Banyak dari masyarakat yang belum menyadari bahwa mengurangi sampah dan mengelolanya merupakan hal yang penting. Cara mengurangi sampah sendiri bisa Anda lakukan dari hal-hal yang telah diajarkan sejak kita kecil, yakni 3R atau Reduce, Reuse, dan Recycle.

Sampah yang sering ditemukan dan menjadi masalah adalah sampah anorganik dan organik yang penggunaannya tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari manusia, terutama masyarakat di Indonesia.

Sampah organik adalah sampah yang bersumber dari sisa makhluk hidup yang mudah terurai secara alami tanpa campur tangan manusia. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang tidak berasal dari bahan anorganik dan tidak mudah terurai, seperti plastik, logam, kaca, dan masih banyak lagi.

Nah, setelah mengetahui tentang pengertian dari sampah dan jenis-jenis sampah yang ada, sekarang mari cari tahu bagaimana cara mengurangi sampah yang baik dan benar, mulai dari sampah plastik, sampah organik, dan sampah anorganik agar lingkungan Anda bersih dan sehat.


Cara Mengurangi Sampah

Seperti yang sudah dikatakan di atas, Anda bisa memulai mengurangi sampah dari diri Anda sendiri dengan melakukan 3R. Sekitar lingkungan rumah, sekolah, dan tempat kerja bisa menjadi tempat awal memulai, sedangkan pantai dan laut bisa menjadi target besar berikutnya. Yuk cari tahu bagaimana cara mengurangi sampah di sekitar Anda.

  1. Lingkungan Rumah

Anda bisa mencoba mengurangi sampah di lingkungan rumah terlebih dahulu, bagaimana caranya? Yang paling mudah adalah dengan memilah-milah sampah berdasarkan jenisnya dan membuang sampah pada tempatnya.

Selanjutnya, Anda dapat menghindari penggunaan botol plastik sebagai wadah minum dan hindari kantung plastik sebagai wadah berbelanja serta tidak menggunakan sendok, sedotan dan piring sekali pakai. 

  1. Lingkungan Kantor

Selain rumah, kantor ialah tempat yang tepat untuk Anda yang ingin mengurangi sampah. Caranya adalah dengan membawa bekal sendiri sehingga tidak ada bungkus makanan yang terbuang, menggunakan tumbler sebagai wadah minum, dan mengurangi penggunaan kertas secara berlebih.

  1. Pantai 

Selanjutnya, ketika Anda sedang mengunjungi pantai, tidak ada salahnya Anda turut menjaga kebersihan pantai agar keindahan pantai dan laut tidak tercemar oleh sampah yang Anda bawa.

Cara lainnya adalah dengan membawa wadah makanan dan minuman yang tidak sekali pakai ketika membawa bekal, menggunakan tabir surya yang tidak beracun ketika larut ke dalam air juga bisa membantu untuk tidak mencemari air laut.

Itulah 3 tempat dan cara untuk mengurangi sampah yang bisa Anda lakukan. Mulai dari sekitar lingkungan rumah bahkan pantai juga bisa Anda bantu untuk masalah sampah yang dari dulu memang tidak pernah selesai.

Selanjutnya, dari sekian banyak sampah yang menjadi masalah, tahukah Anda bahwa sampah yang paling menumpuk dan menjadi biang kerok adalah sampah plastik. 

Sampah plastik merupakan sampah anorganik yang menjadi momok bagi hewan dan manusia, baik itu di darat maupun di laut karena sampah ini akan terurai 50-100 tahun kemudian.

Oleh karena itu, mari kita cari tahu bagaimana cara untuk mengurangi sampah plastik dan memanfaatkannya menjadi sesuatu yang lebih berguna bagi lingkungan sekitar Anda atau tempat sampah terbesar di dunia, yakni laut.


Baca juga: Lingkungan Sehat: Pengertian, Ciri Ciri, hingga Cara Menjaga


Cara Mengurangi Sampah Plastik

Penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia, mulai dari bungkus makanan serta minuman, kantong belanja, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari indonesiabaik.id, Indonesia merupakan penghasil sampah plastik laut terbesar kedua di dunia. Selain itu, menurut penelitian dari UC Davis dan Universitas Hasanuddin di pasar Paotere Makassar, 23 sampel ikan yang diambil memiliki kandungan plastik di perutnya.

Sedangkan di daratan, sampah plastik tidak hanya menggunung di TPS ataupun TPA tapi juga bisa Anda lihat di sekitar Anda, seperti jalanan, got, kali, bahkan sekolahan yang akan mengganggu jika tidak segera dilakukan tindakan.

Sampah-sampah plastik tersebut sudah masuk ke dalam tahap yang mengkhawatirkan dan membutuhkan perhatian khusus dari semua lapisan masyarakat. Anda juga bisa berpartisipasi mengurangi jumlah sampah plastik di laut dan daratan dengan melakukan hal-hal berikut ini.

  1. Membawa Botol Minum Sendiri

Salah satu cara untuk mengurangi sampah plastik yang mudah dan bisa Anda terapkan setiap hari adalah membawa botol minum sendiri. Untuk urusan kebersihan, membawa botol sendiri juga efisien dalam mengurangi sampah botol minum.

Anda dapat mengkreasikan botol minuman tersebut dengan warna dan gambar yang  Anda suka sehingga tidak akan merasa bosan ketika ingin membeli teh, kopi, dan air mineral.

  1. Mengurangi Kantong Plastik

Sampah kantong plastik masih bisa Anda lihat berserakan ketika sudah tidak dipergunakan lagi. Kantong plastik otomatis Anda dapatkan ketika saat membeli sesuatu, seperti makanan, pasar tradisional dan pasar modern.

Oleh karena itu, Anda dapat mulai dengan membawa kantong belanja sendiri yang bisa Anda pakai berkali-kali atau bisa membeli kemasan kertas yang sudah dijual oleh beberapa pasar modern di Indonesia.

  1. Menghindari Peralatan Makan Plastik

Selain kantong plastik, peralatan makan seperti sendok dan wadah makanan plastik juga otomatis Anda dapatkan ketika membeli makanan untuk dimakan di rumah. Anda dapat menyiasati ini dengan membawa wadah makanan sendiri dan menggunakan sendok yang ada di rumah.

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara mengurangi sampah, Anda juga wajib mengetahui bagaimana cara untuk mengurangi dan mengelola sampah-sampah organic dan anorganik di sekitar rumah.


Baca juga: 5 Kerajinan Limbah yang Mudah dibuat, Yuk Coba!


Cara Mengelola Sampah Organik dan Anorganik

Sampah memang menjadi momok menakutkan untuk kehidupan kita, tapi Anda dapat memulai untuk mengurangi dan mengelola sampah organik dan anorganik serta bisa menjadi contoh bagi orang sekitar dengan melakukan cara-cara berikut.

  1. Memilah Sampah

Anda dapat memilih dan memilah sampah terlebih dahulu sebelum membuangnya, pisahkan sampah organik dan anorganik pada tempatnya masing-masing agar mudah dalam memilahnya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah Anda dalam melakukan 3R atau saat menyerahkan ke bank sampah.

  1. Melakukan 3R

Reduce, Reuse, dan Recycle atau 3R merupakan cara terbaik untuk mengurangi dan mengelola sampah organik dan anorganik. 

  • Reduce, bisa Anda lakukan dengan cara menggunakan produk yang bisa didaur ulang, mengurangi penggunaan kantong belanja plastik

  • Reuse, bisa Anda lakukan dengan cara menggunakan wadah makanan sendiri dan membawa kantong belanja sendiri.  

  • Recycle, bisa Anda lakukan dengan cara mengelola sampah menjadi kompos, mendaur ulang kertas, membuat kreasi dari botol dan bungkus deterjen

Itulah beberapa cara dalam mengurangi sampah plastik dan mengelola sampah-sampah organik dan anorganik yang bisa Anda terapkan mulai dari lingkungan sekitar rumah, sekolah, kantor, dan laut. Anda dapat mengajarkan atau melakukan kegiatan-kegiatan di atas bersama anak dan keluarga agar 10 atau 100 tahun lagi anak dan cucu Anda dapat merasakan manfaat dari cara-cara mengurangi sampah yang telah Anda lakukan.