MUSTIKALAND.CO.ID - Ada banyak jenis furnitur kreasi dari kayu palet bekas yang cantik, sekaligus mudah dan cepat dibuat untuk memperindah rumah Anda.

Anda memiliki tumpukan kerangka kayu dari hasil belanja online dan teronggok begitu saja di rumah? Daripada memenuhi rumah, Anda bisa memanfaatkan kayu palet tersebut untuk menghias rumah. Selain berguna mempercantik interior rumah tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, dengan menggunakan kerajinan kayu palet Anda bisa menyelamatkan lingkungan. Sebab menggunakan kayu daur ulang yang bersifat ramah lingkungan. Aksi Anda dapat mengurangi limbah kayu berserakan di alam.

Supaya Anda bisa mengenal jauh tentang kerajinan kayu palet, artikel ini akan membahas pengertian kayu palet, inspirasi penggunaan kerajinan kayu palet untuk dekorasi interior rumah, dan cara membuat kerajinan kayu palet yang unik. Simak baik-baik ulasan artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Kayu Palet?

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu apa itu kayu palet. Umumnya kayu palet kerap digunakan oleh perusahaan-perusahaan ekspedisi untuk mengemas barang agar tetap terlindung selama masa pengiriman.

Terutama pada barang yang berisiko tinggi mengalami pecah atau rusak seperti benda pecah belah dan benda elektronik. Adanya kebutuhan itu, maka perusahaan ekspedisi memanfaatkan kayu palet untuk material pengemasan.

Baca Juga: 6 Ide Kreatif dan Simpel Membuat Hiasan Dinding Dari Kayu

Material Kayu Palet

Oleh karena kegunaan kayu palet sebagai pelindung untuk mencegah kerusakan barang, maka material kayu palet haruslah kokoh tapi tetap ringan dan mudah ditata. Kayu palet menggunakan beberapa jenis kayu, baik kayu lunak atau kayu keras. Ada yang menggunakan kayu pinus, kayu oak, kayu sengon, atau bahkan kayu olahan seperti MDF.

Di Indonesia umumnya kerajinan kayu palet menggunakan kayu pinus karena bersifat ringan, awet, tahan rayap, dan kuat. Selain itu, kelebihan kayu pinus adalah mudah sekali dibentuk karena tergolong kayu lunak.

Inspirasi Dekorasi Rumah Memakai Kerajinan Kayu Palet

Anda tertarik menggunakan kerajinan kayu palet untuk menambah keindahan interior rumah Anda? Berikut inspirasi dekorasi rumah memanfaatkan kerajinan kayu palet yang keren dan unik untuk melengkapi dekorasi rumah Anda.

1.      Rak Kayu Palet Sebagai Perabot Multifungsi

Rak Kayu Palet Sebagai Perabot Multifungsi

Rak kayu dari kerajinan kayu palet ini bisa menjadi perabotan rumah multifungsi, karena Anda bisa meletakkan berbagai barang dalam rak ini sesuai kebutuhan. Anda bisa memajang pigura foto yang mengingatkan dengan momen berharga Anda. Selain itu, Anda juga menggunakan rak ini untuk meletakkan berbagai bumbu dapur, peralatan memasak, alat makan, atau bahkan alat-alat untuk konstruksi rumah seperti bor listrik, palu, paku, dan sebagainya.

2.      Meja Kayu Palet untuk Ruang Tamu

Meja Kayu Palet untuk Ruang Tamu

Supaya tidak bosan dengan model meja yang itu-itu aja, Anda bisa menjadikan kerajinan kayu palet sebagai meja di ruang tamu Anda. Meja dari kayu palet bisa cocok berpasangan dengan berbagai model sofa, sehingga Anda tidak perlu membongkar sofa lama yang telah Anda miliki. Tampilan ruang tamu pun jadi lebih fresh, unik, dan santai.

3.      Sofa dari Kayu Palet

Sofa dari Kayu Palet

Selain meja, Anda juga bisa menggunakan kerajinan kayu palet sebagai sofa. Modelnya yang sederhana tapi trendi sangat cocok untuk konsep rumah minimalis. Anda hanya perlu menyusun kerangka kayu palet dengan menumpuknya. Sesuaikan tinggi tumpukannya dengan keinginan Anda. Lalu, Anda tinggal menaruh alas duduk dan bantal supaya makin nyaman.

4.      Rangka Tempat Tidur Memakai Kayu Palet

Rangka Tempat Tidur Memakai Kayu Palet

Supaya waktu tidur Anda semakin berkualitas wajib, ciptakanlah suasana kamar tidur yang homey. Untuk itu berikan tampilan interior kamar tidur yang estetik. Anda bisa menambahkan susunan kerajinan kayu palet pada kerangka tempat tidur. Pastikan susunan kayu palet yang Anda pasang cukup kokoh agar bisa menahan beban di atasnya dengan baik.

5.      Hiasan Dinding Memakai Kayu Palet

Hiasan Dinding Memakai Kayu Palet

Anda bisa menghias atau bahkan melapisi dinding bagian dalam rumah Anda dengan kerajinan kayu palet. Interior rumah Anda akan semakin terlihat artistik dan unik. Namun jangan lupa gunakan material kayu palet yang kokoh supaya tidak cepat rapuh. Di samping itu juga pastikan lapisan pada dinding Anda baik dan tidak lembab, sehingga kayu palet tidak akan ditumbuhi jamur.

Baca Juga: Wallpaper Dinding: Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Cara Membuat Kerajinan Kayu Palet Sendiri di Rumah

Ingin menambah hiasan interior rumah dengan kerajinan kayu palet tapi tidak memilikinya di rumah? Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Berikut cara membuat kerajinan kayu palet sendiri di rumah.

1.      Siapkan bahan-bahan yang meliputi: triplek sebagai alas, kayu palet Batangan, paku, palu, cat, kuas, amplas, dan cairan anti hama.

2.      Bersihkan kayu palet, kemudian jemur sampai kering. Anda harus pastikan kayu palet yang akan Anda gunakan tidak lembab supaya tidak timbul jamur.

3.      Ratakan permukaan kayu palet menggunakan amplas.

4.      Mulai potong kayu palet sesuai dengan desain yang Anda inginkan.

5.      Potonglah triplek yang nantinya menjadi alas kayu dan menyatukan kayu-kayu palet. Sesuaikan ukurannya dengan desain yang sudah Anda tetapkan.

6.      Tempel kayu palet dengan triplek yang baru saja Anda potong menggunakan lem kayu.

7.      Tunggu lem sampai kering. Supaya lem kayu lebih merekat, tindih dengan benda-benda berat seperti batu atau karung beras.

8.      Setelah lem kering, pasanglah paku pada sendi-sendi furnitur yang Anda buat agar lebih kokoh.

9.      Agar tampilan kerajinan kayu palet makin cantik, oleskan pelitur pada permukaan kayu palet.

Baca Juga: 8 Pelapis Dinding Terbaik, Bikin Dinding Rumah Lebih Awet

Harga Kayu Palet

Bagi Anda yang tidak punya kayu palet, tentu harus membelinya sendiri di toko kayu. Berikut daftar harga kayu palet yang ada di pasaran.

harga kayu palet

Demikian ulasan tentang kerajinan kayu palet yang memiliki kegunaan lain, selain untuk melindungi kemasan barang ternyata kayu palet juga bisa untuk membuat perabotan rumah dan pelengkap interior hunian. Bila Anda tertarik memanfaatkan kayu palet untuk mempercantik rumah, jangan lupa perhatikan dan pilih jenis kayu palet yang tepat agar kokoh serta awet.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].