Rumah Memakai Kerajinan Kayu Palet

 

  1. Membuat Lampu Tidur dari Kaleng

Salah satu contoh kerajinan limbah keras adalah kerajinan yang terbuat dari kaleng. Kerajinan limbah keras yang terbuat dari kaleng ini dapat dikreasikan menjadi kerajinan tangan yang bermanfaat, contohnya lampu tidur yang terbuat dari kaleng. Kaleng adalah kerajinan dari limbah keras dan salah satu kerajinan anorganik yang dapat menghiasi kamar Anda dengan cantik.

 

  1. Membuat Bunga dari Sabun

Batang sabun yang sudah menyusut tak perlu Anda buang. Anda dapat membuat bunga hias dari sabun. Pertama, Anda harus membuat adonan sabun. Lalu, parutlah sabun batang tersebut menjadi halus seperti keju parut.

Kemudian, campurlah parutan sabun dengan tepung tapioka, lalu tambahkan sedikit air. Aduk adonan hingga merata, dan bentuk kelopak bunga.

Selalu ada cara untuk berkreasi dengan limbah. Selain dapat mengasah otak, kreasi kerajinan dari limbah mengurangi pencemaran pada lingkungan.