MUSTIKALAND.CO.ID - Memiliki rumah, akan terasa lebih nyaman dan lengkap jika ada kehadiran hewan peliharaan kesayangan. Kucing merupakan salah satu binatang yang paling digemari untuk dipelihara. Nah, bagi Anda penyayang kucing, pastinya Anda akan menyediakan kandang yang nyaman untuknya. Inilah berbagai inspirasi desain kandang kucing yang unik untuk Anda, mulai dari kandang indoor sampai dengan outdoor.  

Macam-macam Desain Kandang Kucing

Bingung ingin membeli jenis desain kandang seperti apa untuk kucing Anda? Di bawah ini adalah beberapa inspirasi desain kandang kucing yang telah kami rangkum untuk Anda. 

  1. Kandang Kucing Kabinet Kayu 


Cat Villa solid wood luxury cat cage cat cabinet cat house cat apartment  custom glass display cabinet Deluxe Double three-layer | Cat cages, Dog  hotel, Cat hotel

Bagi Anda yang memiliki cukup banyak kucing di rumah, rumah kucing kabinet kayu ini yang terkesan mewah sangat cocok. Dalam setiap kabinet, terdapat ruangan khusus tertutup untuk litter box, agar kucing kesayangan Anda juga bisa mendapatkan privasi. Pada umumnya, kabinet ini terbuat dari kayu pinus, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kekokohannya dan keawetannya. 


Baca Juga: 5 Ragam Kreasi Taman Indoor, Bikin Rumah Minimalis Jadi Asri dan Cantik!

  1. Kandang Kucing dengan Tempat Tidur Gantung

Easyfashion 4 Tiers Rolling Cat Cage Pet Cage with Hammock, Black -  Walmart.com

Nah, selanjutnya adalah desain kandang kucing yang dilengkapi dengan tempat tidur gantung. Anda dapat meletakkan litter box di bagian bawah kandang, dan kucing Anda dapat tidur siang atau sekedar bersantai di tempat tidur gantung. Kandang ini juga dilengkapi dengan roda dan mudah untuk dibongkar pasang, sehingga jika sedang tidak dipakai, ruangan di dalam rumah bisa terasa lebih lega. 

  1. Kandang Kucing Portabel

Portable Outdoor Cat Cage 

Dengan desain yang sederhana dan ringan, kandang kucing portabel ini sangat cocok untuk Anda yang suka membawa kucing bermain ke luar. Model kandang ini pada dasarnya dirancang untuk satu kucing berukuran sedang. Namun, Anda juga dapat menempatkan dua kucing berukuran kecil di dalamnya. Terbuat dari bahan poliester, menjadikan kandang kucing ini tahan air, yang menjadi salah satu keunggulannya. 

  1. Kandang Kucing Playpen Outdoor

Wood Outdoor Cat Playpen

Selanjutnya adalah desain kandang kucing outdoor, berjenis playpen kayu yang cocok untuk kucing Anda. Dengan bingkai kayu yang cukup menarik, serta pintu dengan ukuran besar, memungkinkan kucing Anda untuk keluar masuk dengan mudah. Anda pun dapat menempatkan beberapa kucing dalam kandang playpen ini. Namun, kekurangan dari kandang ini adalah karena beratnya, dan hanya untuk penggunaan luar ruangan. 


Baca Juga: 8 Inspirasi Taman Depan Rumah, Sederhana dan Sejuk!

  1. Kandang Kucing Playpen Tenda

Cat Enclosure Tent Playpen

Anda dapat bermain bersama kucing kesayangan Anda di kandang kucing berjenis playpen tenda ini. Tenda ini dirancang khusus untuk menjaga kucing Anda tetap aman dan juga aktif. Sama seperti tenda pada umumnya, playpen tenda ini portabel dan dapat Anda bawa kemana saja. Anda dapat menempatkan playpen tenda kucing Anda di halaman rumah, sehingga kucing Anda dapat menikmati sinar matahari di luar. 

  1. Kandang Kucing Mewah

Pet cat cage Multi Space Luxury Stackable Universal Pet Display Cage Animal Cat  Cages, cat cage 3 layer cat cage pet cat cage - Buy China cat houses on  Globalsources.com

Bagi Anda yang memiliki banyak kucing di rumah, kandang kucing mewah ini tepat untuk Anda yang ingin memanjakan para hewan kesayangan. Di dalamnya, terdapat tempat litterbox yang tertutup, tempat tidur gantung, dan garukan untuk kucing Anda. Sangat lengkap bukan? Anda juga dapat menempatkan beberapa mainan kucing di dalamnya, karena memiliki ruang yang cukup luas. Kandang kucing ini pastinya akan membuat kucing Anda puas!

  1. Rak Dinding Kucing 

Wall Mounted Cat Shelf Handcrafted Wooden Cat Step Bed House, Cat Bed, Cat  Furniture, Cat Perch, Cat Tree, Cat Shelves, Pine | Walmart Canada

Nah, untuk kucing Anda yang lebih menyukai kebebasan, Anda dapat membuat rak dinding kucing di dalam rumah Anda. Kucing Anda akan sangat suka dengan desain ini, karena pada dasarnya mereka sangat suka memanjat dan suka berada di tempat yang tinggi. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat istirahat dan tempat bermain kucing Anda, rak dinding ini juga bisa menambah estetika rumah Anda, lho. 

  1. Kandang Kucing Minimalis 

13 Cool Catios for Your Feline Friend | Cat enclosure, Outdoor cat enclosure,  Diy cat enclosure

Nah, selanjutnya adalah kandang kucing minimalis yang terdapat di luar ruangan. Walaupun terletak di luar, kucing Anda dapat bebas masuk keluar, karena kandang ini terhubung dengan ruangan rumah di dalam. Kandang kucing jenis ini cocok untuk Anda yang tidak memiliki halaman rumah yang luas, sehingga kucing Anda juga dapat sesekali menghirup udara segar di luar. 

Cara Membuat Kandang Kucing Sendiri 

Selain membeli kandang kucing di berbagai platform belanja online atau toko offline, ternyata Anda juga bisa membuat kandang kucing sendiri, lho. Hal ini tentunya akan lebih murah dibandingkan Anda membeli kandang kucing yang sudah jadi. Yuk, simak cara-caranya!

  1. Membuat Kandang Kucing dari Kayu 

Kayu merupakan salah satu material yang dapat Anda gunakan untuk membuat kandang kucing. Namun, untuk menghindari kayu yang cepat keropos dan terserang rayap, Anda dapat melapisi kayu dengan pelitur atau cat yang aman untuk kucing. Caranya cukup sederhana, yaitu sebagai berikut:

  • Ukur panjang kucing dan berat badannya. 

  • Ideal ukuran kandang untuk kucing dengan berat 5 kg adalah 120 cm untuk ukuran panjangnya, dan 80 cm – 90 cm untuk tinggi dan lebarnya.

  • Potong kayu sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

  • Susun kayu menggunakan lem kayu dan paku untuk menyatukannya. 

  • Buat pintu sesuai dengan ukuran kucing Anda, lengkapi juga dengan engsel

  • Lapisi dengan cat kayu yang aman, dan tunggu hingga kering

  • Setelah kering, Anda dapat menambahkan tempat tidur yang nyaman untuk kucing Anda, litterbox, dan juga mainan.

  • Kandang kucing Anda siap digunakan

  1. Membuat Kandang Kucing dari Pipa 

Nah, selain menggunakan kayu untuk membuat kandang kucing, Anda juga dapat menggunakan pipa sebagai material lho!. Dengan harga yang cukup terjangkau, dan mudah untuk didapatkan, Anda dapat membuat kandang kucing sesuai dengan keinginan Anda. Yuk, simak caranya di bawah ini!

  • Potong pipa dengan ukuran 50 cm dan 20 cm. 

  • Buat kerangka kandang kucing berbentuk persegi panjang.

  • Gunakan knee L dan T untuk menyambung pipa yang telah dipotong.

  • Gunakan knee T dan potongan pipa sepanjang 3 cm untuk membuat engsel pintu.

  • Lalu gunakan kawat jaring, yang berfungsi sebagai dinding pada kandang. 

  • Tambahkan keramik pada bagian bawah kandang.

  • Setelah selesai, Anda juga dapat meletakkan litterbox, tempat tidur, dan perlengkapan lainnya agar kucing Anda nyaman di dalamnya. 


Itulah pembahasan artikel kali ini mengenai inspirasi-inspirasi desain kandang kucing yang unik untuk Anda, dan cara-cara untuk membuat kandang kucing sendiri. Agar kucing Anda bebas dan nyaman bermain, Anda perlu memiliki hunian dengan fasilitas taman hijau, seperti Mustika Park Place. Dengan fasilitas lengkap seperti taman hijau, Anda dapat mengajak keluarga dan kucing Anda bermain bersama. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat klik di sini.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].