MUSTIKALAND.CO.ID - Apakah Anda sedang mencari cara mengusir tikus yang efektif? Ya, tikus memang harus segera dimusnahkan dari rumah karena sangat mengganggu. Tikus merupakan salah satu hewan yang menakutkan bagi sebagian orang, dan tentu saja menjijikkan. Tak hanya itu, tikus juga membawa bibit penyakit yang membahayakan manusia.


Namun sayangnya, banyak orang yang kesulitan untuk mengusir tikus. Berbagai cara mungkin sudah dilakukan, termasuk memberi racun, jebakan dan sebagainya. Namun esoknya, tikus kembali lagi dan seakan betah tinggal di rumah kita.


Tak perlu khawatir, Anda bisa menjajal cara mengusir tikus di rumah tanpa racun berikut ini. Dengan menggunakan bahan alami, tikus tidak akan pernah datang lagi ke rumah dan merusak perabot Anda. Tikus juga tidak lagi mencemari air dan membuat rumah Anda menjadi bau. Berikut langkah detailnya.

1. Pastikan Rumah Anda Bersih

Tikus adalah hewan kotor yang juga betah tinggal di lingkungan yang kotor. Kabar baiknya, ia tidak betah tinggal di lingkungan yang bersih dan rapi. Oleh karena itu, cara mengusir tikus di rumah yang pertama dilakukan dengan membersihkan seluruh isi rumah Anda.


Jangan biarkan ada sampah yang menggunung, tumpukan kardus yang berserakan, serta barang-barang bekas yang tak terpakai di rumah Anda. Basmi tempat-tempat yang kerap menjadi persembunyian tikus, seperti tempat yang gelap dan sempit.


Jika rumah Anda bersih dan rapi, tikus akan enggan untuk masuk ke rumah Anda dan bersembunyi. Tikus tidak lagi memiliki tempat yang nyaman di rumah Anda.

2. Tutup Semua Lubang

Cara mengusir tikus di rumah selanjutnya adalah dengan menutup semua lubang dan celah yang memungkinkan tikus masuk. Periksa saluran pembuangan air, lubang kamar mandi, serta tempat atau lubang lain yang berpotensi dapat dimasuki oleh tikus.


Anda bisa menutup lubang dengan kawat, logam, plester atau lainnya untuk menghalangi tikus masuk ke dalam rumah. Setelah itu, cek lagi dan pastikan bahwa lubang-lubang di rumah sudah tertutup dan terawat.


Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi yang Membandel

3. Pasang jebakan

Memasang jebakan tikus memang merupakan cara lama untuk mengusir tikus di rumah, di kamar, dan di area dapur. Namun perlu dipahami bahwa jebakan tersebut cukup ampuh untuk menangkap tikus dan mengusirnya dari rumah.


Anda dapat membuat perangkap sendiri atau membelinya di toko perlengkapan rumah. Jika Anda memasang jebakan di tempat yang tepat, maka tikus akan dengan mudah tertangkap dan tentunya dapat diusir dari rumah Anda.

4. Gunakan Bawang Bombay

Cara mengusir tikus secara alami dari rumah bisa juga dilakukan dengan menggunakan bawang bombay. Tikus sangat tidak suka dengan bau bawang bombay yang menyengat, sehingga adanya bau bawang di dalam rumah membuatnya kabur dan tidak akan kembali lagi.


Caranya mudah, cukup iris tipis bawang bombang lalu letakkan di tempat yang disinyalir menjadi persembunyian tikus. Agar lebih jitu dalam mengusir tikus, Anda bisa menggunakan bawang busuk untuk diletakkan di sudut-sudut rumah.

5. Pakai Irisan Bawang Merah

Selain bawang bombay, cara mengusir tikus di rumah secara alami dapat juga menggunakan irisan bawang merah. Bau bawang merah sama menyengatnya dengan bawang bombay, untuk itulah cara ini sangat ampuh dalam mengusir tikus dan menghilangkan jejaknya.


Cara menggunakan bawang sebagai pengusir tikus sama dengan bawang bombay, yaitu iris bawang tipis-tipis, kemudian letakkan di tempat yang menjadi persembunyian tikus. Anda perlu mengganti irisan bawang merah tersebut paling tidak 2 hari sekali untuk memastikan bahwa tikus benar-benar sudah pergi.

6. Usir dengan Lada Hitam

Berikutnya, cara mengusir tikus di rumah dapat dilakukan dengan menggunakan lada hitam. Lada hitam memiliki kandungan piperin yang dapat menimbulkan efek racun pada tikus. Kandungan ini membuat tikus mengalami iritasi pada saluran hidungnya.


Cara mengusir tikus di rumah menggunakan lada hitam ladaku atau merek lainnya dilakukan dengan menggiling lada lalu menyebarkannya ke tempat yang kerap dilalui tikus. Dapat juga menebarkan lada hitam di sarang tikus agar efeknya lebih terasa.


Baca Juga: 8 Tumbuhan Pemakan Serangga yang Bisa Sekaligus Digunakan sebagai Penghias Kebun

7. Gunakan Soda Kue

Untuk menghilangkan tikus dari rumah, Anda juga bisa memanfaatkan soda kue. Soda kue yang dimakan tikus dapat memicu gas pada lambung dan membuatnya terjebak disana. Gas tersebut membuat tekanan pada perut tikus dan tidak lama kemudian akan membuat tikus mati.


Cara memanfaatkan soda kue untuk mengusir tikus yang mengganggu di dalam atau di atap rumah perlu dilakukan dengan hati-hati. Siapkan wadah lalu masukkan soda kue ke dalamnya, kemudian tambahkan gula secukupnya. Campur kedua bahan tersebut hingga merata dan buatlah adonan semenarik mungkin. Letakkan di sarang tikus dan lihatlah para tikus tersebut akan mati keesokan harinya.

8. Pasang Kapur Barus

Selanjutnya, usir tikus yang mengganggu dari dalam rumah dengan menggunakan kapur barus. Meskipun wangi, bau kapur barus yang menyengat juga dapat menyebabkan tikus menjauh dari rumah Anda.


Terlebih jika tertelan oleh tikus, kapur barus dapat membunuh tikus dengan cepat. Caranya mudah, hancurkan kapur barus lalu letakkan di area rumah yang tertutup dan gelap. Anda juga bisa menggantungkan kapur barus di area depan rumah, belakang, atau kamar mandi untuk meminimalisir tikus masuk ke dalam rumah.

9. Semprot Minyak Angin atau Kayu Putih

Tikus ternyata juga tidak suka dengan aroma minyak angin serta minyak kayu putih yang menyengat. Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan menyemprotkan minyak tersebut di area atau tempat yang disukai tikus.


Caranya mudah, masukkan larutan minyak angin atau minyak kayu putih ke dalam botol penyemprot, lalu semprotkan keada di sarangnya atau tidak. Kemudian cek secara berkala apakah tikus masih berkeliaran di rumah Anda atau tidak.

10. Gunakan Sisa Rambut

Cara lain untuk menjebak tikus dapat dilakukan dengan meletakkan sisa rambut rontok di area yang dilewati tikus. Umumnya tikus akan tertarik dengan gulungan rambut dan mencoba memakannya. Dan ketika rambut dimakan oleh tikus dan tertelan, tikus akan mati karena saluran pernapasannya tersumbat.


Baca Juga: Ketahui Jenis, Manfaat, dan Cara Memelihara Ikan Hias

11. Manfaatkan Bedak Bayi

Ada satu lagi cara yang bisa Anda coba untuk mengusir tikus dari rumah, yaitu dengan memanfaatkan bedak bayi. Bubuk yang terdapat pada bedak bayi bisa mengganggu pernapasan tikus dan mengakibatkan kematian.


Cara menggunakan bedak bayi untuk mengusir tikus cukup mudah, yaitu taburkan bedak bayi di area yang kerap dilalui tikus kemudian diamkan beberapa hari. Lakukan cara ini secara berulang hingga tikus tidak lagi tampak di rumah Anda.


Itulah 11 cara mengusir tikus di rumah yang bisa Anda coba lakukan agar tikus tidak lagi mengganggu kehidupan Anda. Meskipun mudah, Anda perlu menerapkannya beberapa kali sampai para tikus jera dan tidak ingin kembali lagi ke tempat tinggal Anda.
Mari kunjungi proyek kami:


Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].