Mempunyai hewan peliharaan di rumah merupakan salah satu obat untuk melepas penat setelah seharian bekerja atau belajar. Selain itu, hewan peliharaan juga bisa Anda tujukan untuk mengajarkan rasa tanggung jawab Anak atau adik kecil Anda dengan cara ikut memberi makan dan membersihkan kotoran para hewan.

Anda bisa mulai mencari tahu terlebih dahulu hewan peliharaan apa yang mudah dipelihara sebagai permulaan karena setiap hewan memiliki jenis makanan, cara merawat, dan kebutuhan yang berbeda-beda.

Nah jika Anda penasaran, yuk cari tahu 10 hewan peliharaan apa saja yang mudah dipelihara dan cocok untuk Anda yang ingin menambah keramaian rumah dengan adanya hewan peliharaan.


  1. Kucing

Hewan peliharaan yang lucu satu ini sudah banyak diminati dan dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Jenis-jenisnya yang beragam juga bisa menjadi salah satu daya tarik untuk memelihara hewan peliharaan ini.

Kucing sendiri cocok untuk Anda yang sering berada di rumah maupun jarang ada di rumah, itu dikarenakan kucing merupakan hewan yang cenderung tenang dan pintar. Tetapi, Anda tetap harus memperhatikan asupan makanan, kebersihan tempat buang air, dan kutu yang ada.

Ras-ras kucing yang sering dipelihara terutama di Indonesia, seperti persia, anggora, siam, dan kucing domestik bisa menjadi pilihan Anda dan keluarga sebagai permulaan dalam memelihara hewan peliharaan.


Baca juga: Inilah Inspirasi Desain Kandang Kucing Indoor dan Outdoor


  1. Anjing 

Tidak kalah dengan kucing, anjing juga merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Hewan peliharaan yang memiliki julukan sahabat terbaik manusia ini, selain lucu, mereka juga bisa dilatih agar lebih menurut dengan Anda.

Anjing merupakan salah satu hewan yang memiliki umur panjang untuk ukuran hewan dan setia kepada majikannya, hal tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda yang ingin memelihara satu atau dua hewan peliharaan saja.

Hal terpenting selain menjaga makanan dan kebersihan tubuh anjing, Anda haruslah sering berinteraksi,seperti mengajaknya bermain, berjalan-jalan santai agar anjing tidak mudah stress dan terserang penyakit.


  1. Ikan Cupang

Hewan peliharaan yang tidak bau ini pada awalnya dipelihara untuk ikut kontes ataupun sebagai hewan aduan satu ini, ikan cupang bisa Anda pelihara karena warna, corak, dan jenis yang beraneka ragam.

Memelihara ikan cupang terbilang cukup mudah, Anda cukup menyiapkan toples atau wadah yang tidak terlalu besar sebagai rumahnya dan pastikan kondisi air dalam selalu keadaan bersih. Selain itu, jangan pernah menaruh 2 ikan cupang dalam wadah yang sama karena mereka akan berkelahi sampai ada yang kalah.

Selalu pastikan juga kesehatan dari ikan cupang agar warna dan corak sisik cupang tetap indah. Ikan cupang merupakan hewan peliharaan yang cocok untuk Anda yang ingin mempercantik tampilan rumah.


  1. Ikan Louhan

Salah satu kepercayaan masyarakat adalah bisa mendapatkan keberuntungan jika memelihara ikan louhan di dalam rumah. Selain tentang keberuntungan, memelihara ikan louhan di rumah juga bisa memperindah rumah Anda karena warna dan bentuknya yang unik.

Keunikan yang dimiliki ikan louhan adalah adanya benjolan pada kepalanya dan corak yang mirip dengan huruf kanji China serta warna merah yang khas mulai dari buntut sampai kepala louhan.

Memelihara ikan louhan terbilang gampang gampang susah, ini dikarenakan Anda harus menyiapkan akuarium yang agak luas, rutin memeriksa kondisi air, membersihkan filter akuarium, dan pakan yang berkualitas agar warna dan corak louhan muncul dengan maksimal.


  1. Ikan Arwana

Jenis ikan lainnya yang bisa Anda pelihara di dalam rumah adalah ikan arwana. Untuk kolektor ikan hias, ikan arwana diibaratkan sebagai perhiasan yang tak ternilai harganya karena harga hewan peliharaan ini tidaklah murah.

Memelihara ikan arwana terbilang agak sulit karena kalau salah sedikit saja maka ikan ini akan cepat mati. Memelihara ikan arwana juga dianggap bisa membawa keberuntungan kepada pemiliknya.


  1. Hamster

Untuk Anda yang ingin memelihara hewan peliharaan tapi tidak memiliki ruang lebih yang luas untuk hewan, Anda bisa mencoba memelihara hamster. Hewan ini bisa hidup di kandang yang tidak terlalu luas asalkan kebersihan, makanan, dan air, alat bermain tetap terjaga.

Memelihara hamster yang benar akan membuat hamster memiliki umur yang lebih panjang, ini dikarenakan hamster mudah stress jika makanan dan alat bermain yang ada kurang memadai.

Hamster merupakan hewan teritorial atau sangat menjaga daerah kekuasaannya, jadi jika Anda berniat memelihara 2 hamster sekaligus, pastikan agar mereka tidak berkelahi atau pisahkan di 2 kandang yang berbeda.


  1. Lovebird

Hewan peliharaan selanjutnya yang cocok untuk Anda pelihara di rumah adalah lovebird. Burung yang sempat populer di Indonesia ini masih cocok untuk Anda pelihara di rumah.

Lovebird memiliki keunikan sendiri dibanding burung lainnya, yakni warna burung yang mencolok serta perilaku lovebird saat berpasangan. Lovebird dikenal sebagai burung yang dipelihara secara berpasang-pasangan, jadi Anda direkomendasikan untuk memelihara hewan ini secara berpasangan agar burung ini dapat hidup lebih lama dan berkicau lebih indah.


  1. Ular

Hewan peliharaan ini cocok untuk Anda yang tidak takut dan suka dengan hewan eksotis, yakni ular. Dari berbagai macam jenis ular yang ada, pilihlah ular yang tidak berbisa dan ukurannya tidak terlalu besar sebagai hewan peliharaan di rumah Anda.

Di Indonesia sendiri, banyak pecinta binatang yang memelihara ular-ular besar seperti python ataupun ular-ular berbisa seperti kobra. Jadi, jika Anda ingin memelihara ular yang lebih berbahaya, Anda bisa mencari tahu dan belajar terlebih dahulu agar tidak ada hal yang tidak diinginkan terjadi di rumah.


Baca juga: 15 Cara Mengusir Tikus di Rumah Secara Alami


  1. Kelinci

Jika ingin memelihara hewan yang lucu dan menggemaskan sekaligus, Anda bisa menjatuhkan pilihan ke kelinci. Memelihara kelinci sebagai hewan peliharaan adalah pilihan yang tepat apalagi jika ada anak kecil di rumah.

Kelinci sebagai hewan peliharaan bisa hidup panjang asalkan tau cara merawat yang baik dan benar, seperti menjaga kebersihan, menyediakan air minum yang bersih, makanan yang bergizi serta memelihara kelinci secara berpasangan.


  1. Burung Merpati

Rekomendasi hewan peliharaan yang bisa Anda pelihara di rumah terakhir adalah burung merpati. Memelihara hewan ini cocok untuk Anda yang tidak ingin burung hanya ada di dalam sangkar, merpati juga bisa Anda pelihara untuk kontes adu kecepatan alias balap merpati.

Anda bisa menyalurkan hobi memelihara burung merpati sekaligus mendapatkan pundi-pundi uang jika sering menang dalam balap merpati tersebut. Harga merpati Anda akan jauh lebih mahal jika sering menang dalam kontes balap.

Itulah 10 contoh hewan peliharaan yang bisa Anda pelihara di rumah. Jika Anda adalah pecinta binatang pemula, tidak ada salahnya untuk bertanya atau mempelajari cara merawat tiap-tiap hewan agar hewan peliharaan Anda bisa bertahan hidup lebih lama.