Untuk Anda yang sedang melakukan Work From Home alias WFH, banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan agar tidak merasa bosan disela-sela bekerja, seperti berolahraga, belajar memasak, membuat kerajinan, dan memelihara hewan peliharaan.

Banyak sekali hewan peliharaan yang bisa Anda coba pelihara di rumah, misalnya kucing, kelinci, anjing, dan juga ikan. Untuk ikan sendiri, berbagai macam pilihan jenis bisa dipelihara. Nah, ikan yang sedang digemari masyarakat Indonesia adalah ikan komet yang mirip dengan ikan mas koki.

Nah, jika Anda penasaran dengan ikan komet dan ingin memeliharanya di rumah, Anda bisa mencermati pembahasan tentang ikan komet di bawah ini, mulai dari ciri-ciri, jenis, pakan, dan cara merawatnya.


Apa Itu Ikan Komet?

Ikan komet atau Carrasius auratus merupakan ikan jenis air tawar yang sudah banyak digemari dan dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Ikan yang memiliki warna, corak, dan fisik mirip dengan ikan mas koki ini masih termasuk ke dalam keluarga ikan mas, tetapi bentuknya saja yang lebih kecil.

Di alam liar, ikan komet hidup di perairan air tawar, seperti danau, sungai, atau kolam yang memiliki kedalaman kurang lebih 20 meter. Tetapi di Indonesia, ikan komet sudah banyak dibudidayakan dan dijual untuk menjadi ikan hias di akuarium atau kolam hias.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu ikan komet yang perlu Anda ketahui. Sama seperti ikan-ikan pada umumnya, ikan komet juga memiliki ciri-ciri yang membedakan ikan ini dengan ikan lainnya. Penasaran? Yuk cari tahu.


Baca juga: Cara Menjernihkan Air Aquarium Agar Tidak Kotor dan Keruh


Ciri-Ciri Ikan Komet

Seperti yang telah diketahui di atas, bahwasanya ikan komet masih merupakan keluarga ikan mas yang sudah umum menjadi ikan hias di akuarium. Jadi, tidak salah jika Anda menyamakan kedua ikan tersebut.

Ciri-ciri yang umum ada pada ikan komet bisa Anda lihat secara langsung, seperti  

  • Berwarna jingga kemerahan atau jingga kekuningan atau emas

  • Memiliki tekstur sirip yang halus dan rata sehingga sirip ikan komet terasa kasar, ikan tersebut sedang terserang infeksi atau parasit

  • Memiliki ekor yang melebar

Ikan komet dengan ciri-ciri umum di atas, bisa dengan mudah Anda temukan di penjual ikan hias dengan harga yang bervariatif, tergantung dari corak, warna, dan ukuran dari ukuran si ikan.

Selanjutnya, mari kita bahas tentang jenis-jenis ikan komet yang bisa menjadi pilihan untuk Anda pelihara agar akuarium di rumah lebih berwarna dan terlihat lebih hidup karena ikan komet merupakan ikan yang tenang tetapi lincah saat bergerak.


Jenis-Jenis Ikan Komet 

Di Indonesia sendiri, budidaya ikan komet sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Jenis-jenis ikan komet yang memiliki ragam warna dan corak bisa menjadi dasar untuk konsep akuarium yang Anda inginkan. Mari ketahui jenis-jenis ikan komet di bawah ini.

  1. Ikan Komet Slayer

Ikan komet jenis slayer merupakan ikan yang bisa Anda temukan dengan mudah dan murah. Slayer bisa Anda beli mulai dari harga Rp5.000 saja per ekor sampai dengan Rp30.000 tergantung dari ukuran ikan.

Ciri utama dari ikan komet jenis slayer adalah warna merah mencolok yang terdapat pada ekor dan sirip serta ikan komet slayer memiliki sirip dan ekor yang panjang yang akan terus memanjang sampai ia dewasa. 

  1. Ikan Komet Harimau

Sesuai namanya, corak dan warna dari ikan komet ini menyerupai hewan lain, yakni harimau. Kombinasi warna putih dan orange menjadi daya tarik utama dari ikan komet satu ini.

Anda dapat membeli ikan komet harimau di penjual ikan hias dengan harga mulai dari Rp.3000 sampai dengan Rp.20.000 per ekor tergantung dari ukuran ikan jenis ini.

  1. Ikan Komet Sara

Ikan komet jenis sara merupakan ikan komet yang sangat populer di Indonesia. Sara memiliki ciri fisik yang unik, yakni bentuk sirip yang dapat memanjang lebih dari panjang tubuh ikan ini. Selain itu, sara juga memiliki 2 warna di tubuhnya, yakni warna merah dan putih.

Untuk urusan harga, ikan ini termasuk ke dalam ikan dengan harga yang murah, Anda bisa membeli dengan harga Rp2.000 sampai Rp15.000 saja per ekor. Murah, bukan?

  1. Ikan Komet Tancho

Selain harimau, ikan komet juga ada yang mirip dengan salah satu jenis ikan koi, yakni tancho. Dengan putih sebagai warna dominan serta warna merah pada kepala ikan ini, Anda dapat memilih ikan komet tancho sebagai alternatif pilihan dari ikan koi tancho yang harganya agak mahal.

Harga dari ikan komet tancho sendiri berkisar dari Rp5.000 sampai dengan Rp30.000 per ekor tergantung dari ukuran ikan.

Dari sekian banyak jenis ikan komet yang telah dibahas di atas, mana ikan komet favorit Anda? Setelah Anda sudah menentukan jenis ikan yang akan dipelihara, selanjutnya Anda wajib untuk mengetahui cara merawat ikan komet agar tidak terserang penyakit dan dapat bergerak dengan lincah.


Baca juga: Ketahui Jenis, Manfaat, dan Cara Memelihara Ikan Hias


Cara Merawat Ikan Komet

Merawat ikan komet bisa dibilang gampang gampang susah, pasalnya ikan yang bisa hidup selama belasan tahun ini tetap membutuhkan perhatian ekstra ketika memeliharanya. Berikut cara merawat ikan komet agar terbebas dari penyakit dan panjang umur.

  1. Pilih Ukuran Akuarium yang Cocok

Meskipun termasuk ke dalam ikan yang tenang, ikan komet tetap membutuhkan ruang gerak agar tidak mudah stres. Oleh karena itu, ukuran akuarium yang cocok adalah langkah awal dalam memelihara ikan komet.

Pastikan juga untuk tidak memelihara ikan dalam jumlah banyak jika ukuran akuarium tidak besar dan pisahkan ikan komet dengan ikan agresif agar tidak terjadi perkelahian di akuarium.

  1. Air yang Bebas Dari Bahan Kimia

Setelah akuarium siap di isi, pastikan terlebih dahulu bahwa air yang Anda gunakan bebas dari kimia. Sebab, air akan terlihat lebih jernih dan Anda dapat melihat gerakan ikan komet dengan corak, warna, pergerakan sirip dan buntut dengan lebih baik.

  1. Rutin Memberi Makan

Aktifitas ini merupakan salah satu aktivitas yang tidak boleh Anda lewatkan. Anda dapat memberi makan ikan komet 2 sampai 3 kali sehari dengan makanan, seperti jentik nyamuk, serangga kecil atau pelet yang dijual bebas di penjual ikan komet.

  1. Ganti Air 

Terakhir dan yang tidak kalah penting adalah mengganti air akuarium seminggu sekali dan jangan lupa untuk membersihkan filter pada akuarium ikan komet tanpa terkecuali agar sirkulasi oksigen tetap baik.

Itulah pengertian dan beberapa jenis, ciri, dan cara merawat ikan komet yang bisa Anda ikuti. Jika Anda tertarik dengan ikan komet, Anda bisa bertanya ke penjual ikan, komunitas ikan, atau mencari informasi, gambar, dan pdf tentang ikan komet di Wikipedia.